Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

cara mengembalikan kesehatan baterai iphone ke 100
cara mengembalikan kesehatan baterai iphone ke 100

Cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 harus diketahui oleh semua pengguna smartphone Iphone.

Sebagai pemilik iPhone, Anda harus bisa menjaga BH agar lebih stabil dengan cara meningkatkan kesehatan baterai iPhone.

Menjaga baterai bisa memperpanjang usia ponsel. Lantas, apakah battery health bisa naik? Mari simak ulasan berikut.

Bagaimana Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Bagaimana Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Ada beberapa perbedaan antara Smartphone Android dan iPhone. Salah satu perbedaan yang mencolok terdapat di bagian baterai.

Seperti pembahasan sebelumnya iPhone juga mempunyai fitur yang istimewa salah satunya tentang screenshoot iPhone xr yang begitu bagus.

iPhone mempunyai fitur battery health, yang bisa mengetahui kondisi dari baterai yang tertanam di dalamnya.

Fitur ini diperkenalkan langsung di IOS pada tahun 2018, Anda bisa lihat secara mudah melalui pengaturan. Pengaturan akan menunjukkan Berapa daya baterai yang bisa iPhone Anda tampung.

Bh iPhone artinya singkatan dari Battery health pada ponsel iPhone. Battery health adalah fitur yang terdapat di perangkat, agar pengguna mengetahui  kondisi baterai pada perangkat iPhone.

Semakin besar kesehatan pada ponsel iPhone maka semakin bagus juga sistem yang berada didalamnya. Dengan kata lain, smartphone iPhone alan lebih awet digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Ketika Anda membeli iPhone baru tentu kondisi BH menunjukkan persentase 100%. Hal itu menandakan iPhone tersebut benar-benar dalam keadaan prima.

Berbeda halnya dengan membeli iPhone secomd. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone iPhone bekas. Salah satunya dengan melihat kesehatan baterai atau yang biasa disebut BH (Battery health).

Pastikan memilih BH iPhone yang bagus dengan persentase diatas 80%. Lantas, jika kesehatan baterai dibawah 80% apakah BH iPhone bisa naik? Mari simak ulasan di bawah ini.

Pos Terkait:  Cara Melihat Kata Sandi Facebook Orang Lain dengan HTML

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100

Mengalami penurunan kesehatan baterai iPhone merupakan hal yang sering terjadi. Penurunan Baterai health diakibatkan pemakaian Smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, setidaknya Anda sebagai pemilik iPhone harus tahu cara mengembalikan battery health iPhone ke semula. Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara mengembalikan battery health iPhone. Berikut caranya:

Update Perangkat Lunak pada Iphone

Cara menaikkan kesehatan baterai iPhone yang pertama dengan melakukan pembaruan perangkat lunak atau versi sistem operasi. Dengan melakukan pembaruan perangkat lunak atau versi sistem operasi bisa menjadi opsi untuk menjaga kesehatan baterai iPhone Anda.

Seperti yang kita ketahui dengan melakukanj pembaruan pada sistem operasi akan meningkatkan kinerja ponsel dari sebelumnya versi iOS 13 ke yang lebih terbaru.

AKabarnya Apple akan menghadirkan fitur yang memungkinkan iPhone berhenti mengisi baterai secara otomatis. Utamanya ketika kondisi dayanya telah 80% menurun, terlebih jika perangkat terus menerus digunakan secara intens.

Menghindari Suhu Tinggi

Cara yang paling mudah yang bisa anda lakukan adalah mencegah iPhone berada di lingkungan dengan temperatur tinggi. Apple telah menjelaskan bahwa dirancang untuk bekerja dalam kisaran suhu ruangan antara 16 sampai 22 derajat Celcius.

Sebagai pengguna iPhone, penting untuk Anda menghindarkan iPhone dari suhu ruangan yang lebih tinggi dari 35 derajat. Sebab, suhu ruangan yang tinggi bisa merusak kapasitas baterai iPhone secara permanen. Suhu ruangan yang tinggi membuat cat baterai iPhone dalam suhu ruangan dan merusak kesehatan baterai tersebut.

iPhone juga bisa menghentikan pengisian daya di atas 80% ketika terjadi aktivitas yang menyebabkan temperatur perangkat meningkat. Utamanya jika temperatur tersebut meningkat melampaui batas suhu yang telah direkomendasikan.

Melepas Casing iPhone saat Mengisi Baterai

Cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 selanjutnya adalah melepas casing iPhone saat pengisian daya. Kegiatan ini tentu menguntungkan anda sebagai penggunanya, karena pengisian daya iPhone dengan kondisi tertutup casing akan menumpuk suhu panas berlebih.

Pos Terkait:  Bagaimana Cara Mengexport Gambar Coreldraw?

Apabila suhu panas telah berlebih, tentu akan mempengaruhi kondisi kesehatan baterai. Anda juga harus menyadari perangkat menjadi panas ketika diisi daya. Maka, usahakan untuk mengeluarkan iPhone dari casingnya terlebih dahulu saat melakukan pengisian daya.

Menggunakan Charger Asli

Cara menaikan kesehatan baterai iPhone berikutnya dengan ,enggunakan charger asli ketika mengisi daya iPhone. Menggunakan Charger ori iPhone ternyata bisa mengembalikan kondisi baterai Anda. Sebab, charger yang tidak asli bisa merusak kesehatan baterai iPhone itu sendiri.

Apple selama ini mempunyai program yang biasa disebut sebagai mfi atau Made for iPhone, yang menawarkan lisensi kepada vendor charger. Lisensi tersebut membuat vendor charger sebagai pihak ketiga, harus lulus uji dan memenuhi persyaratan Apple demi kenyamanan dan kompatibilitas.

Charger original mempunyai output daya yang dirancang agar sesuai dengan kemampuan baterai iPhone. Yang tidak sesuai dengan kemampuan bisa merusak kesehatan baterai yang ada di dalamnya.

Isi Ulang Baterai Sebelum Lowbat

Anda juga harus melakukan isi ulang baterai sebelum baterai lowbat, karena membiarkan iPhone mati karena kehabisan baterai akan berdampak buruk. Mengisi ulang daya baterai ketika 0% juga sangat tidak dianjurkan, karena akan merusak komponen dari baterai.

Oleh karenanya, Anda harus membiasakan mengisi baterai iPhone sebelum lowbat, minimal saat notifikasi baterai tersisa 20%. Usahakan juga untuk tidak mengisi daya saat kondisi baterai sedang panas, karena akan membuat arus listrik tidak stabil.

Ketidakstabilan arus listrik akan mempengaruhi daya baterai sehingga lebih cepat habis. Selain itu, Anda juga tidak boleh tertipu dengan charger yang dibanderol dengan harga lebih murah.

Menaikkan Battery Health dengan Kalibrasi

Cara menaikkan battery health berikutnya yaitu dengan memanfaatkan fitur kalibari pada iPhone. Kalibrasi baterai di iPhone merupakan sebuah proses menstabilkan baterai agar kapasitas daya bisa dibaca oleh sistem secara tepat dan akurat.

Proses kalibrasi kesehatan baterai ini di lakukan untuk menghindari sistem salah mendeteksi persentasi baterai waktu pengisian. Oleh karena itu, kalibrasi sangat penting bagi Anda yang ingin mengembalikan battery health iPhone ke 100.

Pos Terkait:  Cara Menambah Ram Hp : Xiaomi, Samsung, Oppo

Proses kalibrasi baterai sendiri tidak terlalu sulit, hanya memakan waktu yang cukup lama untuk proses menstabilkan kesehatan baterai. Bagi Anda yang ingin mencoba fitur ini bisa menggunakan cara dibawah ini. Berikut cara menaikan kapasitas baterai iPhone:

  • Pertama isi baterai dengan menggunakan Charger asli.
  • Isi sampai kondisi baterai 100%.
  • Setelah indikator baterai iPhone full tunggu 3 menit.
  • Kemudian gunakan ponsel Anda sampai baterai habis lalu charger lagi hingga 100%.
  • Ulangi proses diatas sampai 3x.
  • Proses kalibrasi kesehatan baterai iPhone telah selesai.

Meskipun terlihat mudah melakukan kalibrasi baterai, proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika baterai dalam keadaan masih normal pasti membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghabisinya.

Pastikan Anda lakukan cara menaikan BH iPhone diatas dengan benar dan sabar. Secara otomatis jika sudah 3x melakukan cara diatas berulang sistem akan melakukan kalibrasi terhadap baterai sehingga melakukan perbaikan.

FAQ iPhone

Apakah benar iPhone tidak boleh di charge sampai 100?

Benar, karena untuk mencegah kandungan kimia pada baterai agar tidak bocor. Namun tidak berlaku pada Anda yang sudah memperbarui ke IOS 14, karena IOS 14 sudah mendukung menonaktifkan otomatis baterai ketika sudah mencapai 100%.

Berapa persen kesehatan baterai iPhone yang baik?

Kesehatan baterai iPhone bisa dikatakan dengan keadaan baik yaitu antara 80-100 persen. Oleh karena itu, usahakan jika Anda membeli iPhone cek kesehatan baterai di rentang 80-100 persen ya teman-teman.

Apakah battery health bisa naik?

BH atau battery health bersifat permanen, jadi untuk menaikkan baterai health pada iPhone dengan mengganti komponen baterai dengan yang baru. Namun Anda bisa mencoba menaikkan baterai dengan mengikuti tips yang sudah kami berikan di artikel ini.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bersama bahwa cara menaikkan battery health iPhone xr sebenarnya sangatlah mudah, Anda bisa mengikuti cara yang sudah dijelaskan secara urut dan teratur.

Demikian informasi mengenai cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 dengan mudah. Semoga dengan adanya artikel bisa bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close