Cara mengecek engagement rate instagram. Dikutip dari laman resmi qiscus.com Engagement rate merupakan alat yang bisa mengukur seberapa interaksi audiens dengan mengikuti metrik terhadap konten yang telah dibuat.
Cara mengecek engagement rate Instagram mempunyai beberapa indikator yang perlu dihitungkan mulai dari berapa lama audiens membaca konten, berkomentar, menyukai dan membagikan konten yang telah dibuat.
Engagement rate biasanya digunakan di beberapa sosial media seperti Instagram dan Facebook.
Namun, seiring perkembangan zaman ER (Engagement Rate) lebih dominan terhadap sosial media Instagram.
Faktor Penilaian Engagement Instagram
Ada beberapa faktor penilaian untuk menentukan besarnya engagement rate Instagram. Nilai engagement rate pada setiap orang berbeda-beda, oleh karena itu, Anda harus cek dan mengetahui berapa engagement rate pada akun media sosial target.
Ketika kita ingin bekerjasama entah itu dari artis maupun selebgram sebaiknya kita harus cek engagement rate Ig mereka. Kita harus mengerti berapa engagement mereka sesuai atau tidak dengan rate yang ditawarkan.
Disisi Influencer, kita bisa menganalisa berapa sih persentase interaksi atau ketertarikan pengikut terhadap konten berupa video maupun foto yang dibagikan di Instagram.
Lantas bagaimana cek rate card Instagram terhadap pelaku bisnis dan apa saja faktor penilaian? Berikut cara cek rate card Instagram:
1. Menilai ER Berdasarkan Reach
Cara mengecek ER Instagram yang pertama ialah dengan menilai berdasarkan rach yang terdapat pada akun Instagram Influencer itu sendiri.
Reach Instagram sendiri merupakan salah satu sarana untuk mengetahui seberapa banyak interaksi audiens terhadap suatu postingan baik berupa foto maupun video.
Jika reach Instagram memiliki interaksi jangkauan yang luas bisa dilihat dari follower maupun non follower, maka semakin mahal engagement rate yang ditawarkannya.
Namun perlu diketahui ER Instagam yang bagus tidak dinilai dari sisi satu konten yang dimiliki, tetapi harus dilihat dari beberapa konten yang dimiliki. Karena recah yang banyak dalam 1 konten tidak bisa menjadi patokan besar tingginya ER yang ditawarkan.
3 konten dengan reach jangkauan masing-masing 10rb lebih baik jika dibandingkan 1 konten dengan jangkauan 30rb dalam jumlah konten yang sama. Hal ini bisa disimpulkan perhitungan ER Instagram harus memperhitungkan jumlah view unik dari mereka yang bukan follower akun Anda.
Untuk mengetahui cara mengecek ER Instagram juga perlu rumus. Rumus menghitung engagement rate Instagram adalah ER = total engagement per post / reach per post x 100.
Dengan rumus ini, Anda mempunyai patokan berapa banyak jumlah non follower yang tertarik melihat konten Anda.
2. Menilai Engagement Berdasarkan Post
Cara cek engagement rate Instagram yang kedua dengan melihat ER berdasarkan post. Cara ini bisa Anda terapkan pada akun Instagram yang memiliki reach post jangkauan yang tidak stabil.
Seperti penjelasan pertama menilai berdasarkan reach, jika Anda melihat interaksi audiens pada suatu konten tidak stabil maka cara yang kedua bisa dilakukan untuk cek engagement rate.
Cara ini juga mempunyai rumus, adapun rumus perhitungan berdasarkan post adalah ER post : ER = total engagement di postingan/ total followers x 100.
Hasil dari rumus ini menghasilkan angka ER yang cukup stabil. Namun rumus ini kurang cocok digunakan jika didalam akun Instagram terdapat konten post viral.
3. Menilai Engagement Berdasarkan Views
Cara cek engagement rate Instagram selebgram bisa Anda nilai dengan melihat ER berdasarkan views. Engagement rate views merupakan cara untuk menghitung rate khusus untuk kkonten berupa video.
Cara ini bisa dilihat berdasarkan views pada suatu konten. Apakah views dalam konten tersebut unik diluar follower atau yang melakukan interaksi kebanyakan follower itu sendiri.
Nah cara cek engagement rate Instagram berdasarkan views juga mempunyai rumus untuk mengetahui besar kecil ER yang ditawarkan. Cara menghitung rumus views video bisa menggunakan rumus ER = total engagement / total video views x 100.
4. Menilai Daily Engagement Rate
Selain tiga varian di atas, Anda bisa cek ER Instagram dengan menghitung jumlah ER setiap hari. Namun, kekurangan dari cara ini yaitu tidak bisa membedakan mana follower yang melihat postingan setiap hari dan mana follower yang baru.
Oleh karena itu, sangat sedikit orang yang menggunakan cara keempat ini karena perhitungan ER yang dihasilkan masih secara kasar dan akurasi cek ER Instagram ini kurang.
Namun, jika Anda tetap ingin mencoba ada rumus yang harus diketahui untuk menggunakan cara ini. Adapun untuk menghitungnya adalah dengan rumus ER = total engagement dalam satu hari / total followers x 100.
Cara Cek Engagement Rate Instagram
Buat Anda yang ingin bekerjasama dengan selebgram maupun artis untuk mempromosikan sebuah produk. Maka salah satu faktor utama melihat dari segi interaksi audiens pada akun Instagram.
Semakin tinggi interaksi pada akun Instagram, maka tinggi pula harga yang ditawarkan. Anda bisa mengecek engagement rate melalui cara yang sudah disebutkan diatas.
Namun, jika Anda tidak punya banyak waktu untuk menganalisa akun Instagram dengan cara manual diatas. Anda bisa mengecek engagement rate Instagram dengan beberapa tool.
Cara ini sangat efektif untuk mengetahui engagement rate pada akun Instagram tanpa menganalisa lebih dalam dengan memanfaatkan beberapa tool. Berikut tool untuk cek ER Instagram:
1. Phlanx
Phlanx merupakan salah satu layanan untuk mengetahui engagement rate Instagam yang cukup simple. Anda hanya perlu masuk ke situsnya dan ketikan nama username Instagram yang ingin di cek dan klik enter.
Banyak para Influencer yang menggunakan Phlanx sebagai kalkulator engagement untuk mengukur performa Influencer dengan menampilkan benchmark. Phlanx sendiri punya Average ER seperti berikut:
Cara mengecek engagement Instagram menggunakan Phlanx bisa di ambil kesimpulan semakin tinggi jumlah pengikut, memang idealnya jumlah engagement rate menjadi lebih rendah karena perbandingan interaksi vs follower.
2. Tanke
Tanke sendiri merupakan Creative Influencer Marketing Agency yang bisa membentu Brand menciptakan konten yang unik serta memilih Influencer sebagai strategi marketing yang menarik.
Creative Influencer Marketing Agency juga menyediakan beberapa tool Instagram untuk mengukur engagement rate sebuah akun. Cara penggunannya tidak jauh berbeda dengan tool Phalnx, Anda cukup memasukkan username Instagram yang ingin di cek, kemudian klik Analyse.
3. Influencer Marketing Hub
Influencer Marketing Hub berbeda dengan dua tool sebelumnya, website ini berguna untuk menghitung engagement rate akun Instagram Influencer. Website Influencer Marketing Hub ini bisa menghitung engagament berdasarkan rate persen.
Tidak hanya itu, website ini juga bisa memperkirakan value atau harga jual Influencer tersebut per post, usia, ketertarikan dan metrik lainnya. Namun, untuk mengetahui semua report Anda harus registrasi terlebih dahulu untuk mengunakan semua fitur pada website ini.
4. Omnifluencer
Omnifluencer tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya dengan memasukkan username Instagram untuk menggunakannya. Omnifluencer memberikan analisa terhadap akun Instagram Influencer dengan data yang cukup lengkap.
Omnifluencer mampu menganalisa like dan komentar per post. Tidak hanya itu, website ini bisa membandingkan engagement rate antar pengguna Instagram hingga 4 akun sekaligus.
Hal ini sangat membantu Anda jika ada beberapa akun yang ingin dibandingkan mana yang lebih tinggi dari segi engagement rate. Omnifluencer juga menyediakan paket pro dan premium untuk mengukur er di Instagram. Meski ada beberapa paket yang berbayar Anda tidak usah berkecil hati, omnifluencer juga menyediakan yang versi free kok alias gratis.
5. Analisa.io
Cara mengecek engagement rate Instagram yang terakhir yaitu menggunakan website Analisa.io. Website ini salah satu kalkulator untuk menganalisa Instagram terlengkap.
Analisa.io dapat menghitung secara keseluruhan bahkan menyediakan report berbentuk link yang dapat dishare. Mereka juga dapat menghitung top post dan hastag yang paling sering digunakan oleh para Influencer.
Tidak hanya itu, Analisa.io juga bisa menganalisa demographics follower di akun Influencer. Dari keempat website diatas hanya Analisa.io yang mempunyai fitur paling lengkap. Mereka juga menyediakan paket Basic secara gratis hingga paket Plus, Premium dan Pro. Tentu, paket berbayar memiliki kelebihan dari pada paket Basic yang mempunyai fitur terbatas. Namun, fitur Basic saya rasa sudah cukup untuk mengecek engagement rate di Instagram.
Kesimpulan:
Engagement Rate sendiri merupakan salah satu tolak ukur untuk menilai berapa nilai yang ditawarkan untuk melakukan kerjasama berdasarkan interaksi di sebuah akun.
Cara mengecek engagement rate Instagram sebenarnya sangatlah mudah, dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa untuk mengetahui nilai ER di akun Instagram Anda perlu memahami faktor-faktor penilaian yang sudah dijelaskan diatas.
Dengan adanya pembahasan ini mengenai cara mengecek engagement rate Instagram, Anda bisa memilih dari beberapa cara diatas mana yang cocok untuk bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
Semoga pembahasan ini bisa mempermudah Anda untuk mengetahui rate card Instagram dilihat dari berbagai sisi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.