Cara Kirim Video Panjang di WA tanpa Terpotong

cara kirim video panjang di wa tanpa terpotong
Cara kirim video panjang di WA kini bisa dilakukan di Android atau iPhone. Berikut beberapa solusi agar video Whatsapp Anda tidak terpotong!

Cara kirim video panjang di WA atau Whatsapp memang saat ini menjadi bahan perbincangan bagi beberapa pengguna media sosial Whatsapp.

Pastinya kita pernah mengirim sebuah video dengan durasi panjang melalui media sosial Whatsapp. Namun pernahkan Anda ketika mengirim video dengan durasi yang panjang sehingga hasil video kita menjadi terpotong.

Hal ini menjadi salah satu penyebab banyaknya pertanyaan mengenai cara mengirim video lewat WA agar tidak terpotong.

Perlu diketahui WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain bertukar pesan teks Anda juga dapat bertukar foto atau video.

Sayangnya WhatsApp memiliki beberapa aturan salah satunya mengenai ukuran file maksimal (16MB) yang bisa dikirim. Tapi jangan khawatir di sini kami memberi tahu Anda cara mengirim video panjang di WhatsApp.

Oleh karena itu, hampir dari semua kalangan yang ada di Indonesia dari anak kecil hingga orang tua memakai WhatsApp. Admin pun juga menggunakan WhatsApp karena WhatsApp mudah dimengerti dan komunikasi antar pengguna tidak membingungkan.

Bagaimana kirim video panjang di Wa?

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang cukup canggih dan hampir setiap bulan developer selalu mengupdate guna memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya.

Pos Terkait:  Berikut List Daftar cPanel Gratis 2023

Terlepas dari kecanggihan pada aplikasi Whatsapp, tentu tidak luput dari yang namanya kekurangan. Kekurangan Whatsapp saat ini adalah tidak bisa mengirimkan video dengan durasi panjang ke pengguna lain.

Untuk itu Anda tidak khawatir karena pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial cara kirim video panjang di WA tanpa terpotong.

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk mengirim video berdurasi panjang di WhatsApp. Cara ini sangatlah mudah dan Anda bisa lakukan di Smartphone Android atau iPhone kesayangan Anda.

Cara kirim video durasi panjang di WA

Seperti yang disebutkan di atas ukuran file maksimum berupa video maupun gambar yang dapat dikirim melalui WhatsApp adalah 16 MB dan durasi video maksimum adalah 3 menit. Jika Anda mengirim video lebih dari 3 menit maka secara otomatis WhatsApp akan memotong video Anda. Lalu bagaimana cara mengirim video durasi panjang melalui whatsapp tanpa terpotong? Berikut caranya:

1. Mengkompress Ukuran Video

cara kirim video lewat wa agar tidak terpotong

Cara kirim video lewat WA agar tidak terpotong yang pertama yaitu dengan mengkompress ukuran pada video yang akan Anda kirim. Hal ini dilakukan karena maksimal ukuran pada video yakni 16 MB dengan durasi 3 menit.

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk mengkompress video. Aplikasi yang akan admin gunakan bernama VidCompact. Aplikasi ini bisa mengkompress video Anda sehingga tidak akan mencapai 16 MB. Adapun berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi PlayStore atau Appstore.
  • Download dan Install aplikasi VidCompact.
  • Buka aplikasi VidCompact dan pilih “Pangkas dan Kompress“.
  • Upload video yang akan di kompress.
  • Kemudian atur video dan resolusi sampai ukuran 16 MB.
  • Simpan video yang telah di kompress.
  • Kini Anda bisa mengirim video Whatsapp tanpa terpotong.
Pos Terkait:  Cara Melihat Tayangan di Instagram

2. Melalui Lampiran Dokumen

cara kirim video panjang di wa tanpa terpotong

Cara mengirim video di WA agar tidak terpotong yang kedua yaitu dengan melalui lampiran dokumen. Jadi Whatsapp mempunyai fitur mengirim lampiran yang tersedia di menu Whatsapp di setiap pengguna WA.

WhatsApp memiliki kebijakan di mana Anda dapat mengirim video dengan ukuran lebih dari 100 MB menggunakan lampiran file. Anda tidak hanya dapat mengirim video tetapi juga file PDF e-book foto presentasi PowerPoint atau rekaman audio atau musik.

Penasaran bagaimana cara mengirim video full di WA? Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Whatsapp pada Smartphone Anda
  • Pilih target yang akan Anda kirim file
  • Klik icon clip kertas yang berada didekat tombol mengirim chat
  • Kemudian pilih file berupa document video atau foto yang akan dikirim
  • Terakhir klik tombol send

Bagaimana cara yang kedua sangat mudah bukan untuk cara kirim video durasi panjang di Whatsapp. Namun perlu diketahui bahwa batasan size file pada Whatsapp untuk Android adalah 100 MB, sedangkan iOS 128 dan Whatsapp web atau desktop sebesar 68 MB.

3. Menggunakan Google Drive

cara kirim video panjang di wa melalui google drive

Cara lain untuk mengirim video dengan durasi panjang di WhatsApp adalah dengan menggunakan tool buatan Google yaitu Google Drive seperti pengiriman Gmail. Namun tidak seperti Gmail yang dapat mengonversi file secara otomatis, di WhatsApp Anda bisa mengunggah video yang akan dikirim secara manual.

Pos Terkait:  5 Cara Mengisi List Absen di WhatsApp

Menggunakan Google Drive sebagai perantara untuk Anda yang ingin mengirim video berdurasi panjang menjadi salah satu hal yang bisa Anda coba. Pasalnya dengan menggunakan Google Drive akan menghemat waktu untuk proses mengirim video. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi “Google Drive“.
  • Masuk dan klik icon + pada halaman utama.
  • Kemudian klik upload dan pilih video mana yang akan dikirim.
  • Klik titik 3 pojok kanan dan pilih salin link.
  • Kemudian “Tempel” atau “Paste” link yang telah di copy.
  • Kirimkan link video ke orang yang dituju.
  • Selesai video berhasil dikirimkan.

Kesimpulan:

Cara kirim video full di WA iPhone maupun android sebenarnya sangatlah mudah. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengirim video agar tidak terpotong.

Dengan pembahasan diatas mengenai cara kirim video panjang di WA semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan Anda bisa mencoba beberapa cara yang direkomendasikan diatas sesuai dengan kebutuhan Anda.

close