Manfaat Kencur dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Mengobati penyakit tertentu dapat dilakukan dengan jalan melalui pengobatan medis yang lebih efektif namun juga dapat dengan obat tradisional. Untuk menjaga dan mencegah terjadinya penyakit tertentu terutama yang membahayakan kesehatan tubuh seseorang perlu penggunaan obat medis karena lebih efektif dan cepat manfaatnya. Namun beberapa orang memiliki pengobatan tradisional untuk masalah medis yang lebih ringan atau mendukung pengobatan medis.

Penggunaan obat tradisional sudah lama dikenal oleh nenek moyang kita karena belum berkembangnya dunia medis saat itu. Pengobatan tradisional yang dulunya berkembang atas dasar kepercayaan dan kondisi pemicu tetentu, sekarang ini sudah banyak yang dibuktikan khasiatnya secara medis sehingga memicu munculnya standarisasi pengobatan tradisional dalam beberapa kelas seperti jamu, obat herbal terstandar, dan fitofarmaka.

Sebagai negara yang kaya akan tanaman menjaikan perkembangan obat tradisional di Indonesia sangat pesat dengan adanya klasifikasi dari badan pom. Fitofarmaka merupakan grade tertinggi dari obat tradisional yang telah terbukti secara klinis khasiatnya. Pemanfaatan obat tradisional yang luas menjadikan perkembangan obat herbal sangat pesar di Indonesia dengan berbagai macam bahan herbalnya.

manfaat kencur
manfaat kencur

Salah satu jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk memberikan dampak positif terhadap kesehatan dalah rempah empon empon atau tanaman yang tergolong kedalam suku temu temuan. Ada beberapa jenis tanaman empon empon yang hampir memiiki bentuk serupa sebagai salah satu tanaman dengan khasiat obat. Salah satu dari tanaman empon empon yang berkhasiat untuk pengobatan tersebut adalah kencur.

Kita tentu mengenal kencur sebagai salah satu bahan rempah yang banyak digunakan dalam berbagai macam bentuk olahan makanan. Bahkan kencur termasuk dalam satu dari beberapa bumbu dasar dari setiap olahan makanan nusantara.

Selain sebagai bahan rempah dan bumbu dalam masakan, salah satu empon empon tersebut juga memiliki manfaat yang positif untuk membantu memberikan dampak bagi kesehatan tubuh.

Beberapa khasiat dan manfaat kencur yang lebih jelas diuraikan dalam pembahasan di bawah ini.

Baca juga:  Cara cepat hamil lengkap

Ciri Ciri Kencur

Sebelum membahas lebih jauh mengenai khasiat dan manfaat dari kencur sebagai tanaman obat berdampak positif bagi kesehatan, perlu diperhatikan terlebih dahulu ciri ciri dari kencur. Pemahaman ciri ciri kencur ini membantu menjadikan kita dapat lebih mampu membedakan mana empon yang disebut kencur dan mana yang bukan mengingat adanya banyak kemiripan satu sama lain.

Beberapa ciri ciri kencur yang perlu diperhatikan untuk dapat dibedakan dengan empon lain diantaranya seperti :

  1. Bentuk, rimpang kencur memiliki bentuk bulat dan pendek dan umbinya lebih cenderung bergerombol satu sama lain.
  2. Rasa, rasa dari kencur cukup unik dimana merupakan perpaduan antara rasa pedas, pahit, dan hangat namun cenderung sedikit manis dibanding empon lainnya.
  3. Warna, warna bagian luar rimpang kencur coklat tua keputihan dengan bagian dalam yang berwarna putih kekuningan dengan kondisi berairt ketika dibelah.
  4. Bau, bau kencur sangat menyengat dan khas dibandingkan dengan jenis empon empon lainnya kecuali temu kunci.

Kandungan Kencur

Melalui ciri ciri kencur diatas, maka kita dapat membedakan mana yang merupakan kencur dari berbagai empon empon yang mirip. Tanaman kencur dalam bahasa ilmiahnya disebut sebagai Kaempferia galanga memiliki banyak manfaat positif bagi keseahtan. Adanya manfaat positif dari kencur tersebut tentu disebabkan oleh karena kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang terdapat di dalamnya.

Kencur memiliki beberapa kandungan senyawa aktif yang menjadikannya bermanfaat seperti Etip p-metoksisinamat yang merupakan komponen utama di dalam kencur. Selain senyawa tersebut kencur mengandung pati, mineral, sineol dan beberapa senyawa aktif lainnya.

Senyawa aktif yang juga terdapat di dalam kencur diantaraya seperti asam sinamat, etil ester, borneol, kamfen, paraeumarin, asam anisat, alkaloid, sineol, asam metil kanil, penta dekaan, dan gom.

Khasiat Dan Manfaat Kencur

Adanya kandungan senyawa kimia dan nutrisi di dalam rimpang kencur tersebut dapat membantu menjadikannya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mengenal lebih jauh mengenai khasiat dan manfaat kencur, perhatikan beberapa ulasan yang disampaikan di bawah ini.

1. Manfaat masker beras kencur

Manfaat kencur yang pertama sangat erat kaitannya dengan kecantikan terutama untuk wajah dengan bentuk pengolahan berupa masker.

Adapun manfaat masker wajah diantaranya seperti menghilangkan bintik hitam secara alami, mengurangi kondisi kerut yang terjadi pada wajah, membantu dalam proses mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, melembabkan kulit, membantu pengelupasan sel kulit mati, serta menjaga warna kulit.

2. Manfaat kencur untuk bayi

Kencur merupakan jenis bahan rempah yang kerap diolah untuk menjadi olahan kencur yang bermainfaat.

Kencur dapat memberikan manfaat untuk bayi secara lansung. Beberapa manfaat kencur untuk bayi diantaranya seperti membantu menjaga nafsu makan pada bayi, mencegah terjadinya masuk angin, menghangatkan tubuh bayi.

3. Manfaat kencur untuk batuk

Rasa panas dan pedas yang dimiliki oleh kencur dapat menjadi satu khasiat dan manfaat yang positif untuk membantu dalam mengatasi batuk.

Selain efek menghangatkan tersebut, kencur juga memiliki manfaat sebagai antibakteri yang dapat membantu mengatasi masalah peradangan pada tenggorokan yang memicu munculnya bantuk.

4. Manfaat kencur untuk kecantikan

Seperti yang disinggung dalam pembahasan diatas, ada banyak manfaat positif bagi kesehatan dari kencur. Manfaat kencur untuk kecantikan yang paling utama adalah membantu kulit wajah dan bagian kulit lain tampak lebih sehat, cerah, dan jauh dari tanda tanda penuaan dini.

Manfaat kencur untuk kecantikan diantaranya seperti memutihkan kulit, menghilangkan jerawat, membantu menghaluskan kulit, dan lain sebagainya.

5. Manfaat daun kencur

Selain bagian rimpangnya yang sering sekali dapat memberikan manfaat positif, daun kencur juga mampu berdampak positif terhadap tubuh.

Beberapa manfaat yang dimiliki oleh daun kencur tersebut diantaranya seperti menambah nafsu makan, memberikan efek relaksasi bagi tubuh yang lelah, mangatasi diare, obat anti nyeri alami, obat batuk dan radang, serta membantu dalam mengatasi radang.

6. Manfaat kencur untuk suara

Kencur kerap kali memang dihubungkan dengan suara, untuk membantu menjadikan seseorang tetap memiliki suara yanng enak maka konsumsi air kencur harus di dipaksa.

Beberapa manfaat positif kencur untuk suara diantaranya seperti membantu mengatasi suara serak, mengembalikan suara yang hilang, melegakan tenggorokan sehingga dapat membantu seseorang bersuara dengan normal.

7. Manfaat beras kencur untuk ibu hamil

Sebagai jamu, beras kencur ternyata juga dapat memberikan manfaat yang positif bagi kehamilan. Karena rasanya yang agak panas, terkadang beberapa ibu hamil takut untuk mengkonsumsinya padahal aman dan tidak berbahaya bagi janin.

Konsumsi beras kencur pada ibu hamil malah dapat memberikan manfaat yang postif bagi kehamilan wanita.

Beberapa manfaat beras kencur untuk ibu hamil tersebut diantaranya seperti membantu dalam menenangkan kondisi psikis ibu hamil yang kerap terganggu, meningkatkan nafsu makan ibu hamil, mengatasi sakit tenggorokan dan batuk secara alami, meredakan kondisi nyeri dan bengkak, serta membatu dalam mencegah terjadinya preeklampsia yang berbahaya bagi janin dan ibu hamil.

8. Manfaat kencur untuk ayam aduan

Selain untuk manusia, kencur kerap dijadikan ramuan pada ayam aduan agar dapat memiliki kondisi tubuh lebih baik. Beberapa manfaat kencur untuk ayam aduan diataranya seperti membantu mempercepat penyembuhan luka yang terjadi pada ayam setelah menjalani pertarungan dalam aduan.

Selain mengatasi luka, kencur juga dapat menjadi ramuan tradisional untuk membantu meningkatkan stamina ayam sebelum aduan.

9. Manfaat kencur untuk kulit

Seperti yang disinggung dalam pembahasan diatas, ada beberapa manfaat positif yang dapat diperoleh dari kencur termasuk untuk kulit. Kencur utamanya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa masalah yang muncul pada kulit seperti kadas hingga panu.

Efek panas pada kulit dan sifat antibakterinya sangat efektif sebagai pengobatan tradisional masalah pada bagian kulit manusia.

10. Manfaat beras kencur untuk jerawat

Dalam pembahasan mengenai manfaat kencur untuk kecantikan, salah satunya adalah mampu membatu mengatasi masalah jerawat. Jerawat memang menjadi salah satu bentuk permasalahan yang kerap menurunkan penampilan seseorang sehingga sangat menganggu.

Sifat anti bakteri dan anti radang yang terdapat di dalam kencur mampu membantu mengatasi masalah jerawat yang kerap menganggu dan menyusahkan.

Cara Mengolah Kencur

Untuk dapat memperoleh manfaat yang disebutkan diatas, pengolahan kencur haruslah benar dan sesuai dengan manfaat yang ada. Pengolahan yang benar dapat menjadikan nutrisi di dalam kencur tetap terjaga sehingga manfaat yang diberikan dapat diperoleh tubuh secara maksimal.

Berikut ini beberapa contoh penjelasan mengenai cara mengolah kencur yang baik diantaranya seperti dijelaskan dibawah ini.

  • Minuman beras kencur, bentuk olahan pertama dari kencur yang paling banyak dikenal tentunya adalah berat kencur. Seperti namanya, kencur dan beras merupakan bahan utama berat dan kencur.
  • Jamu kencur, ada banyak jenis olahan jamu lain selain beras kencur yang dapat membantu memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Ada banyak pilihan jamu yang dapat memberikan manfaat positif dengan bahan dasar kencur.
  • Wedang kencur, Selain kedua bentuk olahan diatas, wedang kencur juga dapat digunakan untuk membantu tubuh mendapatkan khasiat dan manfaat kencur. Wedang kencur dibuat dengan cara menyeduh kencur dengan air panas.
  • Kencur yang diiris, untuk dapat memberikan manfaat secara topikal pada kulit, kencur cukup dioleskan secara langsung dengan dibelah menjadi dua terlebih dahulu. Untuk penggunaan topikal, kencur dapat dijadikan masker bagi wajah dan kulit.

Efek Samping Kencur

Melalui cara pengolahan dan konsumsi yang tepat dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh dari kencur, namun ketika cara konsumsinya berlebihan dan sembarangan dapat memicu beberapa kondisi yang disebut sebagai dampak negatif.

Berikut beberapa bentuk efek samping kencur yang tetap perlu diperhaitkan dengan baik dalam ulasan penjelasan di bawah ini.

  • Menyebabkan perut menjadi panas karena rasa yang dhiasilkan oleh kencur.
  • Menimbulkan masalah pada saluran pencernnaan
  • Menyebabkan iritasi dan reaksi negatif pada bagian kulit.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat kencur sebagai salah satu bahan rempah herbal untuk membantu mengatasi penyakit tertentu dan meningkatkan kesehatan tubuh. Dalam memanfaatkan dampak positif dari kencur, sebaiknya dilakukan secara bisa karena adanya efek samping dari kencur tersebut yang menimbulkan gangguan. Kencur menjadi kelompok temu temuan yang memang dikenal memilki banyak manfaat positif hampir semuanya.