Cara Restart Handphone tanpa Tombol Power

Cara restart handphone tanpa tombol power kini menjadi pertanyaan yang cukup populer bagi pecinta Smartphone khususnya bagi remaja.

Tombol power hp tidak berfungsi bisa terjadi karena terlalu keras menekan menggunakan jempol, sehingga tombol power tidak kuat menampung daya beban.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai tombol power, mari kita simak apasih fungsi restart di hp itu.

Apa Fungsi Restart HP ?

Fungsi restart pada hp sebenarnya sangatlah beragam. Anda mungkin salah satu pengguna ponsel yang sering mendengar istilah restart bukan.

Sering kali di lingkungan kita mendengar pembahasan “Restart aja hp lu” “Mulai lemot nih, restart aja” bener kan?

Memang kata restart familiar di telinga kita. Namun, bagi para remaja yang baru mengenal teknologi pasti akan bertanya-tanya fungsi restart di hp.

Fungsi restart di hp adalah untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel dengan tujuan agar lebih ringan dipakai.

Itu menurut pandangan secara umum. Namun, bagi Anda yang penasaran mengenai fungsi restart sebenarnya. Simak ulasan berikut:

1. Mengatasi Aplikasi yang Error

Fungsi restart di hp juga bisa mengatasi terjadinya aplikasi yang error. Biasanya, jika kita membuka sebuah aplikasi secara bersamaan maka aplikasi tersebut akan error atau tidak bisa berjalan.

Penyebab terjadi error biasaya ram di hp kurang mendukung, Anda bisa menambah ram hp agar bisa berjalan dengan normal.

Selain upgrade ram Anda juga bisa melakukan restart di hp agar aplikasi yang berjalan dilayar bisa ditutup secara otomatis. Hal ini, bisa mengatasi aplikasi yang error hanya dengan me-restart ponsel.

2. Mengatasi Adanya Sistem yang Gagal

Fungsi restart hp selanjutnya yaitu bisa mengatasi adanya sistem yang gagal pada ponsel Anda. Pasti Anda pernah mengalami beberapa menu di hp tidak bisa di akases atau beberapa menu tidak bisa berfungsi secara normal.

Nah, dengan Anda melakukan restar pada ponsel. Bisa mengatasi adanya sistem yang gagal waktu pemrosesan.

3. Refresh Sistem

Fungsi restart pada hp yang terakhir yaitu bisa membersihkan temporary beserta sampah yang tidak digunakan secara otomatis akan terhapus. Ketika ponsel sudah kembali menyala, maka sistem akan otomatis merefresh sistem sehingga cache yang masih tertinggal bisa dibersihkan.

Bagaimana? Sangat penting bukan untuk me-restrat HP dari fungsi yang sudah dijelaskan diatas. Namun, bagaimana kalau tidak bisa restart hp karena tombol power dan volume rusak?

Tenang saja, silahkan simak ulasan berikut:

Cara Restart Handphone Tanpa Tombol Power

Untuk mematikan dan menghidupkan Smartphone pasti menggunakan tombol power. Selain mudah dan cepat, ternyata tombol power memiliki peranan yang sangat penting.

Tombol power juga bisa digunakan untuk mengambil screenshot pada hp. Namun apa jadinya jika tombol power rusak dan tidak berfungi? Tentu saja jika tombol power rusak tidak bisa melakukan tangkapan layar pada ponsel. Untungnya sudah kami bahas mengenai screenshot samsung a03 tanpa tombol.

Rusak pada bagian tombol power memang sangat menyebalkan khususnya bagi pengguna Android. Pasalnya, tombol power memiliki peranan penting saat muat ulang hp atau mematikan ponsel.

Buat Anda yang tidak bisa melakukan restart pada ponsel karena tombol power rusak ataupun tidak berfungsi. Ada kabar baik nih. Jcinema2018.id akan mengulas secara lengkap cara restart android tanpa tombol power.

Berikut cara restart android tanpa tombol power tanpa root:

Menggunakan Fitur ADB

Dengan menggunakan fitur ADB Anda bisa merestart ponsel meski tombol power rusak dan tidak berfungsi. Memakai fitur ADB merupakan cara yang paling sering digunakan bagi para pengguna Android.

Pasalnya fitur ADB (Android Debug Bridge) ini hanya berfungsi jika perangkat sudah dalam keadaan menyala.

Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengunduh dan menyiapkan ADB di PC atau Laptop Anda. Setelah mengunduh dan menginstallnya, Anda bisa memasukkan perintah untuk me-reboot ponsel atau tablet Anda.

Dengan cara buka CMD (Command Prompt) di PC atau Laptop. Lalu, jalankan perintah : adb reboot.

Jika sudah dilakukan maka perangkat akan mati dan secara otomatis restart dengan sendirinya tanpa tombol power dan tanpa root.

Menggunakan Fitur Pengaturan Cepat

Langkah selanjutnya untuk mengatasi tombol power rusak saat mau restart hp yaitu dengan menggunakan fitur bawaan ponsel Pengaturan Cepat. Menu ini hampir disetiap Android memilikinya.

Namun, ada beberapa jenis Android yang tidak support menggunakan fitur ini. Tapi, apa salahnya untuk mencoba? Bagaimana caranya? Simak berikut ini!

  • Pertama buka ponsel Android Anda.
  • Pergi ke Setelan atau Pengaturan.
  • Pilih Pengaturan Cepat.
  • Terkahir pilih menu Muat Ulang.
  • Selesai. Ponsel akan restart tanpa tombol power.

Perlu diketahui, ada beberapa Smartphone Android yang tidak ada fitur Pengaturan Cepat. Hanya beberapa tipe jenis saja yang ada. Jika ponsel Anda ada fitur tersebut, maka cara inilah yang paling gampang digunakan.

Namun, jika tidak ada fitur tersebut Anda bisa mencoba cara lainnya dengan menggunakan aplikasi dibawah ini.

Restart HP Menggunakan Shutdown

Cara restart hp karena tombol on off hp tidak berfungsi berikutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi shutdown (No root). Aplikasi ini bisa membantu Anda jika mengalami tombol power atau volume yang rusak.

Hebatnya dari aplikasi ini, Anda bisa melakukan restart hp tanpa harus root dan aplikasi ini hanya berukuran 35KB saja.

Tentu hal ini menjadikan aplikasi Shutdown paling favorit dibandingkan aplikasi lainnya. Aplikasi Shutdown dibagikan secara gratis dan bisa dipakai oleh semua orang didunia. Adapun berikut ini cara penggunannya:

  • Pertama buka PlayStore di ponsel Android Anda.
  • Kemudian cari dan unduh aplikasi Shutdown (No Root).
  • Unduh aplikasi tersebut dan kembali ke home ponsel.
  • Klik dan tahan aplikasi tersebut selama 5 detik.
  • Akan muncul notifikasi Izinkan Aplikasi Memulai Otomatis.
  • Pilih Aktifkan dan Izinkan jika ada notifikasi yang lain.
  • Silahkan buka aplikasi tersebut dan pilih Reboot atau Restart.
  • Selesai. Anda sudah bisa restart android tanpa tombol power.

NB : Perhatikan langkah-langkah diatas. Lakukan secara urut dan pada saat setelah Install jangan dibuka aplikasi tersebut karena mengakibatkan error pada sistem.

Oleh karena itu, setelah berhasil di unduh. Kembali ke menu home ponsel dan tekan icon aplikasi tersebut 5 detik sampai muncul notifikasi, izinkan semua notifikasinya dan silahkan Anda buka aplikasi Shutdon tersebut.

Jika aplikasi shutdown di Android Anda tidak bekerja dengan baik. Maka kami sarankan untuk memakai aplikasi lain dibawah ini.

Aplikasi Restart HP

Ada berbagai macam aplikasi untuk merestart ponsel Anda, baik itu keadaan ponsel root maupun tidak root. Buat Anda yang tidak support menggunakan aplikasi shutdown diatas karena beberapa perangkat tidak kompatibel, bisa dicoba aplikasi lain barangkali bisa cocok di perangkat Anda.

Berikut ini beberapa aplikasi restart hp:

Menggunakan Power Menu Shutdown

aplikasi restart hp menggunakan power menu shutdown

Aplikasi berguna untuk muat ulang hp Anda jika tombol power rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Aplikasi ini dibagikan secara gratis di PlayStore Anda bisa mengunduhnya dan mencoba aplikasi ini.

Silahkan ketik Power Menu Shutdown di PlayStore. Maka akan muncul icon hitam silahkan langsung unduh saja, aplikasi ini hanya berukuran 37KB hampir sama dari aplikasi sebelumnya.

Power menu shutdown juga support bagi pengguna Android yang belum root. Jadi aplikasi ini sangat aman untuk Anda karena tidak membutuhkan rooting pada ponsel.

Menggunakan Aplikasi Assistive Touch

aplikasi restart hp menggunakan assistive touch

Aplikasi restart hp berikutnya yaitu menggunakan assistive touch untuk Android. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merestart hp atau bahkan bisa membersihkan ram dari aplikasi yang tidak dipakai.

Assistive Touch untuk Android ini dibagikan secara gratis di Playstore. Namun, perlu diperhatikan. Aplikasi ini mempunyai 3 jenis, yang pertama untuk Android dan yang kedua untuk iPhone, terakhir untuk versi yang berbayar. Buat Anda yang mempunyai fitur lengkap bisa membeli versi yan berbayar.

Aplikasi ini support bagi Anda yang belum melakukan root pada ponsel. Ukuran aplikasi ini hanya 7,7 MB saja. Banyak sekali ulasan positif tentang aplikasi ini, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi ini karena lebih aman.

Menggunakan Aplikasi Shutdown Ubicoo

aplikasi restart hp menggunakan shutdown ubicoo

Seperti aplikasi yang pertama kita bahas. Aplikasi ini bernama Shutdown Ubicoo, tidak jauh berbeda fiturnya dengan aplikasi yang pertama.

Namun, ada perbedaan penggunaan dari aplikasi ini. Shutdown Ubicoo digunakan khusus bagi Anda yang mempunyai masalah tombol power rusak, tapi ponsel dalam keadaan root.

Aplikasi ini bekerja jika ponsel Android Anda sudah dalam keadaan root.

Kesimpulan:

Cara restart hp tanpa tombol power sebenarnya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengikuti cara diatas dan sesuaikan dengan kondisi ponsel yaitu dalam keadaan root maupun tidak root.

Demikian informasi yang dapat kami berikan untuk Anda semoga dengan adanya artikel cara restart handphone tanpa tombol power dan tombol volume bisa bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba!

Leave a Comment