Cara Mengembalikan Foto yang Diarsip di Instagram

cara mengembalikan foto yang diarsip di instagram
cara mengembalikan foto yang diarsip di instagram

Cara mengembalikan foto yang diarsip di Instagram merupakan pertanyaan yang sering diajukan bagi pengguna setia Instagram.

Apa bisa postingan foto atau video Instagram yang sudah diarsipkan bisa kembali?

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai bagaimana cara melihat foto yang diarsipkan di IG, sebaiknya kita harus mengerti arti arsip di Instagram terlebih dahulu.

Arti Arsip di Instagram

Instagram memang tidak bosan-bosan mengeluarkan fitur-fitur terbarunya dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin lama makin berkembang.

Salah satu fitur yang dimiliki oleh Instagram yaitu Arsip atau Archive Instagram. Arsip di Instagram adalah fitur bawaan aplikasi Instagram yang berguna untuk menyembunyikan suatu postingan foto maupun video sehingga tidak terlihat oleh pengguna Instagram lain.

Dengan menggunakan fitur arsip Instagram, pengguna bisa menyembunyikan foto dan video yang telah di upload tanpa harus menghapusnya.

Jadi Anda bisa mengatur postingan mana yang akan di arsipkan. Hebatnya lagi, Anda bisa mengembalikan foto yang diarsip di Instagram untuk ditampilkan sesuai dengan keinginan Anda.

Namun sayangnya, banyak pengguna Instagram yang tidak mengetahui bagaimana cara mengembalikan postingan Instagram yang diarsipkan.

Maka dari itu, Jcinema2018.id akan memberikan beberapa tips cara mengembalikan foto yg diarsipkan di Instagram. Tetapi sebelumnya, Anda harus tahu terlebih dahulu apa alasan pengguna untuk mengarsipkan foto dan video yang telah mereka upload.

Alasan Postingan Instagram yang Diarsipkan

Mungkin sebagian pengguna Instagram bertanya-tanya kenapa foto yang sudah di upload malah di arsipkan kembali. Ternyata ada beberapa alasan pengguna IG untuk mengarsipkan postingan mereka. Adapun berikut beberapa alasan:

1. Menghapus Kenangan Masa Lalu

Alasan pertama postingan IG yang disembunyikan untuk menghapus kenangan masa lalu. Biasanya pada waktu masa pacaran, hampir setiap orang menggunggah foto atau video mereka ke media sosial salah satunya di Instagram.

Pos Terkait:  Cara Membuka Pola HP yang Lupa dengan Panggilan Darurat: Samsung, Realme, Xiaomi dan Oppo

Kejadian yang sering dialami sehingga pengguna mengarsipkan postingan karena sudah putus dari kekasihnya wkwkwk kasian. Oleh karena itu, mereka tidak ingin masa lalu terpampang di postingan media sosial mereka. Ibarat kata masa lalu biarlah masalalu aciyeee wkwkw, saya jadi ikutan sedih karena juga pernah ngalamin wkwkw.

2. Instagram Rawan Fake Account

Alasan yang kedua pengguna mengarsipkan foto dan video karena tidak ingin postingan mereka di clone oleh Fake Account di Instagram. Memang saat ini marak sekali akun-akun bodong yang mengambil postingan seolah-olah akun asli ternyata fake account.

Seperti pembahasan sebelumnya, buat Anda yang ingin mengetahui akun IG asli atau bukan bisa melihat dari email yang digunakan. Anda bisa melihat cara mengetahui email fake akun instagram agar bisa mengerti mana yang asli dan bukan.

Oleh karena itu, sebagian pengguna Instagram tidak ingin menampilkan wajah kedalam postingan IG. Takutnya hal-hal yang tidak ingin terjadi seperti kasus fake account.

3. Mencegah Terjadinya Penipuan

Alasan berikutnya yaitu mencegah terjadinya penipuan di Instagram. Biasanya para pelaku tindak kejahatan mengambil data dari postingan di media sosial seperti Instagram.

Mereka mengambil foto dan video guna melakukan penipuan seolah-olah mengatasnamakan orang tersebut. Sangat keji bukan? Maka dari itu sebagian pengguna mengarsipkan postingan mereka agar bisa mencegah terjadinya penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Mencegah Pelecehan di Instagram

Alasan yang terakhir pengguna menyembunyikan foto di Instagram yaitu takut terjadinya pelecehan di IG. Biasanya kasus seperti ini sering dialami bagi para perempuan, khususnya yang memakai sedikit terbuka.

Ketika foto maupun video kita disebarluaskan tanpa sepengetahuan kita tentu kita akan marah bukan? Takutnya pelaku menggunakan foto kita sebagai bahan tiiiit. Nah, maka dari itu sebagian pengguna menyembunyikan postingan mereka agar tidak terjadi pelecehan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Makanya kalau berpakaian yang menutup aurat, dan jangan di publikasikan di publik wahai perempuan. Hanya suamimu yang berhak melihat keindahan tubuh yang Allah titipkan kepadamu. Semoga anak cucu kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Pos Terkait:  Cara Membuat RDP Gratis Terbaru 2023 1 Bulan

Itulah beberapa alasan pengguna Instagram ingin menyembunyikan foto dengan cara mengarsipkannya. Lantas, bagaimana cara mengembalikan foto yang diarsip di Instagram? Mari simak ulasan dibawah ini

Cara Mengembalikan Foto yang diarsip di Instagram

Sebelumnya kita sudah membahas apa arti dari arsip Instagram dan beberapa alasan pengguna mengarsipkan postingan mereka. Jika Anda sudah mengarsipkan foto atau video dan ingin menampilkan kembali. Berikut cara mengembalikan foto yang diarsipkan di Instagram:

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda.
  • Pastikan Anda mempunyai koneksi internet yang baik.
  • Login atau masuk ke akun yang ingin menampilkan postingan IG.
  • Klik icon Profil IG yang berada pada pojok kanan paling bawah.
  • Kemudian pilih navigasi garis tiga pada bagian pojok kanan atas layar.
  • Akan muncul beberapa menu, klik Archive atau Arsip.
  • Klik Postingan yang diarsipkan atau Post Archive.
  • Silahkan Anda pilih foto mana yang ingin ditampilkan kembali.
  • Cara mengembalikan foto yg diarsipkan di IG selesai.

Cara mengembalikan foto yang diarsip di Instagram disarankan untuk Anda menggunakan ponsel atau Smartphone, karena jika menggunakan laptop atau PC hasilnya akan berbeda dan mungkin fitur-fitur tidak akan keluar dengan maksimal.

Cara Mengembalikan Story yang diarsipkan di Instagram

Diatas sudah membahas cara nampilkan foto yang di arsip, sekarang membahas mengenai cara menampilkan story yang telah di arsipkan di Instagram. Berikut caranya:

  • Buka Instagram pada smartphone.
  • Pilih menu profil yang berada dipojok kanan bawah layar ponsel.
  • Pilih titik tiga pada pojok kanan atas layar Anda.
  • Silahkan pilih menu Arsip atau Archive.
  • Selanjutnya pilih menu Story Archive atau Arsip Cerita.
  • Akan muncul story yang pernah Anda arsip.
  • Pilih story yang ingin ditampilkan di beranda Instagram.
  • Selesai.

Kenapa Foto Bisa Hilang Sendiri

Kenapa Foto Bisa Hilang Sendiri

Mungkin dari Anda pernah mengalami foto tiba-tiba hilang dengan sendirinya. Apa penyebabnya masalah tersebut? Mari simak beberapa penyebab foto bisa hilang dengan sendirinya.

1. Foto Mengandung Provokasi

Alasan pertama kenapa foto bisa hilang sendiri bisa diakibatkan karena pengguna menggunggah foto yang mengandung provokasi kebencian terhadap suatu hal. Media sosial seperti Instagram mempunyai kebijakan-kebijakan yang harus dipatuhi terutama masalah ujaran kebencian.

Pos Terkait:  Cara Mengembalikan Draft Instagram yang Hilang

Instagram berhak menghapus foto maupun video yang mengandung unsur provaksi yang bertujuan untuk memecah belak antar sesama manusi. Hal ini mengakibatkan foto yang Anda unggah bisa hilang dengan sendirinya.

2. Adanya Aduan Sesama Pengguna

Alasan berikutnya yaitu adanya adauan dari pengguna Instagram karena mungkin postingan foto yang Anda upload menyinggung hati beberapa kelompok. Biasanya Instagram akan menghapus foto atas laporan yang diterima dari beberapa pihak.

Biasanya banyak yang melapor ke pihak Instagram atas unggahan foto yang Anda buat, sehingga pihak Instagram menghapus foto yang telah Anda upload.

3. Tidak Sengaja Dihapus

Hal yang sering terjadi yaitu tidak sengaja menghapus foto yang berada di Instagram. Hal ini biasanya terjadi pada saat tidak sadar dan tiba-tiba merasa foto hilang sendiri, padahal Anda sendiri yang menghapusnya dan tidak mau ngaku kwkwk.

Cara melihat postingan yang disembunyikan di Instagram berupa foto maupun video bisa Anda lakukan dengan mengikuti cara pertama, untuk Anda yang ingin melihat story yang telah dibuat sebelumnya bisa menggunakan dengan cara yang kedua.

Bagimana cara mengembalikan foto yang diarsipkan di IG sangat mudah bukan? Anda tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menampilkan postingan IG yang diarsipkan. Cukup mengikuti cara yang sudah dijelaskan diatas Anda sudah bisa mengembalikan foto yang di arsipkan.

Postingan sebelumnya juga kita telah membahas mengenai bagaimana cara mengarsipkan reels di Instagram. Anda bisa baca postingan tersebut jika ingin mengarsipkan reels di IG.

Kesimpulan

Ftur Archive atau Arsip pada Instagram mempermudah pengguna untuk menyembunyikan foto maupun postingan yang ada di Instagram. Sehingga hanya pemilik saja yang mengetahui adanya postingan yang disembunyikan.

Cara melihat postingan yang diarsipkan di Instagram bisa dilakukan dengan 2 cara yang sudah dijelaskan diatas. Anda bisa memilih mau pakai menggunakan cara mana yang sesuai dengan Instagram Anda.

Demikian pembahasan mengenai cara mengembalikan foto yang diarsip di Instagram dengan mudah. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Selemat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close