Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang Dengan Mudah

Cara Melacak Kartu ATM yang Hilang Paling Mudah
cara melacak kartu atm yang hilang, cara melacak kartu atm bca yang hilang, cara melacak kartu atm bri yang hilang, cara melacak kartu atm bni yang hilang, cara melacak kartu atm mandiri yang hilang, cara melacak keberadaan kartu atm yang hilang

Cara melacak kartu ATM yang hilang saat banyak yang mencari cara mengetahui kartu ATM yang hilang, jika kita berada di posisi tersebut pastinya kita akan khawatir pasalnya yang ada didalam kartu berupa data-data informasi keuangan dan data pribadi kita.

Oleh sebab itu, kita harus menjaga keberadaan dan menyimpan kartu ATM dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Maraknya kejahatan yang ada di Indonesia kita harus selalu waspada dalam kondisi bagaimanapun.

Seperti yang kita ketahui ATM merupakan salah satu hal yang mempermudahkan kita dalam kegiatan transaksi keuangan kapanpun dan dimanapun kita berada. Segala urusan akan lebih mudah dan cepat dengan adanya kartu ATM ini.

Setiap hari ketika kita melakukan segala aktivitas yang berada diluar rumah tentunya tidak lupa membawa dompet. Sudah menjadi kebiasaan tanpa membawa dompet terasa ada yang kurang, didalam dompet umumnya berisi uang, kartu ATM dan beberapa surat” kendaran.

Seringnya melakukan transaksi di ATM terkadang kita lupa menaruh Kartu ATM, hal ini bisa mengakibatkan terjadinya kehilangan Kartu ATM. Lantas, bagaimana cara mengetahui kartu ATM yang hilang dan bagaimana langkah-langkah yang harus Anda lakukan? Berikut caranya:

Cara Melacak Keberadaan Kartu ATM yang Hilang

cara mencari kartu atm yang hilang
cara mencari kartu atm yang hilang

Kartu ATM hampir semua orang pasti memilikinya, Kartu ATM memudahkan urusan orang untuk melakukan segala transaksi berjenis keuangan. Namun, pernah kah Anda mengalami permasalahan Kartu ATM hilang? Jika pernah maka tidak usah khawatir.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara mencari Kartu ATM yang hilang yang bisa Anda lakukan saat ini. Berikut cara mengetahui nomor Kartu ATM yang hilang:

Pos Terkait:  Pengaturan Kamera Video Call Whatsapp di Samsung, Realme, Oppo dan Vivo

Langkah 1. Periksa Mobile Banking

Langkah yang Anda harus lakukan ketika sedang mencari cara melacak keberadaan Kartu ATM yang hilang pertama yaitu dengan memeriksa Mobile Banking atau Internet Banking pada Smartphone Anda. Jika Anda mempunyai akun Mobile Banking Anda bisa melacak dari daftar transaksi didalam ATM dengan mudah, karena informasi transaksi dijelaskan di Mobile Banking secara detail menurut tanggal.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada yang melakukan transaksi disaat Kartu ATM kita hilang. Anda bisa memonitoring segala aktivitas yang dilakukan hanya dengan menggunakan Smartphone Anda.

Langkah 2. Menghubungi CS Bank Via Online

Langkah yang kedua yaitu dengan menghubungi CS Bank Via Online, jika Anda merasa khawatir dengan apa yang terjadi ketika Kartu ATM hilang opsi yang bisa digunakan hubungi CS Bank Via Online. Pastikan Anda menghubungi CS Bank pada jam kerja, setelah terhubung pada CS Bank maka segera laporkan apa permasalahan yang terjadi saat ini.

Langkah 3. Transfer Semua Saldo ke Rekening lain

Langkah yang ketiga Anda perlu memindahkan semua saldo yang berada pada rekening yang hilang ke rekening yang lain. Jika Anda mempunyai beberapa rekening Bank sebaiknya segera pindahkan saldo yang Kartu ATM hilang dikirimkan ke rekening yang berbeda. Bagi Anda yang hanya memiliki 1 rekening bisa meminta saudara untuk meminjamkan rekening mereka. Perlu diketahui langkah yang ketiga ini hanya berlaku jika Anda sudah mengaktifkan fitur Mobile Banking atau Internet Banking.

Langkah 4. Batalkan Semua Transaksi Pembayaran Otomatis

Langkah yang keempat mengenai cara melacak Kartu ATM yang hilang salah satunya dengan membatalkan semua transaksi pembayaran secara otomatis. Hal ini dilakukan agar pembayaran yang terkoneksi secara otomatis melalui kartu tersebut tidak bisa disalahgunakan oleh pengguna kejahatan. Cara ini untuk menghentikan fraud nya transaksi yang dilakukan oleh pihak ketiga atau orang yang tiodak bertanggung jawab.

Langkah 5. Memblokir Kartu ATM

Langkah yang kelima yaitu dengan memblokir Kartu ATM yang hilang. Mengapa melakukan pemblokiran Kartu ATM? Hal ini dilakukan jika Kartu ATM yang hilang ditemukan oleh orang yang berniat jahat dan ingin menggunakan Kartu ATM Anda maka tidak akan bisa karena Anda telah memblokir Kartu tersebut. Untuk memblokir Kartu ATM Anda bisa menghubungi CS Bank terkait untuk meminta bantuan pemblokiran ATM. Biasa data-data yang harus Anda siapkan antara lain : Nomor Rekening, Kartu Identitas, Nama Ibu Kandung dan pertanyaan rahasia lainnya.

Pos Terkait:  Cara Meringkas dan Merangkum Video di Youtube

Langkah 6. Datang ke Kantor Cabang Terdekat

Langkah yang terakhir yaitu dengan mendatangi kantor cabang terdekat disekitar Anda. Jika langkah 1-5 tidak bisa Anda lakukan maka pilihan terakhir yang harus Anda lakukan yaitu dengan memberikan permasalahan. Tapi ingat, datang ke kantor cabang harus diwaktu jam kerja dan silahkan Anda bicarakan permasalahan yang sedang dialami kepada teller CS Bank. Untuk mempercepat proses sebaiknya Anda telah meminta surat kehilangan dari pihak kepolisian guna memperjelas masalah yang sedang dialami pada saat Anda berada di kantor cabang.

Nah, bagaimana? sangat mudahkan mengenai cara melacak Kartu ATM yang hilang dari penjelasa diatas. Oiya sebelum Anda melakukan langkah demi langkah yang sudah dijelaskan diatas alangkah baiknya harus mempersiapkan diri beserta dokumen-dokumen sebagai berikut. Adapun berikut caranya:

Langkah-Langkah yang Dilakukan ketika Kartu ATM Hilang

cara melacak kartu ATM yang hilang
cara melacak kartu ATM yang hilang

Jika Anda terkena permasalahan Kartu ATM hilang atau tidak ketemu dimana tempatnya sebelum menuju ke kantor cabang sebaiknya persiapkan dokumen dibawah ini agar mempercepat proses permasalahan Anda. Simak berikut:

Mengurus Surat Kehilangan Ke Kantor Polisi

Sebelum Anda menuju ke kantor cabang untuk menjelaskan apa yang sebenarnya sedang terjadi, sebaiknya Anda mengurus terlebih dahulu Surat Kehilangan ke kantor polisi terdekat. Jika sampai di kantor polisi silahkan menjelaskan kronologi lengkap tidak lupa membawa data diri seperti Kartu Tanda Penduduk, No Rekening dan beberapa pertanyaan dari kepolisian yang harus Anda jawab. Jika sudah mendapat Surat Kehilangan Anda bisa langsung menuju ke kantor cabang untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan membawa Surat kehilangan yang sudah di urus tadi.

Membuat Kartu ATM Baru

Setelah Anda mengurus Surat Kehilangan sebaiknya minta pihak Bank untuk membuat Kartu ATM baru agar lebih aman dan meminta untuk menonaktifkan Kartu ATM yang hilang. Pastikan jika mengurus Kartu ATM baru membawa data diri seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, membawa No HP baru, harus ganti nomor M Banking BCA jika pakai Bank BCA. Mengapa harus ganti? Karena No yang lama sudah terdaftar di Kartu ATM yang hilang dan menjawab beberapa pertanyaan dari pihak Bank.

Pos Terkait:  8 Cara Menyimpan Foto Profil Instagram Orang Lain Tanpa Aplikasi

Tetap tenang dan Tidak Panik

Terakhir yang harus Anda lakukan yaitu bersikap tenang dan tidak panik. Jika Anda merasa panik atas kehilangan Kartu ATM Anda maka jika penemu Kartu ATM ada disekitar, maka situasi ini akan dimanfaatkan oleh pelaku. Bersikap tenang dan jangan panik ikuti arahan dan langkah-langkah yang sudah saya berikan diatas InsyaAllah akan ada solusinya dan jalan keluarnya.

Cara Mengetahui 16 Digit Kartu ATM Yang Hilang

Jika Anda tidak mengetahui atau tidak hafal No Rekening yang ada di Kartu ATM jangan khawatir. Berikut ini saya akan memberikan tips untuk mengetahui 16 digit pada Kartu ATM Anda. Berikut caranya:

Cek Email Yang Terdaftar

Pada saat Anda mendaftarkan M Banking pastinya akan dimintai email untuk persyaratan pembukaan M Banking dan untuk memverifikasi data. Maka yang harus Anda lakukan yaitu mencari dan cek pesan dari pihak Bank pada saat Anda mendaftar M Banking.

Buka M Banking

Jika sudah mendaftar dan sudah verfikasi email secara otomatis Anda sudah bisa menggunakan M Banking. Oleh karena itu Anda bisa membuka M Banking dan masukkan User ID dan Kode Akses. Kemudian masuk ke menu Kartu saya maka akan muncul 16 digit Kartu yang ada di ATM Anda.

Nah bagaimana sangat mudah bukan?

Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah saya berikan diatas sebenarnya Anda tidak usah panik, pastikan secara berkala cek saldo ATM Anda untuk mengetahui apakah ada transaksi yang diluar dari kewenangan Anda.

Cara melacak keberadaan Kartu ATM yang hilang sebenarnya sangatlah mudah, Anda hanya perlu membawa dokumen pribadi yang ditunjukkan ke kantor cabang terdekat atau bisa mengikuti langkah-langkah yang telah dijabarkan diatas. Semoga artikel ini tentang cara melacak Kartu ATM yang hilang bisa bermanfaat bagi kita semua.

close