Cara Meringkas dan Merangkum Video di Youtube

cara meringkas video di youtube
cara meringkas video di youtube

Cara meringkas video di Youtube, Pada era serba digital ini, semakin banyak yang menggunakan platform Youtube untuk belajar online.

Youtube menjadi pilihan bagi para guru untuk memberikan pembelajaran kepada siswanya secara online melalui unggahan video.

Bagi siswa untuk mempelajari materi yang telah diberikan guru melalui video, tidak mungkin untuk menghafal seluruh materinya.

Tentunya siswa akan merangkum video Youtube dengan menganalisa point-point penting.

Manfaat Meringkas Video di Youtube

Kenapa kita harus meringkas video Youtube yang telah dibagikan ke kita?

Tentu saja hal ini bertujuan agar siswa bisa lebih detail mempelajari materi yang disampaikan oleh guru melalui video Youtube.

Dengan memahami garis besar pada materi video yang disampaikan.

Oleh karena itu, ringkasan youtube menjadi hal yang harus dilakukan jika kamu sedang mempelajari atau meneliti sebuah kejadian untuk mengambil intisari yang ada pada video tersebut.

Dengan me-resume video youtube kamu tidak perlu melihat video secara berulang-ulang. Cukup dengan satu kali menonton dan mencatat point-point penting setiap bagian video, kamu bisa lebih menghemat waktu.

Lantas, bagaimana cara untuk melakukannya? Berikut cara meringkas video di youtube:

Cara Meringkas dan Merangkum Video Youtube

Ada berbagai cara untuk meringkas dan merangkum materi dari video yang ada di Youtube. Ada yang menggunakan metode manual dan ada pula yang menggunakan metode otomatis.

Pos Terkait:  3 Cara Menghapus Subscribe di Youtube

Nah, kali ini Jcinema2018.id akan memberikan tips bagi kamu untuk meringkas video di Youtube secara otomatis dan cepat.

Cara menyimpulkan video dari Youtube, biasanya kita lakukan dengan mendengarkan video kemudian mencatat point penting yang disampaikan oleh pembicara. Namun, cara tersebut pasti akan membuat kamu merasa terbebani apalagi jika menyampaikan materi terlalu cepat.

Hasilnya, otomatis kamu terus akan mengulang-ulang videonya sampai mengerti apa yang dibacarakan. Dengan menggunakan resume dari Youtube secara otomatis, kamu tidak perlu untuk menulis secara manual satu persatu.

Lantas, apa yang harus kita lakukan agar meringkas video di Youtube bisa cepat? Berikut cara meringkas materi dengan cepat:

  • Pertama buka aplikasi Youtube dan pilih video yang akan kamu ringkas atau rangkum.
  • Salin Link atau Url video Youtube yang akan di resume.
  • Kemudian buka browser Google Chrome pada ponsel.
  • Ketik di kolom pencarian Anthiago klik website yang muncul paling atas.
  • Setelah membuka web tersebut silahkan scroll kebawah sampai bagian Desgrabador.
  • Pilih bahasa English untuk menggunakan tools ini.
  • Selanjutnya Paste atau Tempelkan link yang sudah di Copy sebelumnya.
  • Secara otomatis akan muncul teks yang telah di transkrip dari video Youtube.
  • Selesai. Kamu sudah meringkas materi dengan cepat.

Setelah hasil keluar berupa teks. Kamu juga bisa edit teks tersebut sebelum tugas dikumpukan.

Kami sarankan untuk mengecek kembali gaya bahasa yang dihasilkan mengingat merubah video Youtube ke teks akan ada banyak sekali kata-kata yang kurang baku dan kurang relevan.

Pos Terkait:  Nomor Virtual Gratis Untuk Whatsapp : OTP HP Indonesia

Cara ini banyak digunakan untuk mengambil intisari dari sebuah video tanpa harus menonton videonya terlebih dahulu. Karena memang menggunakan Anthiago akan mengubah video Youtube menjadi teks secara otomatis dan cepat.

Cara Meringkas Video di Youtube dengan Google Docs

Selain menggunakan situs Anthiago yang sudah dijelaskan di pembahasan sebelumnya. Kamu juga bisa meringkas video Youtube melalui Google Docs.

Pastikan kamu mempunyai laptop atau komputer untuk menggunakan cara ini. Karena Google Docs tidak mendukung perangkat ponsel untuk meringkas video menjadi teks.

Adapun berikut caranya:

  • Pertama buka Control Panel kemudian pilih Hardware and Sound.
  • Pilih Sound lalu buka tab Recording.
  • Setelah itu klik kanan pada menu Stereo Mix dan pilih Enable.
  • Klik Stereo Mix dan pilih tombol Set as default devices.
  • Buka Chrome dan ketik di kolom pencarian https://docs.google.com/
  • Buat dokumen baru pada Google Docs.
  • Pilih opsi Tools dan klik Voice Typing.
  • Setelah itu buka video Youtube yang akan kamu ringkas.
  • Putar video dan kembali ke dokumen Google Docs.
  • Aktifkan fitur Google Voice dan pilih bahasa sesuai video Youtube.

Intinya dengan menggunakan Google Docs akan merubah suara video dari Youtube menjadi teks. Jadi, pada saat kamu menjalankan fitur Voice di Google Docs pastikan di sekitar ruangan kamu dalam keadaan sunyi tanpa ada suara apapun.

Pos Terkait:  Cara Menukarkan Poin di Indomaret

Karena Google Docs akan mengambil suara pada video Youtube yang akan dirubah menjadi teks. Dengan menggunakan cara ini kamu bisa lebih cepat meringkas dan tidak perlu menonton video dari Youtube.

Pastikan kamu mempunyai koneksi internet yang baik, karena Google Docs memerlukan jaringan internet yang stabil agar bisa berjalan dengan lancar.

Website Untuk Merangkum Video Youtube

Website Untuk Merangkum Video Youtube

Sebenarnya sangat banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk merangkum video dari Youtube. Ada yang menggunakan aplikasi merangkum video Youtube, ada juga yang menggunakan beberapa situs website untuk meringkas video Yotube secara online.

Namun, kali ini sesuai dengan permintaan teman-teman untuk ringkas video secara online. Kita akan memberikan informasi beberapa website untuk merangkum video Youtube secara online.

Berikut web untuk merangkum video Youtube:

  1. Audext.com
  2. Go-transcribe.com
  3. Rev.com
  4. Typestudio.co
  5. Happyscribe.com
  6. Vocalmatic.com
  7. Veed.io

Situs-situs yang sudah dijelaskan diatas merupakan web yang dapat kamu gunakan secara gratis tanpa perlu login data akun Youtube. Ada juga beberapa website yang memerlukan akun Youtube dan perlu membayar langganan akan bisa menikmati fitur yang tersedia.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas dapat disimpukan bahwa ada berbagai cara meringkas atau merangkum video dari Youtube, kamu bisa menggunakan melalui situs website atau menggunakan Google Docs.

Cara meringkas video di Youtube secara online dan cepat semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang bingung untuk merangkum video menjadi teks. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu tugas teman-teman sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close