Cara Share Lokasi Lewat WA

7 Cara Share Lokasi Lewat WA yang Mudah dan Cepat
7 Cara Share Lokasi Lewat WA yang Mudah dan Cepat

Share lokasi adalah salah satu fitur WhatsApp untuk berkirim alamat tertentu melalui chat. Fitur ini langsung terhubung Global Positioning System (GPS). Sehingga pengguna tidak perlu menulis alamat secara manual.

Kamu cukup memakai cara share lokasi lewat WA yang mudah dan cepat. Menariknya, sharelock WA juga memungkinkan pengguna untuk mengirim alamat tempat dia berada pada saat itu secara real time.

Sehingga orang yang kamu kirimi alamat tersebut bisa langsung terhubung dan bisa segera melacak lokasi. Berikut beberapa cara menggunakan fitur share lokasi lewat WA:

Cara Share Lokasi Lewat WhatsApp

Ada 2 fitur yang bisa pengguna gunakan saat ingin berbagai lokasi saat ini kepada orang lain, yaitu Current Location dan Live Location.

Current Location memungkinkan pengguna mengirim lokasinya saat itu tanpa adanya update pergerakan secara otomatis. Jadi, hanya berkirim alamat biasa.

Sedangkan Live Location adalah fitur untuk berbagai lokasi langsung secara otomatis. Sehingga penerima alamat tersebut bisa mengetahui alamat dan pergerakan kita secara real time.

Saat mengirimkan Live Location, pengguna juga bisa mengatur batas waktu tertentu yang kita inginkan. Ikuti beberapa langkah berikut ini untuk mengirim Current Location via WA:

Current Location

  • Sebelum share location via WA, pastikan kamu telah mengatur izin lokasi di HP. Jika belum, pengguna bisa mengaturnya terlebih dahulu di menu Pengaturan. Kemudian, klik Aplikasi dan pilih Izin Aplikasi.
  • Nantinya, ada beberapa fitur yang bisa diaktifkan. Pilih fitur Lokasi dan aktifkan dengan menggeser tombol On/Off ke kanan
  • Setelah fitur lokasi berhasil diaktifkan, pengguna bisa langsung berkirim alamat via WhatsApp. Caranya, buka aplikasi WA dan pilih salah satu nomor kontak yang kamu inginkan untuk dikirimi alamatmu saat ini
  • Jika sudah masuk di jendela chatting, ketuk ikon lampiran yang berada di sebelah ikon kamera di kolom chatting paling bawah kanan. Nantinya, akan muncul beberapa fitur lampiran.
  • Pilih ikon Location untuk mengirim alamat
  • Kemudian, pilih Send Your Current Location untuk mengirimkan alamatmu pada saat ini secara otomatis.
  • Penerima alamat itu pun bisa langsung melacak lokasi keberadaan pengirim dan mengikuti rutenya melalui Google Maps.
Pos Terkait:  Cara Mengembalikan Foto yang Diarsip di Instagram

Live Location

Sedangkan jika ingin mengirim Live Location, pengguna bisa ikuti cara share lokasi lewat WhatsApp berikut:

  • Pastikan izin lokasi di HP telah diaktifkan
  • Pilih kontak WA yang ingin dikirimi Live Location, lalu masuk ke jendela chatting
  • Tekan ikon lampiran dan pilih Location. Kemudian, pilih Share Live Location
  • Sebelum mengirimnya, pengguna bisa menentukan durasi pengiriman alamat, apakah 15 menit, 1 jam, atau 8 jam. Pengguna juga bisa menambahkan komentar atau keterangan tertentu di bawah alamat yang dikirim. Tapi, kamu juga bisa mengabaikan fitur ini jika tidak ingin menambahkan durasi dan komentar apapun
  • Pengguna bisa langsung mengirim Live Location tersebut dengan menekan tombol kirim di pojok kanan bawah
  • Sekarang orang yang kamu kirimi Live Location tersebut bisa langsung mengakses lokasi saat itu juga dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Jika tidak ada durasi yang ditentukan, maka alamat tersebut bisa diakses seterusnya. Tapi, kamu tetap bisa menghentikan pengiriman alamat langsung tersebut dengan menekan tombol Stop Sharing.

Cara Serlok Lokasi Terdekat

Cara Serlok Lokasi Terdekat

Selain mengirim alamat tempat kamu berada secara otomatis, fitur Sharelock di WA juga memungkinkan pengguna mengirim alamat terdekat dari lokasinya.

Ini seperti halnya saat kita mengirim link maps tertentu, hanya saja melalui WhatsApp. Bagaimana cara mengirimnya? Berikut cara serlok lokasi terdekat:

  • Pastikan kamu telah mengaktifkan izin lokasi di HP
  • Pilih kontak WA yang ingin pengguna kirimi lokasi terdekat, lalu masuk ke jendela chatting
  • Klik ikon lampiran yang ada di sebelah ikon kamera paling kanan bawah, lalu pilih ikon Location
  • Nantinya, akan muncul peta lokasimu saat itu secara otomatis. Tapi, karena kamu ingin mengirim lokasi tempat lain yang terdekat dengan alamat, jadi cari terlebih dahulu alamat yang ingin dikirimkan
  • Caranya, ketik alamat yang ingin dikirimkan di kolom pencarian paling atas sampai alamat tersebut muncul di hasil pencarian di bawahnya
  • Jika alamat terdekat sudah muncul di hasil pencarian, pengguna bisa langsung menekan alamat tersebut. Alamat itu pun akan langsung terkirim secara otomatis ke nomor kontak penerima.
Pos Terkait:  Private Instagram Viewer Tanpa Verification 2022

Share Lokasi ke WA dari Google Maps

Biasanya, banyak orang kurang puas dengan akurasi peta lokasi di WhatsApp. Kadang, peta lokasi yang dikirim via WA kurang tepat dan daftar lokasi terdekat yang muncul otomatis kurang lengkap.

Sehingga, cara share lokasi lewat WhatsApp cenderung kurang efektif saat pengguna ingin membagikan alamat.

Karena itulah, beberapa orang lebih memilih membagikan alamat melalui link Google Maps. Sebab, aplikasi peta lokasi dari Google ini dinilai lebih lengkap dan akurat. Cara mengirim link alamat di Google Maps ke WA sangatlah mudah. Kamu bisa ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Aktifkan izin lokasi di HP-mu terlebih dahulu lewat menu Setting
  • Buka aplikasi Google Maps di HP-mu. Biasanya, aplikasi ini telah ada sebagai aplikasi bawaan dari HP. Jika masih belum punya, unduh aplikasi Google Maps terlebih dahulu di Google Play Store
  • Apabila sudah masuk ke Google Maps, ketikkan alamat yang ingin kamu bagikan di kolom pencarian paling atas
  • Saat alamat yang ditunjukkan sudah tepat, pengguna bisa langsung membagikannya dengan menekan tombol Share di pojok kanan bawah. Nantinya, akan ada beberapa aplikasi yang bisa kita pilih untuk mengirim alamat tersebut
  • Pilih opsi Lainnya, lalu klik logo WhatsApp. Setelah itu, cari nama kontak yang ingin kamu kirimi alamat di Google Maps tersebut
  • Jika sudah masuk di jendela obrolan, pengguna bisa langsung mengirimnya dengan menekan tombol kirim di pojok kanan bawah.
  • Alamat di Google Maps tadi akan langsung muncul sebagai link yang akan mengarah otomatis ke aplikasi Google Maps. Sehingga, temanmu yang menerima alamat tersebut hanya bisa mengaksesnya melalui aplikasi Google Maps.
Cara menyalin pesan di wa

Apakah Aman untuk Berbagi Lokasi Langsung di WhatsApp?

Whatsapp mempunyai berbagai macam fitur, fitur yang sering digunakan di jalan raya yaitu share lock. Fitur tersebut sangat membantu kita ketika mau mencari alamat dan bisa berbagi lokasi terkini.

Pos Terkait:  10 Aplikasi Photobooth di Laptop Terbaik (Gratis)

Fitur share lock bawaan Whatsapp hampir mirip dengan fitur yang digunakan oleg Google Maps. Hebatnya serlok WA ini bisa mengatur waktu seperti 15 menit, 1 jam, dan 8 jam pada saat mengirim lokasi.

Setelah melewati batas waktu yang telah ditentukan maka otomatis lokasi yang telah kita kirim akan terhapus oleh sistem Whatsapp.

Hal tersebut menunjukkan kalau fitur share lock pada Whatsapp sangat aman digunakan di Android maupun iOS.

Selalu gunakan berbagi lokasi terkini dalam kurun waktu tertentu agar lokasi tidak bisa dilacak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Cara mengisi list di wa

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa serlok lokasi lewat Wa maupun Google Maps sebenarnya sangat mudah, namun kamu perlu perhatikan beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas.

Demikian tutorial lengkap tentang cara share lokasi lewat WhatsApp, mulai dari mengirim lokasi real time, lokasi terdekat, hingga mengirim alamat di Google Maps.

Kamu bisa menerapkannya secara praktis saat ingin berkirim alamat kepada teman atau pelanggan. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close