Cara Membuat Notifikasi Suara Google di WA Tanpa Aplikasi

cara membuat notifikasi suara google di wa
cara membuat notifikasi suara google di wa

Cara membuat notifikasi suara Google di WA – WhatsApp atau yang lebih sering disingkat dengan sebutan WA merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang seringkali digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Karena saking mudahnya pengoperasian aplikasi ini, maka tak heran apabila ada banyak yang menyukai aplikasi tersebut. Namun, ada beberapa yang masih pemula dan belajar tentang pengaturan aplikasi ini, terutama cara membuat notifikasi suara Google di WA.

Nah, nada dering pada aplikasi WhatsApp memang bermacam-macam, bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Sayangnya tak begitu banyak orang yang memahami ini dan memilih menggunakan nada deringnya yang biasa. Sekarang ini, di era yang sudah lebih canggih Anda bisa membuat notifikasi dari suara Google.

Anda tentu tahu bahwa suara Google kadang terkesan seperti robot yang kaku, tapi bisa diutak-atik agar berbicara kalimat-kalimat yang lucu. Seperti misalnya menyebutkan nama Anda. Jadi, ketika ada pesan masuk, maka bunyi notifikasi WhatsApp Anda berbeda dengan yang lainnya. Banyak yang menggunakan hal ini sebatas untuk keseruan saja.

Tutorial atau Cara Membuat Notifikasi WA Suara Google Tanpa Aplikasi

Cara membuat notifikasi suara Google di WA bisa dilakukan tanpa aplikasi sama sekali, sehingga Anda tak perlu repot melakukan unduhan apapun dan membuat memori penyimpanan jadi penuh. Hanya saja, Anda harus tetap memiliki koneksi internet yang cukup untuk meng-convert teks ke suara Google lewat situs website.

Pos Terkait:  Cara Membuat Tulisan Melingkar di Corel Draw Terbaru

Saat ini ada banyak sekali situs convert teks ke suara yang dapat diandalkan, salah satunya voiceoftext.com yang penggunaannya sangat mudah. Agar bisa memahami dengan benar bagaimana cara menggunakan situs ini, maka berikut tutorial yang dapat Anda coba.

  1. Akses situs voiceoftext.com lewat Google Chrome.
cara-membuat-notifikasi-wa-suara-google-tanpa-aplikasi
Cara Membuat Notifikasi WA Suara Google Tanpa Aplikasi
  1. Lalu copy paste teks yang akan di convert menjadi suara Google pada kolom yang sudah disediakan.
  2. Tekan tombol Convert to Voice.
  3. Lalu tekan Unduh atau ikon tanda panah ke bawah.
cara-membuat-notifikasi-wa-suara-google-tanpa-aplikasi-112
  1. Dengarkan terlebih dahulu audionya, lalu pilih tanda titik tiga dan klik opsi Download.
  2. Jika sudah terunduh, biasanya notifikasi suara Google akan langsung tersimpan di memori penyimpanan Anda.

Langkah Menambahkan File Suara Google ke Folder Ringtone

Setelah mengetahui cara membuat notifikasi suara Google di WA, Anda tentu berniat untuk menjadikannya nada dering di aplikasi WhatsApp. Cara mengganti nada dering WA juga sangat mudah dan hanya memerlukan langkah singkat saja.

Namun, terlebih dahulu Anda harus memindahkan nada dering suara Google yang sudah dibuat tadi ke folder Ringtone. Berikut ini adalah tutorial memindahkan file suara Google ke folder Ringtone Anda.

  1. Buka memori penyimpanan ponsel.
  2. Cari folder Unduhan dan copy file suara Google. Kemudian paste ke folder Ringtone.
  3. Otomatis nantinya file audio ini bisa digunakan untuk nada dering WhatsApp Anda.
  4. Langkah lain yang bisa Anda coba caranya dengan masuk ke menu Pengaturan ponsel.
  5. Cari menu Sound and Vibration lalu pilih menu Ringtone.
  6. Tambahkan file yang Anda inginkan untuk nada dering dan selesai.
Pos Terkait:  6969+ Nama ML Aesthetic Jepang, Couple, Cowok dan Cewek

Baca Juga : Cara Menghapus Kontak Wa yang Tidak Bisa Dihapus

Langkah Ganti Nada Dering WhatsApp yang Sangat Mudah

Kalau sudah berhasil menambahkan file audio suara Google ke folder Ringtone, Anda sudah bisa memakainya untuk nada dering di WhatsApp. Entah itu untuk nada dering pesan pribadi atau nada dering panggilan WA. Lalu, bagaimana langkah yang harus Anda lakukan? Mari simak selengkapnya!

  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih tanda titik tiga yang berada di bagian atas.
  • Pilih menu Setting alias Pengaturan.
  • Pilih menu Notifikasi dan tentukan notifikasi mana yang akan menggunakan suara Google. Apakah notifikasi untuk pesan pribadi, pesan grup atau panggilan.
cara-membuat-notifikasi-wa-suara-google-tanpa-aplikasi-113
  • Kemudian klik Nada Notifikasi untuk Messages atau Pesan.
cara-membuat-notifikasi-wa-suara-google-tanpa-aplikasi-114
  • Pilih file audio suara Google tadi dan dengarkan sejenak untuk memastikan, lalu klik Oke.
cara-membuat-notifikasi-wa-suara-google-tanpa-aplikasi-115
  • Nah, suara Google telah berhasil ditambahkan dan digunakan sebagai nada dering untuk aplikasi WhatsApp Anda.

Sekarang Anda sudah menguasai cara membuat notifikasi suara Google di WA sekaligus langkah singkat menggantinya menjadi nada dering di apk perpesanan tersebut. Caranya yang mudah bahkan bisa dipahami oleh siapapun yang belum pernah melakukannya, apalagi bagi pemula yang baru saja memakai aplikasi WhatsApp.

Pos Terkait:  Cara Kirim Paket Lewat Pos, Begini Panduannya

Baca Juga : Cara Melihat Pesan ditarik di Whatsapp

Situs Text to Speech Suara Google Untuk Anda Coba

Sebetulnya bahkan selain voice of text, ada beberapa situs lainnya lagi yang bisa Anda pilih untuk membuat teks menjadi suara Google. Contohnya saja seperti sound of text yang juga banyak digunakan oleh pengguna internet. Dengan menggunakan situs-situs semacam ini, maka Anda tak perlu lagi mengunduh aplikasi di smartphone Anda.

Ada pula situs lain seperti voice maker text to speech converter, atau bisa juga Free TTS text to MP3 online. Terdapat pilihan bahasa yang dapat Anda coba selain bahasa Indonesia, jadi Anda bisa mengubahnya ke bahasa yang Anda inginkan.

Menggunakan aplikasi kadang cukup menyulitkan, karena perlu mengunduhnya dulu di Play Store. Belum lagi jika memori penyimpanan Anda sangat terbatas, tentu membuat ponsel bisa saja mengalami lemot. Ditambah penggunaan aplikasi semacam ini tak terlalu sering, hanya satu atau dua kali saja.

Mempelajari langkah membuat notifikasi suara Google di WA tak ada salahnya. Banyak anak muda sekarang yang memakainya sebagai lucu-lucuan saja atau sekedar hiburan agar tidak bosan dengan nada dering yang itu-itu saja. Jadi, jika Anda ingin mencobanya siapkan dulu kalimat yang pas yang akan dipakai untuk notifikasi suara Google.

Cara membuat notifikasi WA suara Google tanpa aplikasi sebenarnya sangat mudah Anda cukup mengunjungi voiceoftext.com seperti cara diatas maka masalah akan teratasi. Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat notifikasi suara Google di WA. Semoga berhasil mencobanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close