Perbedaan Make dan Makes: Penjelasan Lengkap dan Komprehensif

Apakah Anda sering bingung ketika menggunakan kata “make” atau “makes” dalam kalimat Bahasa Inggris? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan perbedaan antara kedua kata tersebut dengan detail dan lengkap. Dengan pemahaman yang baik tentang penggunaan kata-kata ini, Anda akan dapat menghindari kesalahan dalam berkomunikasi dan menulis dalam Bahasa Inggris.

1. Pengertian Make dan Makes

Sebelum kita membahas perbedaan antara “make” dan “makes”, mari kita pahami terlebih dahulu pengertian masing-masing kata ini. “Make” adalah kata kerja dalam bentuk dasar (base form), sedangkan “makes” adalah bentuk ketiga tunggal (third person singular) dari kata kerja “make”.

2. Penggunaan Make

Pada umumnya, kata “make” digunakan dalam berbagai konteks dan memiliki banyak arti. Misalnya, kita dapat menggunakan “make” untuk menggambarkan proses pembuatan atau menciptakan sesuatu, seperti “She makes a cake” (Dia membuat kue). Selain itu, “make” juga dapat digunakan untuk menyatakan tindakan atau aktivitas tertentu, seperti “He makes a phone call” (Dia melakukan panggilan telepon).

3. Penggunaan Makes

Sementara itu, kata “makes” digunakan ketika subjek dalam kalimat adalah orang ketiga tunggal seperti he, she, atau it. Contoh penggunaan yang umum adalah “He makes coffee every morning” (Dia membuat kopi setiap pagi) atau “She makes her bed before leaving the house” (Dia merapikan tempat tidurnya sebelum meninggalkan rumah).

Pos Terkait:  10 Pedoman untuk Perawatan Komponen Pengaman Kendaraan yang Harus Anda Ketahui

4. Perbedaan Subjek

Perbedaan utama antara “make” dan “makes” terletak pada subjek yang digunakan dalam kalimat. Ketika subjek dalam kalimat adalah orang ketiga tunggal (he, she, atau it), kita menggunakan “makes”. Namun, ketika subjek dalam kalimat adalah orang pertama (I) atau orang kedua (you, we, atau they), kita menggunakan “make”.

5. Contoh Kalimat dengan Make dan Makes

Untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas, berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan “make” dan “makes”:

  • Make: I make breakfast every day. (Saya membuat sarapan setiap hari.)
  • Makes: She makes delicious cupcakes. (Dia membuat cupcake yang lezat.)
  • Make: We make plans for the weekend. (Kami membuat rencana untuk akhir pekan.)
  • Makes: He makes a lot of money from his business. (Dia menghasilkan banyak uang dari bisnisnya.)

Melalui contoh-contoh di atas, Anda dapat melihat bagaimana penggunaan “make” dan “makes” bergantung pada subjek dalam kalimat.

6. Kesalahan Umum dalam Penggunaan Make dan Makes

Karena perbedaan penggunaan subjek, kesalahan yang sering terjadi adalah penggunaan “make” ketika subjeknya adalah orang ketiga tunggal atau menggunakan “makes” ketika subjeknya adalah orang pertama atau orang kedua. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami perbedaan ini agar dapat menghindari kesalahan dalam berkomunikasi atau menulis dalam Bahasa Inggris.

Pos Terkait:  Batas Keanggotaan dalam Membership Group: Panduan Lengkap

7. Ringkasan

Dalam artikel ini, kita telah membahas perbedaan antara “make” dan “makes”. Kita telah mempelajari pengertian masing-masing kata, penggunaan yang tepat, serta contoh-contoh kalimat yang menggambarkan penggunaan keduanya. Dengan memahami perbedaan ini, Anda akan dapat menggunakan “make” dan “makes” dengan benar dalam kalimat-kalimat Anda, sehingga meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda secara keseluruhan.

8. Kesimpulan

Semoga artikel ini telah memberikan pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara “make” dan “makes”. Meskipun terlihat sederhana, pemilihan kata yang tepat sangat penting dalam berkomunikasi dan menulis dalam Bahasa Inggris. Dengan menguasai penggunaan “make” dan “makes”, Anda akan dapat menghindari kesalahan yang umum terjadi dan meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris Anda secara signifikan.

Jadi, jangan ragu lagi untuk menggunakan “make” atau “makes” dengan benar dalam kalimat-kalimat Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close