Perbedaan Antara “It” dan “That” dalam Bahasa Inggris

Menyusun kalimat dalam bahasa Inggris membutuhkan pemahaman yang baik tentang penggunaan kata ganti. Dalam konteks ini, “it” dan “that” adalah dua kata ganti yang sering digunakan namun seringkali membingungkan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan antara “it” dan “that” serta bagaimana penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris.

1. Pengertian “It” dan “That”

Ketika berbicara tentang kata ganti “it” dan “that”, penting untuk memahami makna masing-masing kata tersebut. “It” adalah kata ganti tunggal yang digunakan untuk menggantikan benda, hewan, atau hal yang tidak memiliki jenis kelamin. Sementara itu, “that” adalah kata ganti tunggal atau jamak yang digunakan untuk menggantikan benda, hewan, atau hal yang jauh dari pembicara atau pendengar.

2. Penggunaan “It” dalam Kalimat

Dalam penggunaannya, “it” digunakan untuk menggantikan benda, hewan, atau hal yang sudah disebutkan sebelumnya dalam kalimat. Misalnya, “The cat is sleeping. It looks so cute.” Di sini, “it” menggantikan kata “cat” yang telah disebutkan sebelumnya. “It” juga digunakan untuk menunjukkan cuaca, waktu, atau suatu kondisi. Contohnya, “It is raining outside” atau “It is 10 o’clock.”

3. Penggunaan “That” dalam Kalimat

Sebaliknya, “that” digunakan untuk menggantikan benda, hewan, atau hal yang belum disebutkan sebelumnya dalam kalimat. Misalnya, “I saw a beautiful flower. That flower was blooming in the garden.” Di sini, “that” menggantikan kata “flower” yang merupakan benda yang baru disebutkan. “That” juga digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang jauh dari pembicara atau pendengar. Contohnya, “Look at that bird in the sky!”

Pos Terkait:  Tokoh Teori Fungsional Perubahan Sosial: Mengupas Konsep-Konsep Penting

4. Perbedaan Fungsional Antara “It” dan “That”

Secara fungsional, “it” digunakan untuk menggantikan benda, hewan, atau hal yang sudah dikenal atau dibahas sebelumnya, sedangkan “that” digunakan untuk menggantikan benda, hewan, atau hal yang belum dikenal atau dibahas sebelumnya. “It” juga digunakan untuk menunjukkan cuaca, waktu, atau kondisi, sedangkan “that” digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang jauh dari pembicara atau pendengar.

5. Contoh Kalimat Penggunaan “It” dan “That”

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggambarkan penggunaan yang tepat dari “it” dan “that”:

  1. It: It is a beautiful day today. (Hari ini adalah hari yang indah.)
  2. That: Look at that car! (Lihat mobil itu!)
  3. It: It is important to finish the project on time. (Penting untuk menyelesaikan proyek tepat waktu.)
  4. That: That book on the shelf is mine. (Buku itu di rak adalah milikku.)

Kesimpulan

Dalam bahasa Inggris, penggunaan kata ganti “it” dan “that” memiliki perbedaan yang jelas. “It” digunakan untuk menggantikan benda, hewan, atau hal yang sudah dikenal atau dibahas sebelumnya, sedangkan “that” digunakan untuk menggantikan benda, hewan, atau hal yang belum dikenal atau dibahas sebelumnya. Memahami perbedaan ini akan membantu kita dalam menyusun kalimat yang lebih tepat dan jelas dalam bahasa Inggris.

Pos Terkait:  Scan Online: Alat Penting untuk Keamanan dan Perlindungan Data Anda

Jadi, selanjutnya saat Anda ingin menggunakan kata ganti dalam bahasa Inggris, pastikan untuk memilih antara “it” atau “that” dengan benar sesuai dengan konteks kalimat yang Anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close