Cara Spotlight di Zoom Lebih dari Satu – Panduan Lengkap dan Terperinci

Zoom telah menjadi salah satu platform konferensi video paling populer di dunia, terutama dalam era kerja jarak jauh. Fitur “Spotlight” di Zoom memungkinkan Anda untuk menyorot peserta atau speaker tertentu selama pertemuan, sehingga memastikan fokus dan perhatian yang lebih baik. Namun, banyak pengguna Zoom masih bingung tentang bagaimana cara melakukan spotlight lebih dari satu orang dalam satu waktu.

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melakukan spotlight di Zoom lebih dari satu orang. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya dengan jelas dan memberikan tip dan trik yang berguna agar Anda dapat menguasai fitur ini dengan mudah dan efektif.

1. Mengaktifkan Mode Spotlight

Sebelum Anda dapat menyorot lebih dari satu peserta, pastikan Anda telah mengaktifkan mode Spotlight. Pergi ke pengaturan Zoom dan pilih tab “Video”. Di sini, Anda akan menemukan opsi “Spotlight video” yang harus diaktifkan.

Pos Terkait:  Cek Barcode New Balance: Cara Mengetahui Keaslian Produk dengan Mudah

Summary: Pastikan untuk mengaktifkan mode Spotlight di pengaturan Zoom sebelum melanjutkan ke langkah-langkah berikutnya.

2. Menggunakan Fitur Spotlight

Setelah mode Spotlight diaktifkan, Anda dapat mulai menyorot peserta selama pertemuan. Klik kanan pada video peserta yang ingin Anda sorot dan pilih opsi “Spotlight video”. Anda dapat melakukan ini pada beberapa peserta untuk menyorot mereka secara bersamaan.

Summary: Klik kanan pada video peserta dan pilih “Spotlight video” untuk menyorot mereka selama pertemuan.

3. Menghapus Spotlight

Jika Anda ingin menghapus spotlight dari peserta tertentu, cukup klik kanan pada video mereka dan pilih opsi “Hapus Spotlight video”. Ini akan menghentikan penyorotan pada peserta tersebut.

Summary: Klik kanan pada video peserta yang disorot dan pilih “Hapus Spotlight video” untuk menghapus penyorotan.

4. Menggunakan Shortcut Keyboard

Untuk mempermudah penggunaan fitur Spotlight, Zoom juga menyediakan pintasan keyboard. Anda dapat menekan tombol Alt+Shift+Y (untuk pengguna Windows) atau Option+Shift+Y (untuk pengguna Mac) untuk menyorot video peserta tertentu.

Summary: Gunakan shortcut keyboard Alt+Shift+Y (Windows) atau Option+Shift+Y (Mac) untuk menyorot video peserta secara cepat.

5. Membagi Ruangan Spotlight

Jika Anda ingin menyorot peserta di beberapa ruangan yang berbeda, Anda dapat menggunakan fitur “Membagi Ruangan”. Pergi ke opsi “Mengatur Ruangan” di Zoom dan sesuaikan ruangan sesuai kebutuhan Anda. Setelah itu, Anda dapat menyorot peserta di setiap ruangan secara terpisah.

Pos Terkait:  Masuknya Hijau Keluarnya Merah: Fakta Menarik Tentang Fenomena Ini

Summary: Gunakan fitur “Membagi Ruangan” untuk menyorot peserta di ruangan yang berbeda secara terpisah.

6. Menggunakan Fitur Breakout Room

Jika Anda ingin menyorot peserta dalam Breakout Room, Anda harus memastikan untuk mengizinkan mereka untuk berbagi video. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama seperti menyorot peserta di ruangan utama.

Summary: Pastikan peserta di ruangan breakout telah diizinkan untuk berbagi video sebelum melakukan penyorotan.

7. Membatasi Jumlah Peserta yang Disorot

Zoom memungkinkan Anda membatasi jumlah peserta yang dapat disorot dalam satu waktu. Anda dapat mengatur preferensi ini di pengaturan Zoom dengan memilih tab “Video”. Anda dapat memilih untuk menyorot hingga 9 peserta atau membiarkan semua peserta terlihat secara bersamaan.

Summary: Sesuaikan preferensi Anda untuk membatasi jumlah peserta yang dapat disorot dalam satu waktu di pengaturan Zoom.

8. Menggunakan Fitur Pin Video

Jika Anda ingin tetap menyorot beberapa peserta secara permanen, Anda dapat menggunakan fitur “Pin Video”. Ini akan menjaga video mereka tetap terlihat di layar Anda, bahkan ketika ada aktivitas video lainnya.

Summary: Gunakan fitur “Pin Video” untuk tetap menyorot peserta tertentu secara permanen.

9. Menggunakan Fitur Green Screen

Jika Anda ingin menambahkan latar belakang yang menarik saat menyorot peserta, Anda dapat menggunakan fitur “Green Screen” di Zoom. Anda perlu mengaktifkan opsi ini dalam pengaturan Zoom dan menggunakan layar hijau saat mengambil gambar video Anda.

Pos Terkait:  Video Telegram Tidak Tersimpan di File Manager: Penyebab dan Solusinya

Summary: Aktifkan fitur “Green Screen” untuk menambahkan latar belakang menarik saat menyorot peserta.

10. Menavigasi Antara Penyorotan

Jika Anda telah menyorot beberapa peserta dan ingin berpindah antara mereka, Anda dapat menggunakan tombol Panah Kiri atau Kanan di panel navigasi Zoom. Ini akan memindahkan penyorotan dari satu peserta ke peserta lainnya.

Summary: Gunakan tombol Panah Kiri atau Kanan di panel navigasi Zoom untuk berpindah antara peserta yang disorot.

Secara keseluruhan, menyorot lebih dari satu peserta dalam Zoom dapat meningkatkan pengalaman konferensi video Anda. Dengan mengikuti panduan lengkap di atas, Anda akan dapat menguasai fitur Spotlight dengan mudah dan efektif. Jangan ragu untuk mencoba berbagai fitur dan opsi yang tersedia untuk menyesuaikan penyorotan sesuai kebutuhan Anda. Semoga panduan ini bermanfaat dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas pertemuan Anda di Zoom!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close