cara mengunci rumus di excel
cara mengunci rumus di excel

Cara Mengunci Rumus di Excel: Cell, Sheet dan Kolom

Posted on

Cara mengunci rumus di Excel – Pengguna Microsoft Excel semakin hari kian banyak orang yang menggunakan untuk berbagai keperluan.

Micorosft Excel yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1985 hingga sampai saat ini masih eksis di dunia perkantoran.

Seperti tidak lekang oleh waktu, namun ternyata masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara mengoperasikan Excel tersebut.

Pasalnya, beberapa pengguna bingung bagaimana cara kunci rumus excel agar tidak berpindah atau bergeser.

Anda tidak perlu khawatir, sebab jcinema2018.id akan mengupas tuntas terkait permasalahan tersebut. Jadi simak sampai akhir ya!

Bagaimana Cara Mengunci Rumus Excel

Bagaimana Cara Mengunci Rumus Excel
Bagaimana Cara Mengunci Rumus Excel

Bagi pemula tentu hal ini sangat membingungkan ketika baru pertama kali menggunakan aplikasi Microsoft Excel tersebut.

Pasalnya, Microsoft Excel hanya bisa di operasionalkan menggunakan sistem operasi Mac OS atau Macintosh.

Jadi dipastikan Anda harus mempunyai Laptop atau PC terlebih dahulu ketika ingin belajar Excel sampai mahir.

Untuk saat ini Excel tidak support dijalankan melalui Smartphone Android maupun iOS.

Oleh sebab itu, tidak heran kalau banyak pengguna yang tidak bisa mengunci rumus excel dengan baik.

Tenang, Anda tidak perlu bingung. Berikut ini sudah kami sajikan untuk Anda yang ingin mengunci rumus di excel dengan cepat.

Cara Mengunci Rumus di Excel Pasti Berhasil

cara mengunci rumus di excel dengan f4

Ketika Anda memasukkan sebuah rumus di kolom excel, agar rumus tersebut tidak bergeser ketika di tarik yaitu harus menguncinya terlebih dahulu.

Pos Terkait:  Lapor Masalah Masuk Facebook: Dibobol, Terkunci

Ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk kunci rumus pada excel. Namun, itu semua juga tergantung fungsi dan kebutuhan rumus tersebut.

Berikut ini beberapa tutorial untuk mengunci rumus di excel yang bisa digunakan:

Cara Mengunci Rumus di Excel dengan F4

Cara mengunci sheet excel yang pertama yaitu bisa menggunakan bantuan tombol keyboard F4. Mengunci rumus excel dengan menekan tombol F4 pada keyboard bisa dilakukan pada perangkat Laptop maupun PC. Adapun berikut penjelasannya:

1. Pilih Cell di Excel

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengunci rumus yaitu dengan memilih dan memblok cell atau kolom yang ingin di kunci.

2. Tekan Tombol Keyboard F4

Setelah Anda memilih kolom maupun sheet yang akan dikunci, langkah selanjutnya yaitu menekan tombol F4 pada keyboard laptop atau komputer.

3. Rumus Akan Terkunci

Otomatis setelah Anda memblok cell yang dipilih dan menekan F4 rumus akan terkunci. Akan ada tanda dollar $ ketika kunci rumus sudah diaktfikan.

Namun menekan F4 tidak hanya asal menekan saja. Ada beberapa ketukan yang menandai untuk mengunci masing-masing formula.

Berikut penjelasannya:

  1. Mengetuk F4 sekali berarti mengunci baris dan kolom.
  2. Mengetuk F4 dua kali berarti mengunci baris nya saja.
  3. Mengetuk F4 tigal kali berarti mengunci kolomnya saja.

Silahkan tekan FN + F4 jika menekan F4 saja tidak berhasil mengunci karena memang ada beberapa laptop yang sistem operasinya berbeda.

Cara mengunci kolom excel agar tidak bergeser menggunakan tombol F4 masih efektif digunakan pada operasi sistem Windows 7.

Cara Mengunci Rumus Excel Selain F4

Menggunakan tombol F4 pada keyboard untuk mengunci rumus di excel merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Namun bagaimana jika tombol keyboard F4 tidak bisa digunakan karena rusak?

Tenang, jika tombol F4 tidak berfungsi untuk mengunci rumus pada excel. Ada alternatif lain untuk cara mengunci excel tanpa menggunakan tombol F4.

Pos Terkait:  Link Google Drive tidak bisa diakses? Begini cara bukanya!

Cara mengunci rumus excel selain F4:

1. Buka File Excel

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuka aplikasi Microsoft Excel pada perangkat laptop maupun PC.

2. Blok Rumus di Excel

Setelah itu silahkan memblok kolom maupun cell yang ingin dikunci dengan menekan tombol Ctrl+A.

3. Pilih Format Cells

Jika Anda sudah memblok cell atau sheet yang akan dikunci, klik kanan dan pilih Format Cells.

4. Pilih menu Tab Protectio

Langkah selanjutnya yaitu menghilangkan tanda centang dengan menekan menu Protection, lalu klik OK.

5. Pilih menu Find & Select

Pada menu Beranda atau Home silahkan pergi ke menu Find & Select > Go To Special. (Menu tersebut terletak pada pojok kanan layar laptop gambar teropong).

6. Pilih menu Formulas

Kemudian pilih menu Formulas dan klik OK. Secara otomatis semua cell yang mengandung rumus akan terpilih.

7. Pilih Format Cells

Lalu pilih format cells dengan meng-klik kanan pada cell yang sudah terpilih. Kemudian pilih menu Protection dan centang semua pada menu Locked. Tidak lupa centang pada bagian Hidden jika Anda ingin menyembunyikan rumus dan terakhir klik OK.

8. Review Cell Yang Dikunci

Setelah memilih format diatas, Anda tinggal mereview apakah semua kolom atau cell yang terpilih sudah benar. Jika sudah klik Protect Sheet dan masukkan password yang Anda inginkan. Pastikan ketika mengunci seluruh rumus aktifkan dengan cara centang menu Protect Worksheet and Contens Of Loocked Cells agar bisa bekerja dengan baik.

9. Masukkan Password

Terakhir, masukkan ulang Password yang telah dibuat guna untuk memverifikasi bahwa memang benar Anda yang melakukan request mengunci di excel. Tekan OK jika sudah.

Cara Mengunci Cell di Excel Agar Tidak Bergeser

Bagi Anda yang sudah membuat rumus di excel dan ingin mengcopy rumus tersebut agar tidak mengulangi secara manual biasa dengan cara menarik kolom dari atas kebawah.

Pos Terkait:  Cara Baca AU di Twitter: Apa itu? Bikin Heboh!

Namun, mengapa hasilnya bisa berbeda dan bahkan rumus bisa bergeser dengan sendirinya. Nah, solusi yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengunci cell pada excel agar tidak bergeser.

Berikut cara mengunci cell di excel agar tidak bergeser:

  • Buka aplikasi Microsoft Excel di laptop amupun komputer.
  • Seleksi cell yang akan dikunci dengan memblok kolom cell tersebut.
  • Lalu pilih menu box Format Celll dengan cara tekan tombol Ctrl+Shift+F atau CTRL+1 secara bersamaan.
  • Selanjutnya pilih menu Protection dan centang pada menu Lock yang sudah tersedia.
  • Terakhir silahkan klik OK untuk mengunci rumus di excel pada cell yang dipilih.

Dengan begitu ketika Anda ingin mengcopy rumus dengan cara menarik ke atas maupun menyamping rumus tidak akan bisa bergerak dengan sendirinya.

Baca Juga : Cara Menambahkan Tanda Petik di Excel

Cara Membuka Proteksi pada Rumus Excel

Jika Anda mempunyai file excel yang telah dikunci oleh pemiliknya sehingga tidak bisa untuk dibuka tanpa mengetahui passwordnya. Bisa menggunakan metode yang kami berikan dibawah ini.

  1. Pertama buka file excel yang ingin dihilangkan proteksinya.
  2. Pilih menu Review dan pilih menu Unprotect Sheet.
  3. Hapus tanda centang pada menu Locked dan pada menu Hidden.
  4. Silahkan klik OK atau Next untuk membuka kunci di Excel.

Kesimpulan:

Dari penjelasan yang sudah dipaparkan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara mengunci rumus excel $ sebenarnya sangatlah mduah.

Anda tinggal memilih mau menggunakan metode mana yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhan rumus.

Demikian informasi pada artikel cara mengunci rumus di excel yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba!

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *