Cara Mengedit Suara Rekaman Menjadi Jernih di Android

Cara Mengedit Suara Rekaman Menjadi Jernih di Android
Cara Mengedit Suara Rekaman Menjadi Jernih di Android

Banyak pengguna saat ini mencari cara mengedit suara rekaman menjadi jernih di Android ketika mau mengupload hasil rekaman mereka.

Siapa yang tidak ingin mempunyai suara merdu? Pasti hampir semua orang menginginkannya.

Namun, tidak semua orang bisa memiliki suara merdu. Mempunyai suara merdu bisa dilakukan karena hasil kerja keras dan berlatih kepada orang yang tepat.

Buat Anda yang ingin mempunyai suara merdu namun tidak ada pelatih yang membimbing vokal bisa mengedit suara menjadi merdu.

Pernah lihat seseorang mempunyai rekaman suara sangat merdu padahal Anda tahu suara aslinya tidak semerdu pada rekaman?

Jika benar berbeda maka dia telah mengedit suaranya menjadi merdu melalui beberapa tahapan.

Lantas, bagaimana cara mengedit suara rekaman agar merdu dan jernih?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai edit suara rekaman, mari simak beberapa alasan mengedit suara berikut ini.

Alasan Mengedit Suara Rekaman Menjadi Jernih

Banyak sekali orang yang mengeluarkan single lagu di dalam rekaman mereka.

Namun ketika saat onn air penyanyi tersebut enggan membawakan lagu dengan suara asli. Alhasil lagu yang dibawanya hasil rekaman yang telah dibuatnya

Hasilnya pun sangat berbeda, pasti akan lebih bagus dan lebih jernih dari suara asli.

Oleh karena itu, banyak sekali penyanyi disaat mereka manggung, enggan untuk membawakan lagu dengan suara asli melainkan dengan suara lipsync.

Pos Terkait:  Cara Isi Ulang Brizzi via ATM BCA

Adapun para penyanyi melakukan lipsync tentu mempunyai alasan tersendiri. Apa alasannya? Mari simak beberapa alasan mengedit rekaman suara berikut ini.

1. Bahan Ketika On Air Manggung

Alasan pertama bagi para penyanyi untuk mengedit suara rekaman menjadi jernih yaitu sebagai bahan ketika dia manggung.

Sebagai seorang penyanyi tentu mempunyai jadwal-jadwal mereka harus menyumbangkan sebuah lagu di berbagai acara.

Mereka juga tidak tahu apakah hari tersebut dalam keadaan prima atau tidak.

Oleh karena itu, untuk jaga-jaga ketika badan kurang sehat mereka menggunakan rekaman suara yang telah di edit untuk manggung di acara.

Hal itu sering dilakukan bagi seorang penyanyi agar terlihat lebih professional meski badan kurang sehat tetap performance dengan maksimal.

2. Keadaan Suara Tidak Stabil

Alasan kedua penyanyi membuat rekaman lagu bertujuan untuk menjaga-jaga sewaktu-waktu ketika manggung tiba-tiba suara tidak stabil bisa menggunakan rekeman suara yang telah di edit sebelumnya.

Jadi langsung melakukan pergantian dari suara asli ke lipsync dengan rekaman suara yang telah di edit sebelum manggung.

3. Membangun Percaya Diri

Alasan yang ketika seorang penyanyi edit suara rekaman mereka yaitu ingin membangun rasa percaya diri. Biasanya ketika seorang penyanyi manggung dan membawa lagu hasil dari rekaman suara, dia kurang PD dan merasa minder dengan suara asli.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan rasa minder mereka mengedit suara rekaman menjadi jernih. Alasan yang terakhir ini biasanya dipakai seorang penyanyi pemula yang baru saja manggung di suatu tempat.

Cara Mengedit Suara Rekaman Menjadi Jernih di Android

Setelah kita melihat beberapa alasan seorang penyanyi ingin mengedit rekaman suara agar lebih bagus. Saatnya kita membahas bagaimana cara edit rekaman suara menjadi jernih. Berikut cara mengedit suara rekaman video menjadi jernih di Android:

Pos Terkait:  Cara Membuka Wifi yang diblokir Tanpa Aplikasi

1. Menggunakan Aplikasi Edit Suara Audio MP3

aplikasi edit rekaman suara
aplikasi edit rekaman suara

Cara mengedit suara rekaman yang pertama yaitu menggunakan aplikasi edit rekaman suara audio mp3. Audio mp3 merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memotong ringtone atau cuplikan lagu sehingga bisa menggabungkan beberapa audio menjadi mix.

Aplikasi editing suara ini juga bisa mengubah metadata seperti art cover, music dan nama album sekaligus. Audio mp3 merupakan aplikasi yang cukup lengkap untuk mengedit suara rekaman menjadi lebih jernih.

Aplikasi edit suara androidini bisa mengkoversikan format pada semua audio yang Anda miliki berekstensi apapun. Jadi Anda tidak usah khawatir untuk mengubah jenis-jenis formatnya.

2. Menggunakan Aplikasi Voice Changer

aplikasi edit suara di hp
aplikasi edit suara di hp

Aplikasi edit suara di Hp berikutnya menggunakan aplikasi voice Changer. Aplikasi voice changer dibuat khusus untuk Anda yang ingin mengubah suara menjadi sedikit berbeda.

Voice Changer bisa menghasilkan suara rekaman Anda menjadi lucu dan menyeramkan. Buat Anda yang ingin mengedit rekaman suara yang happy atau untuk bersenang-senang bisa menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore maupun Appstore secara gratis dan tentunya bisa digunakan Hp kesayangan Anda. Tidak usah khawatir dengan ruang penyimpanan yang dibutuhkan untuk mengunduh aplikasi ini. Sebab, ukuran file hanya 7,6 MB saja serta bisa dioperakan di android minim versi 4.0.

3. Menggunakan Aplikasi Dolby On

aplikasi untuk mengedit suara
aplikasi untuk mengedit suara

Aplikasi untuk mengedit suara berikutnya yaitu bernama dolby on. Aplikasi dolby on bisa menghasilkan suara yang merdu dan sangat jernih.

Pos Terkait:  Cara Download Video dari Bstation ke Galeri dengan Mudah

Dengan menggunakan aplikasi dolby on ternyata Anda sudah tidak memerlukan mic eksternal lagi, karena hasil dari rekaman suara melalui aplikasi ini sangat bagus.

Apalagi Anda bisa menyesuaikan sendiri kualitas audio yang diinginkan entah seperti gaya stereo, dynamic, bass dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara untuk memakai aplikasi ini. Berikut aplikasi edit suara video jadi merdu:

  • Pertama silahkan buka PlayStore dan cari aplikasi bernama Dolby On.
  • Unduh dan Install aplikasi edit suara Dolby On.
  • Buka aplikasinya dan pilih menu perekam audio.
  • Tahan sampai perekaman selesai.
  • Silahkan klik Selesai jika sudah melakukan perekaman.
  • Pilih titik tiga disamping file jika Anda ingin mengedit rekaman suara.
  • Lalu sesuaikan audio dengan rekaman yang telah dibuat.
  • Simpan hasil rekaman dan editan di memori Hp.
  • Cara mengedit rekaman suara dengan aplikasi Dolby On selesai.

Aplikasi Dolby On berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini menghasilkan suara yang kencang dan jelas.

Oleh karena itu, banyak sekali pengguna yang ingin mengedit rekaman suara menggunakan aplikasi Dolby On. Jadi Anda tidak perlu menggunakan mic eksternal lagi.

Buat Anda yang bingung untuk memilah suara asli dan suara audio, bisa menggunakan cara menghilangkan suara di video yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas bisa kita simpulkan bahwa cara mengedit suara rekaman sebenarnya sangatlah mudah, Anda hanya perlu memilih mau pake aplikasi perekam suara mana yang sudah dijelaskan diatas.

Cara mengedit suara rekaman menjadi jernih di android bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi voice changer dan dolby on. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close