Khasiat Dan Manfaat Lemon Yang Perlu di Ketahui

Makanan merupakan bagian penting yang harus dapat dipenuhi dengan baik oleh setiap individu manusia. Melalui konsumsi makanan tersebut, tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang baik dalam menjaga fungsi dari setiap organ pada tubuh manusia. Makanan yang dikonsunsi memiliki kandungan nutrisi dan senyawa di dalamnya sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Selain dampak positif, ternyata ada juga makanan yang menimbulkan efek samping bagi tubuh terutama untuk kondisi tertentu dan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut. Dalam menyiapkan menu makanan yang dikonsumsi secara sehat, ada beberapa jenis menu makanan yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin guna memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin dan mineral bagi tubuh.

khasiat dan manfaat lemon
khasiat dan manfaat lemon

Salah satu jenis buah yang ternyata sudah dikenal sejak lama dapat membantu memberikan manfaat yang lebih bagi tubuh yakni lemon. Buah yang masuk sebagai salah satu kerabat dari jeruk tersebut dipercaya sejak lama bukan hanya sebagai pemberi rasa asam dalam makanan atau diolah menjadi minuman segar namun dapat memberkan dampak positif bagi tubuh.

Beberapa khasiat dan manfaat lemon akan dijelaskan secara terperinci dalam artikel di bawah ini.

Baca juga:  Cara cepat hamil lengkap

Kandungan Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang memiliki nama ilmiah citrus lemon merupakan jenis citrus yang populer belakangan ini karena digunakan sebagai bahan infused water. Manfaat dari lemon dapat diperoleh karena adanya kandungan senyawa yang terdapat di dalam buah dari tanaman jeruk tersebut. Sama halnya dengan bahan alami lain, lemon tentu mengandung nutrisi dan senyawa aktif di dalamnya..

Beberapa kandungan dari lemon yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh selain yang utama yakni vitamin C sebagai vitamin melimpah pada hampir semua jenis jeruk. Kandungan nutrisi umum yang terdapat di dalam buah lemon diantaranya seperti vitamin B1, mineral kalsium, fosfor, zat besi, asam askorbat, protein, lemak, karbohidrat, dan air tentunya dengan rasa asam.

Senyawa lain yang juga terdapat di dalam buah lemon daitaranya seperti asam sitrat, hesperidin, diosmin, eriocitrin, dan d-lemonane. Kesemua bahan atau senyawa kimia yang disebutkan diatas tersebut tentunya memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh  yang terjaga dengan baik dan berbagai macam manfaat lainnya.

Simak: berbagai cara menghilangkan jerawat

Jenis Lemon

Jika kita melihat di pasaran, ada beberapa jenis lemon yang berbeda satu sama lain seperti banyaknya varian dari buah jeruk. Setiap jenis lemon tersebut tentu memiliki keunikan masing masing yang berbeda beda.

Untuk lebih jelas terkait dengan jenis dari buah lemon, berikut beberapa penjelasan beberapa varian lemon baik yang sudah kita ketahui maupnu yang belum sama sekali.

1. Lemon import Australia

Jenis lemon unggulan yang paling banyak diketahui dan populer dimasyarakat adalah lemon import Australia. Jenis lemon yang memiliki rasa masam masam segar dan kulit harum tersebut memiliki ukuran yang besar.

Warna dari lemon import Australia tersebut adalah kuning mengkilat yang sangat menarik mata.

2. Lemon Import Amerika

Varian lemon unggulan lain yang dapat dijumpai di pasaran Indonesia adalah lemon import Amerika. Jenis lemon import tersebut memiliki bentuk besar dan warna mengkilap yang menyerupai jenis lemon import Australia.

Yang membedakan, wangi dari lemon import Amerika masih kurang tajam dibanding lemon Australia.

3. Lemon Lokal

Pilihan lemon selanjutnya yang memiliki harga lebih murah adalah lemon lokal dimana jenis tersebut ditanam di pertanian lokal Indonesia. Lemon lokal ini memiliki rasa yang lebih asam dan bentuknya terlihat kurang menarik.

Ukuran lemon lokal ini sangat beragam dari yang besar hingga lebih kecil dari lemon Import. Lemon lokal lebih memiliki warna hijau tidak sama seperti lemon import yang berwarna kuning.

Manfaat Lemon

Dengan kandungan yang disebutkan diatas, ada manfaat positif yang dapat diperoleh dari buah lemon untuk kesehatan tubuh.

Beberapa khasiat dan manfaat lemon yang positif untuk kesehatan tersebut diantaranya dijelaskan dalam beberapa uraian di bawah ini.

1. Manfaat lemon untuk wajah

Khasiat dan manfaat lemon yang pertama adalah untuk wajah dimana lemon dapat membantu mengatasi masalah jerawat.

Beberapa manfaat lain selain mengatasi jerawat dari buah lemon di antaranya seperti menjadikan kulit wajah lebih tampak cerah, menghilangkan komedo, serta dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah alami.

2. Manfaat air lemon

Air lemon merupakan air yang dihasilkan dari perasan buah lemon. Air lemon memiliki manfaat yang positif untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat air lemon untuk tubuh diantaranya seperti mengontrol berat badan, menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung, membantu proses detoksifikasi pada tubuh, mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah, mencerahkan muda, hingga membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker.

3. Manfaat lemon untuk diet

Lemon kerap dimanfaatkan sebagai salah satu menu tambahan dalam proses penurunan berat badan atau diet.

Penggunaan air lemon sebagai menu diet akan membantu mempercepat proses pembakaran lemak yang terdapat di dalam tubuh sehingga berat badan ideal akan lebih cepat diperoleh.

4. Manfaat lemon dan madu

Bahan tambahan yang kerap dikombinasi dengan lemon adalah madu dimana ada rasa manis madu yang dapat menutup rasa asam begitu juga sebaliknya.

Manfaat lemon dan madu dapat membantu dalam memperlancar saluran pencernaan tubuh, melancarkan saluran kemih, hingga membantu dalam proses detox.

5. Manfaat lemon tea

Lemon tea merupakan perpaduan yang kuat dan menjadi salah satu jenis minuman paling populer sejak dulu.

Ternyata ada manfaat positif yang dapat diperoleh dari konsumsi lemon tea tersebut diantaranya seperti mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, detoksifikasi, obat flu alami, membantu meningkatkan aktivitas insulin untuk menjaga kadar gula darah, serta membantu mencegah terjadinya kanker.

6. Manfaat sari lemon

Sari lemon merupakan jenis olahan dari buah lemon yang dapat dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Ada beberapa manfaat positif yang dapat diperoleh dari sari lemon diantaranya seperti membantu menyehatkan perut, menjaga dan merawat kulit, wajah, dan rambut. Menyembuhkan masalah pada saluran pernafasan, hingga dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

7. Manfaat lemon untuk rambut

Seperti yang dijelaskan sekilas diatas, ada manfaat positif yang dapat diperoleh dari air lemon untuk rambut.

Beberapa manfaat positif dari air lemon untuk rambut tersebut diantaranya seperti menjadkan rambut lebih tampak berisi dan mengembang, mengatasi ketombe pada kulit kepala, membantu pertumbuhan rambut baru.

8. Manfaat kulit lemon

Bukan hanya air lemon saja yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat kulit lemon diantaranya seperti membantu dalam mengatasi permasalahan jerawat di wajah, mencerahkan warna kulit, hingga membantu mencegah terjadinya resiko kanker kulit.

9. Manfaat minum air lemon sebelum tidur

Manfaat minum air lemon sebelum tidur yang utama adalah membantu dalam menurunkan berat badan maupun menjaga berat badan tetap ideal.

Selain manfaat tersebut, dampak positif lain diantaranya seperti membantu proses detox tubuh, menjadikan kualitas tidur lebih baik, dan membuat tubuh lebih segar di pagi hari saat terbangun.

10. Manfaat jeruk lemon untuk sakit maag

Konsumsi lemon secara berlebihan dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian perut atau kondisi maag. Namun ternyata, ketika lemon dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berebihan dapat membantu mengatasi masalah sakit maag.

11. Manfaat lemon untuk kulit

Dampak positif dari air lemon untuk kecantikan dapat dimanfaatkan pada beberapa bagian tubuh termasuk kulit. Lemon membantu menjadikan kulit lebih cerah, mengatasi jerawat, mengatasi ketombe pada kulit kepala, menghaluskan kulit, serta membantu dalam mencegah terjadinya kanker kulit yang berbahaya.

Simak juga: berbagai manfaat daun sirsak

Cara Menggunakan Lemon

Untuk dapat memperoleh dampak positif dari buah lemon maka hal lain yang perlu diperhaitkan dengan baik adalah cara pengolahan lemon tersebut. Melalui pengolahan dan konsumsi yang benar dari buah lemon dapat membantu memberikan dampak positif yang maksimal bagi tubuh.

Beberapa cara pengolahan lemon untuk dapat dikonsumsi dan bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh diantaranay seperti di bawah ini.

1. Air lemon

Bentuk pemanfaatan atau cara menggunakan lemon yang pertama adalah air perasan lemon.

Air yang diperoleh dari perasan buah lemon tersebut selain dapat membantu menjadikan makanan berasa asam juga dapat digunakan secara langsung untuk mengatasi permasalahan pada rambut, kulit, dan wajah.

2. Infused water lemon

Selain perasan air dari buah lemon, pemanfaatan yang paling umum dan populer sekarang ini untuk buah lemon adalah infused water. Infused water merupakan air yang dibuat dengan cara merendam buah lemon dan bahan tambahan dengan air dan membiarkannya dalam waktu lama.

Air infus tersebut dapat dikonsumsi setiap harinya. Air infused water ini dipercaya dapat membantu memberikan manfaat yang positif terhadap tubuh termasuk membantu dalam proses diet penurunan berat badan.

Efek Samping Lemon

Meskipun ada banyak manfaat positif yang dapat membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh seperti dalam penjelasan diatas, konsumsi lemon haruslah dilakukan secara tepat dosisi, tepat cara pengolahan, dan tepat lainnya. Beberapa efek samping yang muncul kerap terjadi karena konsumsi lemon yang terlalu berlebihan.

Berikut beberapa efek samping yang dapat muncul dari buah lemon tersebut diantaranya seperti di bawah ini.

  1. Masalah pada perut seperti sakit atau nyeri dan GERD atau gastro esophageal reflux disease dan tukak lambung.
  2. Konsumsi berlebihan dari lemon juga dapat memicu tumbuhnya batu empedu karena kandungan kalsium yang tinggi dari buah lemon.
  3. Menyebabkan terjadinya akumulasi zat besi di dalam tubuh akibat tingginya penyerapan zat besi dalam sistem pencernaan yang dipengaruhi oleh vitamin C dari lemon.
  4. Efek diuretik dari asam askorbat dapat menyebabkan seseorang yang mengkonsumsi banyak lemon akan sering buang air kecil.
  5. Beberapa efek samping lainnya seperti migrain dan sakit kepala, kerusakan enamel gigi, kulit tersengat matahari, serta menjadikan rambut kasar dan rapuh.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat lemon untuk kesehatan tubuh secara umum. Manfaat dari lemon tersebut dapat dirasakan karena kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang terdapat di dalam buah lemon.

Selain memperhatikan manfaat berlimpah dari buah lemon, perhatikan juga beberapa efek samping yang dapat muncul ketika konsumsi dari lemon tidak diatur dengan baik.

Leave a Comment