Bagi seorang penjual mempromosikan produk dagangannya tentu dilakukan dengan cara-cara yang unik.
Setiap penjual mempunyai cara masing-masing agar produk yang dijual laku keras di pasaran.
Melihat kompetitor dengan mengetahui ER merupakan salah satu cara yang unik, namun tahukah Anda apa itu ER Instagram dan manfaatnya.
Apa Itu Engagement Rate Instagram
Instagram memang menjadi salah satu sosial media yang paling sering digunakan untuk berjualan.
Pasalnya sosial media satu ini memberikan banyak fitur dan fasilitas bagi penjual yang ingin mempromosikan produk mereka di Instagram.
Berbagai cara bisa dilakukan agar produk yang dijual laku keras di aplikasi Instagram.
Selain membuat kata-kata promosi yang mengesankan, pengguna juga bisa mengetahui leads penjualan dengan ER Instagram.
Berbicara mengenai ER Instagram apa sebenarnya arti dari ER di IG?
ER Instagram merupakan singkatan dari Engagement Rate yang berguna untuk melihat konversi sebuah produk yang dijual.
Selain itu ER IG juga bisa digunakan untuk melihat performa suatu konten atau postingan di Instagram.
Itu dia arti ER IG dari sudut penjual dengan begitu penjual bisa menganalisa produk apa yang paling laku di pasaran.
Namun bagi seorang Influencer, ER Instagram adalah alat untuk melihat kinerja dan performa sebuah akun berdasarkan jumlah like dan pengikut.
Nah sudah mengerti kan arti dari Engagement Rate Instagram dari penjelasan diatas tadi.
Lantas, apa sih manfaat yang didapatkan bagi penjual dengan fitur Engagement Rate untuk produk yang dijual di Instagram.
Manfaat ER Instagram
Bagi seorang penjual yang ingin berjualan di Instagram tentu harus mempunyai strategi-strategi yang jitu agar produk banyak pembeli.
Salah satunya dengan melihat Engagement Rate akun Instagram kita sendiri maupun kompetitor.
Adapun manfaatnya bagi penjual sebagai berikut:
1. Memantau Kinerja Kompetitor
Manfaat pertama bagi penjual yaitu bisa untuk melihat konversi penjualan yang dilakukan pada akun Instagram kompetitor.
Dengan begitu Anda bisa melihat produk apa yang paling laris terjual sehingga pengguna bisa meniru produk tersebut.
2. Melihat Permintaan Audiens
Selain bisa melihat produk kompetitor yang paling laris terjual di Instagram.
Pengguna juga bisa melihat apa saja permintaan pelanggan yang diinginkan melalui ER Instagram akun pesaing.
3. Menganalisa Produk yang Terjual
Selain dari 2 manfaat diatas, pengguna juga bisa untuk menganalisa produk mereka sendiri dengan melihat statistik penjualan.
Dengan begitu bisa lebih terarah apa yang dibutuhkan konsumen dan apa yang tidak dibutuhkan konsumen.
4. Mengetahui Gambaran Interaksi Audiens
Manfaat ER Instagram yang terakhir yaitu bisa untuk melihat interaksi yang dilakukan pengguna lain di Instagram Anda.
Dengan melihat interkasi seperti like komentar dan tayangan, pengguna bisa lebih memfilter akan menyajikan konten apa kedepannya.
Nah itulah beberapa manfaat Engagement Rate Instagram bagi seorang penjual untuk melihat data statistik dan performa penjualan.
Sangat menarik bukan, bagi penjual yang target pemasaran di Instagram bisa mencoba menggunakan ER tersebut.
Lantas bagaimana cara melihat dan penggunannya? Pengguna bisa melihat cara mengecek ER Instagram yang sudah dibahas sebelumnya.
Silahkan ikuti tutorial yang sudah dijelaskan dalam postingan tersebut.
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas bisa kita simpulkan bersama bahwa manfaat ER Instagram sangatlah penting.
Oleh karena itu, bagi penjual di Instagram wajib memakai fitur ER yang sudah dijelaskan diatas.
Apa itu ER Instagram dan manfaatnya diatas semoga bisa membuka pikiran teman-teman khususnya bagi penjual agar bisa laku keras produknya.