Perbedaan Tromol Beat FI dan Beat Lama

Posted on

Pengenalan

Honda Beat telah menjadi salah satu pilihan motor skutik terpopuler di Indonesia. Dalam perkembangannya, Honda terus melakukan inovasi dan perbaikan pada setiap generasi Beat. Salah satu perbedaan yang mencolok terdapat pada sistem pengereman, yaitu tromol Beat FI dan Beat lama. Artikel ini akan membahas perbedaan antara tromol Beat FI dan Beat lama secara lebih rinci dan komprehensif.

Tromol Beat FI

Tromol pada Honda Beat FI menggunakan teknologi terkini yang disebut dengan Combined Braking System (CBS). Sistem ini memungkinkan pengendara untuk menghentikan motor dengan lebih aman dan efektif.

1. Teknologi Combined Braking System (CBS)

Teknologi CBS pada tromol Beat FI memungkinkan pengendara untuk melakukan pengereman dengan lebih baik. Ketika pengendara menginjak rem depan dengan kuat, sistem CBS secara otomatis akan membagi tenaga pengereman ke roda belakang. Hal ini mengurangi risiko terjadinya penguncian roda belakang dan meningkatkan stabilitas saat pengereman.

Pos Terkait:  Perbedaan Innisfree No Sebum Mineral Powder dan Pact

2. Emergency Stop Signal (ESS)

Tromol Beat FI juga dilengkapi dengan fitur Emergency Stop Signal (ESS) yang memberikan peringatan visual saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Fitur ini akan secara otomatis menyalakan lampu hazard untuk memberikan peringatan kepada pengendara di belakang agar lebih waspada.

3. Sistem Pengereman Cakram pada Roda Depan

Selain menggunakan tromol, tromol Beat FI juga menggunakan sistem pengereman cakram pada roda depan. Hal ini memberikan keunggulan dalam hal daya cengkeram yang lebih baik, sehingga pengendara dapat melakukan pengereman dengan lebih responsif dan efektif.

Tromol Beat FI dengan fitur CBS dan ESS serta sistem pengereman cakram pada roda depan memberikan pengendara keuntungan dalam hal keamanan dan performa pengereman yang optimal.

Tromol Beat Lama

Tromol pada Honda Beat lama masih menggunakan sistem pengereman konvensional dengan tromol di kedua roda.

1. Sistem Pengereman dengan Tromol

Pada Beat lama, sistem pengereman masih mengandalkan tromol di kedua roda. Tromol merupakan sistem pengereman yang lebih sederhana dan umum digunakan pada sepeda motor.

2. Harga Suku Cadang yang Terjangkau

Kelebihan dari tromol Beat lama adalah harga suku cadang yang lebih terjangkau dibandingkan dengan sistem pengereman cakram pada Beat FI. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi pengendara yang mengutamakan biaya pemeliharaan yang lebih ekonomis.

Pos Terkait:  Apakah Parfum Jo Malone Tahan Lama?

3. Keterbatasan Fitur Tambahan

Tromol pada Beat lama tidak dilengkapi dengan fitur CBS maupun ESS seperti pada Beat FI. Hal ini membuat pengereman pada Beat lama sedikit kurang optimal dibandingkan dengan Beat FI. Pengendara harus lebih berhati-hati dalam melakukan pengereman agar tidak terjadi penguncian roda belakang atau kehilangan daya cengkeram yang cukup saat melakukan pengereman mendadak.

Meskipun Beat lama memiliki keterbatasan dalam hal sistem pengereman dan fitur tambahan, tetapi masih menjadi pilihan yang baik bagi pengendara yang mencari harga suku cadang yang lebih terjangkau.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, perbedaan antara tromol Beat FI dan Beat lama terletak pada sistem pengereman yang digunakan. Beat FI menggunakan teknologi terkini dengan sistem pengereman cakram pada roda depan, CBS, dan ESS. Sedangkan Beat lama masih menggunakan tromol di kedua roda tanpa fitur-fitur tambahan tersebut.

Pemilihan antara Beat FI dan Beat lama tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing pengendara. Jika Anda mengutamakan keamanan dan performa pengereman yang optimal, Beat FI adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda mencari harga suku cadang yang lebih terjangkau, Beat lama masih menjadi pilihan yang baik.

Pos Terkait:  Perbedaan Skin Aqua SPF 50 Biru dan Putih

Demikianlah perbedaan tromol Beat FI dan Beat lama secara lebih rinci dan komprehensif. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam memilih Honda Beat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *