Mengenal Yamaha Vixion
Yamaha Vixion adalah salah satu motor sport yang telah lama dikenal dan populer di Indonesia. Dikenal dengan desain yang sporty dan performa yang handal, Vixion telah mengalami beberapa perubahan dan penyempurnaan dari waktu ke waktu. Dalam beberapa tahun terakhir, Yamaha telah menghadirkan beberapa varian Vixion, termasuk Old Vixion dan New Vixion. Salah satu perbedaan utama antara kedua varian ini terletak pada sistem suspensi belakang atau shock belakang. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lebih mendalam mengenai perbedaan shock belakang Old Vixion dan New Vixion.
Shock Belakang Old Vixion
Old Vixion menggunakan sistem suspensi belakang dengan teknologi monoshock. Monoshock adalah sistem suspensi tunggal yang terletak di bagian belakang motor. Keuntungan menggunakan monoshock adalah memberikan stabilitas dan kenyamanan dalam berkendara. Dengan adanya teknologi monoshock, Old Vixion mampu menyerap guncangan saat melintasi jalan yang tidak rata atau berlubang dengan baik.
Sistem suspensi monoshock pada Old Vixion juga dilengkapi dengan fitur pengaturan preload. Preload adalah kemampuan untuk mengatur tingkat kekencangan shock belakang. Dengan adanya pengaturan preload, pengendara dapat menyesuaikan kekerasan suspensi belakang sesuai dengan preferensi mereka dan kondisi jalan yang dihadapi. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk mendapatkan kenyamanan dan performa yang diinginkan saat berkendara.
Kelebihan Shock Belakang Old Vixion
Shock belakang pada Old Vixion memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya tetap menjadi pilihan yang baik bagi sebagian pengendara. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh shock belakang Old Vixion:
- Stabilitas: Sistem monoshock pada Old Vixion memberikan stabilitas ekstra saat berkendara. Hal ini membuat pengendara merasa lebih aman dan nyaman dalam menghadapi berbagai kondisi jalan.
- Responsif: Shock belakang Old Vixion memiliki respons yang baik terhadap perubahan permukaan jalan. Hal ini memungkinkan pengendara untuk lebih mudah mengendalikan motor dan mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan.
- Pengaturan Preload: Fitur pengaturan preload pada shock belakang Old Vixion memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan kekerasan suspensi belakang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Dengan adanya fitur ini, pengendara dapat mengoptimalkan kenyamanan dan performa motor sesuai dengan kondisi jalan yang dihadapi.
Kekurangan Shock Belakang Old Vixion
Meskipun memiliki beberapa kelebihan, shock belakang Old Vixion juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh pengendara. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh shock belakang Old Vixion:
- Kemampuan Absorpsi: Meskipun mampu menyerap guncangan dengan baik, shock belakang Old Vixion mungkin tidak seefektif shock belakang yang lebih canggih. Ketika melintasi jalan yang sangat tidak rata atau berlubang, pengendara mungkin merasakan sedikit ketidaknyamanan.
- Keterbatasan Fitur: Shock belakang Old Vixion mungkin tidak dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti fitur suspensi elektronik yang tersedia pada motor-motor terbaru. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi mereka yang menginginkan fitur-fitur modern pada motor mereka.
Shock Belakang New Vixion
Yamaha terus melakukan inovasi untuk meningkatkan performa dan kenyamanan motor Vixion. Inovasi tersebut menghasilkan New Vixion dengan sistem suspensi belakang yang lebih canggih. New Vixion menggunakan sistem suspensi belakang berjenis linked type monocross.
Linked type monocross adalah sistem suspensi belakang yang menggunakan dua shock absorber yang terhubung dengan tujuan memberikan stabilitas dan kenyamanan lebih baik kepada pengendara. Dengan menggunakan linked type monocross, New Vixion mampu mengurangi getaran yang dirasakan pengendara saat melintasi jalan yang tidak rata atau berlubang.
Sistem suspensi linked type monocross pada New Vixion juga memberikan respons yang lebih baik saat melakukan pengereman. Hal ini membantu pengendara untuk lebih mudah mengendalikan motor dan meningkatkan keselamatan dalam berkendara.
Kelebihan Shock Belakang New Vixion
Shock belakang pada New Vixion memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi sebagian pengendara. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh shock belakang New Vixion:
- Stabilitas dan Kenyamanan: Sistem suspensi linked type monocross pada New Vixion memberikan stabilitas dan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan dengan sistem monoshock. Pengendara akan merasa lebih stabil dan nyaman saat berkendara, terutama saat melewati jalan yang tidak rata atau berlubang.
- Responsif dan Mudah Dikendalikan: Shock belakang New Vixion memiliki respons yang lebih baik terhadap perubahan permukaan jalan. Hal ini membuat motor lebih mudah dikendalikan dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.
- Fitur Pengaturan Preload: Seperti halnya shock belakang Old Vixion, New Vixion juga dilengkapi dengan fitur pengaturan preload. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan tingkat kekencangan suspensi belakang sesuai dengan beban atau kondisi jalan yang dihadapi.
Kekurangan Shock Belakang New Vixion
Tentu saja, seperti halnya setiap sistem suspensi, shock belakang pada New Vixion juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh shock belakang New Vixion:
- Biaya Perawatan: Shock belakang New Vixion yang lebih canggih mungkin memerlukan biaya perawatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan shock belakang yang lebih sederhana. Pengendara perlu mempertimbangkan biaya perawatan ini sebelum memutuskan untuk membeli motor dengan sistem suspensi yang lebih canggih.
- Keterbatasan Pada Fitur Lain: Meskipun sistem suspensi linked type monocross pada New Vixion telah memberikan performa yang baik, motor ini mungkin tidak dilengkapi dengan fitur-fitur canggih lainnya seperti fitur suspensi elektronik. Pengendara yang menginginkan fitur-fitur modern mungkin perlu mempertimbangkan hal ini sebelum membeli New Vixion.
Kesimpulan
Dalam hal sistem suspensi belakang, terdapat perbedaan yang signifikan antara Old Vixion dan New Vixion. Old Vixion menggunakan sistem monoshock sederhana yang telah terbukti memberikan stabilitas dan kenyamanan yang baik. Di sisi lain, New Vixion menggunakan sistem linked type monocross yang lebih canggih, memberikan stabilitas, kenyamanan, dan respons yang lebih baik.
Bagi pengendara yang mengutamakan kenyamanan, stabilitas, dan performa yang lebih baik, New Vixion dengan shock belakang linked type monocross menjadi pilihan yang lebih direkomendasikan. Namun, pemilihan antara Old Vixion dan New Vixion tetaplah menjadi preferensi masing-masing pengendara, tergantung pada kebutuhan dan preferensi mereka. Penting bagi pengendara untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti kondisi jalan yang sering dihadapi, gaya berkendara, dan anggaran perawatan sebelum memutuskan antara Old Vixion atau New Vixion.
Perbedaan dalam Performa
Performa motor dapat dipengaruhi oleh sistem suspensi belakang yang digunakan. Dalam hal ini, New Vixion dengan shock belakang linked type monocross memiliki keunggulan dalam hal performa dibandingkan dengan Old Vixion. Sistem suspensi linked type monocross memberikan stabilitas ekstra saat berkendara, terutama saat melintasi jalan yang bergelombang atau berlubang. Pengendara akan merasa lebih aman dan nyaman saat melaju dengan kecepatan tinggi maupun pada tikungan yang tajam.
Selain itu, responsifitas shock belakang linked type monocross pada New Vixion juga memberikan keunggulan dalam pengendalian motor. Pengendara akan merasakan kelincahan dan kemudahan dalam mengendalikan motor, terutama saat bermanuver di jalanan yang padat atau saat melakukan pengereman mendadak.
Perbedaan dalam Kenyamanan
Kenyamanan saat berkendara adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih motor. Shock belakang linked type monocross pada New Vixion memberikan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan dengan monoshock pada Old Vixion. Sistem suspensi linked type monocross mampu meredam guncangan dan getaran yang dirasakan pengendara saat melintasi jalan yang tidak rata atau berlubang.
Dengan kenyamanan yang lebih baik, pengendara akan merasa lebih segar dan tidak mudah lelah saat berkendara dalam jarak yang lebih jauh. Selain itu, kenyamanan yang diberikan oleh sistem suspensi linked type monocross juga dapat mengurangi risiko cedera atau pegal-pegal pada tubuh pengendara akibat guncangan yang terjadi saat berkendara.
Perbedaan dalam Kualitas Suspensi
Kualitas suspensi belakang juga merupakan faktor yang penting untuk dipertimbangkan. Shock belakang linked type monocross pada New Vixion menunjukkan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan monoshock pada Old Vixion. Dengan menggunakan dua shock absorber yang terhubung, sistem suspensi linked type monocross memberikan stabilitas dan kekencangan yang optimal.
Suspensi belakang yang baik akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan stabil, terutama saat melintasi jalan yang tidak rata atau berlubang. Dengan kualitas suspensi yang baik, pengendara tidak perlu khawatir tentang ketidaknyamanan atau kerusakan pada komponen motor akibat guncangan yang terjadi saat berkendara.
Perbedaan dalam Biaya Perawatan
Saat memilih motor, biaya perawatan juga merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan. Shock belakang linked type monocross pada New Vixion mungkin memerlukan biaya perawatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan monoshock pada Old Vixion. Sistem suspensi yang lebih canggih pada New Vixion mungkin membutuhkan perawatan yang lebih intensif dan penggantian komponen yang lebih sering.
Pengendara perlu mempertimbangkan biaya perawatan ini dalam anggaran mereka untuk memastikan mereka dapat menjaga kondisi suspensi belakang motor dengan baik dan tetap mendapatkan performa yang optimal. Jika anggaran perawatan menjadi faktor penting, pengendara mungkin lebih memilih untuk membeli Old Vixion dengan sistem monoshock yang lebih sederhana.
Perbedaan dalam Fitur Tambahan
Terkadang, pengendara juga mempertimbangkan fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh motor. Shock belakang linked type monocross pada New Vixion mungkin dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti pengaturan elektronik yang lebih canggih atau pengaturan kenyamanan yang lebih lengkap.
Fitur-fitur tambahan ini dapat meningkatkan kenyamanan dan kepraktisan pengendara dalam mengendalikan motor. Namun, fitur-fitur tambahan juga dapat memberikan dampak pada harga motor dan biaya perawatan. Pengendara perlu mempertimbangkan fitur-fitur yang mereka butuhkan dan apakah mereka bersedia membayar harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut.
Kesimpulan
Perbedaan antara shock belakang Old Vixion dan New Vixion terletak pada teknologi suspensi yang digunakan. Old Vixion menggunakan sistem monoshock sederhana, sementara New Vixion menggunakan sistem linked type monocross yang lebih canggih. New Vixion memberikan performa, kenyamanan, dan respons yang lebih baik dibandingkan dengan Old Vixion.
Pemilihan antara Old Vixion dan New Vixion tergantung pada preferensi pengendara masing-masing. Jika pengendara mengutamakan performa dan kenyamanan yang lebih baik, New Vixion dengan shock belakang linked type monocross menjadi pilihan yang lebih direkomendasikan. Namun, pengendara juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya perawatan, fitur tambahan, dan anggaran mereka sebelum membuat keputusan akhir.
Tidak ada pilihan yang benar atau salah antara Old Vixion dan New Vixion. Pilihan tersebut tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengendara. Yang terpenting adalah memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan aman.