Yamaha NMAX merupakan salah satu skuter matik yang populer di Indonesia. Dikenal dengan desain yang stylish dan performa yang handal, NMAX berhasil mendapatkan tempat di hati para penggemar skuter di tanah air. Namun, bagi para penggemar NMAX, terdapat perbedaan mesin yang cukup signifikan antara varian NMAX 150 dan 155. Artikel ini akan membahas perbedaan mesin antara kedua varian tersebut.
Mesin NMAX 150
NMAX 150 dilengkapi dengan mesin berkapasitas 150cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11.1 PS pada 8,000 RPM dan torsi maksimal sebesar 13.8 Nm pada 6,500 RPM. Mesin 150cc ini menggunakan sistem pendingin cairan (liquid-cooled) untuk menjaga suhu mesin tetap stabil.
Sistem bahan bakar yang digunakan pada NMAX 150 adalah fuel injection, yang membuat pembakaran bahan bakar lebih efisien dan menghasilkan performa yang baik. Mesin NMAX 150 juga dilengkapi dengan transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) yang memungkinkan pergantian gigi secara otomatis.
Mesin NMAX 150 memiliki teknologi Blue Core yang dikembangkan oleh Yamaha. Teknologi ini mengoptimalkan pembakaran bahan bakar, sehingga menghasilkan efisiensi yang tinggi dan emisi yang rendah. Dengan mesin berkapasitas 150cc, NMAX 150 cocok digunakan untuk perjalanan dalam kota dengan kecepatan sedang.
Tenaga dan Torsi NMAX 150
NMAX 150 memiliki tenaga maksimal sebesar 11.1 PS pada 8,000 RPM. Tenaga ini memberikan akselerasi yang cukup baik untuk skuter matik di kelasnya. Penggunaan mesin berkapasitas 150cc memberikan kekuatan yang cukup untuk menjelajahi jalanan perkotaan dengan lancar.
Selain itu, NMAX 150 juga memiliki torsi maksimal sebesar 13.8 Nm pada 6,500 RPM. Torsi yang dihasilkan oleh mesin ini memungkinkan pengendara untuk melewati medan yang berat dengan lebih mudah. Pengendara juga akan merasakan manuver yang lebih lancar saat berkendara dalam kepadatan lalu lintas.
Sistem Pendingin NMAX 150
Mesin NMAX 150 menggunakan sistem pendingin cairan (liquid-cooled) untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Sistem pendingin ini sangat penting untuk mencegah mesin overheat dan memastikan kinerja mesin tetap optimal. Dengan sistem pendingin yang baik, pengendara dapat melakukan perjalanan jarak jauh tanpa khawatir mesin akan mengalami masalah.
Fuel Injection pada NMAX 150
NMAX 150 menggunakan sistem fuel injection, yang merupakan teknologi terbaru dalam penyediaan bahan bakar untuk mesin kendaraan. Sistem ini memastikan pembakaran bahan bakar yang lebih efisien dan menghasilkan performa mesin yang lebih baik. Fuel injection juga membuat akselerasi NMAX 150 lebih responsif dan pengendara dapat merasakan kelincahan saat berkendara.
Transmisi CVT pada NMAX 150
Mesin NMAX 150 dilengkapi dengan transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission). Transmisi ini memungkinkan pergantian gigi secara otomatis tanpa perlu melakukan kopling manual. Pengendara dapat fokus pada pengendalian skuter tanpa perlu khawatir mengganti gigi secara manual. Transmisi CVT juga membuat perpindahan gigi menjadi lebih halus dan menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.
Mesin NMAX 155
NMAX 155 merupakan versi terbaru dari NMAX, yang diluncurkan oleh Yamaha. Mesin NMAX 155 memiliki kapasitas 155cc, yang lebih besar dibandingkan dengan NMAX 150. Dengan mesin yang lebih besar, NMAX 155 mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 15.1 PS pada 8,000 RPM dan torsi maksimal sebesar 14.4 Nm pada 6,000 RPM.
Mesin NMAX 155 juga menggunakan sistem pendingin cairan (liquid-cooled) untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Sistem bahan bakar yang digunakan pada NMAX 155 juga sama dengan NMAX 150, yaitu menggunakan teknologi fuel injection. Transmisi otomatis CVT juga masih digunakan pada NMAX 155.
Tenaga dan Torsi NMAX 155
Dengan mesin berkapasitas 155cc, NMAX 155 memiliki tenaga maksimal yang lebih tinggi dibandingkan dengan NMAX 150. Tenaga maksimal NMAX 155 mencapai 15.1 PS pada 8,000 RPM. Dengan tenaga yang lebih besar, pengendara akan merasakan akselerasi yang lebih responsif dan kecepatan maksimal yang lebih tinggi.
Torsi maksimal NMAX 155 juga lebih tinggi dibandingkan dengan NMAX 150, yaitu sebesar 14.4 Nm pada 6,000 RPM. Torsi yang lebih besar pada NMAX 155 membuatnya lebih mampu mengatasi medan yang berat dan memudahkan pengendara saat melakukan manuver di jalanan yang padat.
Sistem Pendingin NMAX 155
Seperti NMAX 150, NMAX 155 juga menggunakan sistem pendingin cairan (liquid-cooled) untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Sistem pendingin yang baik sangat penting untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal dan mencegah risiko overheating. Dengan mesin yang lebih besar, NMAX 155 membutuhkan sistem pendingin yang efektif untuk menjaga suhu mesin tetap stabil selama perjalanan jarak jauh.
Fuel Injection pada NMAX 155
NMAX 155 juga menggunakan sistem fuel injection yang sama dengan NMAX 150. Sistem ini memberikan keuntungan yang sama, yaitu pembakaran bahan bakar yang lebih efisien dan performa mesin yang baik. Dengan teknologi fuel injection, NMAX 155 dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih responsif dan responsif.
Transmisi CVT pada NMAX 155
Transmisi otomatis CVT yang digunakan pada NMAX 155 juga sama dengan NMAX 150. Transmisi ini memberikan kemudahan bagi pengendara dengan pergantian gigi yang otomatis dan tanpa kopling manual. Perpindahan gigi yang halus membuat pengendara merasa nyaman saat berkendara. Pengendara juga dapat fokus pada pengendalian skuter tanpa perlu khawatir mengganti gigi secara manual.
Perbedaan Mesin
Perbedaan utama antara mesin NMAX 150 dan 155 terletak pada kapasitas mesin dan tenaga yang dihasilkan. NMAX 155 memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, sehingga menghasilkan tenaga yang lebih tinggi. Hal ini membuat NMAX 155 memiliki akselerasi yang lebih responsif dan kecepatan maksimal yang lebih tinggi dibandingkan dengan NMAX 150.
Perbedaan lainnya adalah torsi maksimal yang dihasilkan oleh kedua mesin tersebut. Mesin NMAX 155 menghasilkan torsi maksimal yang lebih tinggi dibandingkan dengan NMAX 150. Torsi yang lebih besar pada NMAX 155 membuatnya lebih mampu mengatasi medan yang berat dan memudahkan pengendara saat melakukan manuver di jalanan yang padat.
Keuntungan NMAX 150
NMAX 150 memiliki keuntungan dalam hal efisiensi bahan bakar. Mesin berkapasitas 150cc memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat, sehingga cocok digunakan untuk perjalanan dalam kota dengan kecepatan sedang. Selain itu, NMAX 150 juga memberikan kelincahan dan manuver yang baik, sehingga cocok untuk berkendara di perkotaan yang padat.
Keuntungan NMAX 155
NMAX 155 memiliki keuntungan dalam hal performa yang lebih tinggi. Dengan mesin berkapasitas 155cc, NMAX 155 mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar dibandingkan dengan NMAX 150. Hal ini membuat NMAX 155 cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh dengan kecepatan yang lebih tinggi. Selain itu, NMAX 155 juga memiliki akselerasi yang lebih responsif dan kecepatan maksimal yang lebih tinggi.
Manuver dan Kestabilan
Kapasitas mesin yang berbeda pada NMAX 150 dan 155 juga mempengaruhi manuver dan kestabilan saat berkendara. NMAX 150 dengan mesin 150cc memberikan manuver yang lebih lincah saat melintasi lalu lintas perkotaan yang padat. Pengendara dapat dengan mudah bermanuver dan berbelok di antara kendaraan lain dengan kecepatan yang lebih rendah.
Sementara itu, NMAX 155 dengan mesin 155cc memberikan kestabilan yang lebih baik saat berkendara dengan kecepatan yang lebih tinggi. Mesin yang lebih bertenaga pada NMAX 155 memungkinkan pengendara untuk menjaga kecepatan dan stabilitas saat melewati jalan tol atau perjalanan jarak jauh dengan kecepatan tinggi.
Penggunaan dan Preferensi
Pemilihan antara NMAX 150 dan 155 juga tergantung pada penggunaan dan preferensi pribadi. Jika Anda lebih sering melakukan perjalanan dalam kota dengan kecepatan sedang dan mengutamakan efisiensi bahan bakar, NMAX 150 dengan mesin 150cc dapat menjadi pilihan yang lebih tepat. Pemakaian NMAX 150 akan lebih hemat bahan bakar dan memberikan manuver yang baik dalam kepadatan lalu lintas perkotaan.
Sementara itu, jika Anda sering melakukan perjalanan jarak jauh dengan kecepatan tinggi dan mengutamakan performa, NMAX 155 dengan mesin 155cc dapat menjadi pilihan yang lebih baik. NMAX 155 memberikan tenaga yang lebih besar, akselerasi yang lebih responsif, dan kecepatan maksimal yang lebih tinggi, sehingga cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau di jalan tol.
Kesimpulan
Dalam memilih antara NMAX 150 dan 155, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi. Jika Anda mengutamakan efisiensi bahan bakar dan manuver dalam kepadatan lalu lintas perkotaan, NMAX 150 dengan mesin 150cc merupakan pilihan yang tepat. Namun, jika Anda mengutamakan performa dan sering melakukan perjalanan jarak jauh dengan kecepatan tinggi, NMAX 155 dengan mesin 155cc dapat menjadi pilihan yang lebih baik.
Tentukanlah pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya berkendara Anda. Baik NMAX 150 maupun 155, keduanya merupakan skuter matik yang handal dan dapat memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Selamat memilih NMAX yang tepat untuk Anda!