Perbedaan Mesin Aerox Lama dan Baru

Posted on

Pengenalan

Yamaha Aerox, sepeda motor skuter matic yang sangat populer di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, Yamaha telah meluncurkan versi baru dari Aerox dengan beberapa perubahan signifikan pada mesinnya. Artikel ini akan membahas perbedaan antara mesin Aerox lama dan baru.

Desain Mesin

Mesin Aerox lama memiliki desain yang cukup sederhana dan menggunakan teknologi yang sudah lama digunakan oleh Yamaha. Meski begitu, mesin tersebut masih mampu memberikan performa yang baik. Sementara itu, mesin Aerox baru memiliki desain yang lebih modern dengan teknologi terbaru dari Yamaha.

Mesin Aerox lama menggunakan desain mesin konvensional dengan pendingin udara. Mesin ini terbuat dari bahan yang ringan dan tahan lama, seperti aluminium. Mesin terletak di bagian bawah bodi sepeda motor.

Sementara itu, mesin Aerox baru mengadopsi desain mesin yang lebih kompak dan aerodinamis. Mesin ini menggunakan teknologi pendingin cair untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Desain yang lebih ringkas membuat mesin Aerox baru lebih mudah untuk dipasang dan dirawat.

Kapasitas Mesin

Perbedaan lain antara mesin Aerox lama dan baru adalah kapasitas mesinnya. Mesin Aerox lama memiliki kapasitas sekitar 125cc, sementara mesin Aerox baru memiliki kapasitas yang lebih besar, yaitu sekitar 155cc. Kapasitas yang lebih besar ini memberikan tenaga yang lebih besar pula.

Dengan peningkatan kapasitas mesin, Aerox baru mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan Aerox lama. Mesin Aerox baru dapat menghasilkan tenaga sekitar 11,4 hp pada 8.000 rpm, sedangkan mesin Aerox lama hanya menghasilkan tenaga sekitar 11 hp pada 8.000 rpm.

Penambahan kapasitas mesin pada Aerox baru juga memberikan akselerasi yang lebih responsif. Pengendara akan merasakan peningkatan dalam akselerasi dan daya jelajah saat mengendarai Aerox baru dibandingkan dengan Aerox lama.

Sistem Injeksi

Mesin Aerox lama masih menggunakan sistem karburator untuk mengatur campuran udara dan bahan bakar. Sementara itu, mesin Aerox baru telah menggunakan sistem injeksi bahan bakar yang lebih canggih. Sistem injeksi ini memberikan efisiensi yang lebih baik dalam penggunaan bahan bakar dan juga mengurangi emisi gas buang.

Sistem injeksi pada Aerox baru menggunakan sensor-sensor yang mengukur kebutuhan bahan bakar berdasarkan kondisi mesin dan kecepatan kendaraan. Dengan demikian, campuran udara dan bahan bakar yang disuplai ke mesin akan selalu tepat sesuai dengan kebutuhan, sehingga menghasilkan efisiensi penggunaan bahan bakar yang lebih baik.

Selain itu, sistem injeksi pada Aerox baru juga dilengkapi dengan teknologi pengapian elektronik yang lebih canggih. Teknologi ini memastikan pengapian yang tepat pada setiap putaran mesin, sehingga memberikan performa yang lebih baik dan juga mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak efisien.

Pos Terkait:  Perbedaan Ninja R RR dan SS: Motor Sport Dengan Performa yang Mengagumkan

Performa

Tentu saja, dengan perbedaan desain dan kapasitas mesin, performa mesin Aerox baru lebih baik daripada Aerox lama. Mesin Aerox baru mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dan akselerasi yang lebih responsif. Hal ini membuat pengendara dapat merasakan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan.

Perbedaan performa juga terlihat pada kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh Aerox lama dan baru. Aerox lama memiliki kecepatan maksimum sekitar 110 km/jam, sedangkan Aerox baru dapat mencapai kecepatan maksimum sekitar 125 km/jam. Hal ini memberikan kelebihan bagi pengendara yang sering mengendarai di jalan raya atau menginginkan kecepatan yang lebih tinggi.

Konsumsi Bahan Bakar

Mesin Aerox baru memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik daripada Aerox lama. Dengan sistem injeksi yang canggih, mesin Aerox baru dapat mengatur jumlah bahan bakar yang tepat untuk setiap kondisi berkendara. Hal ini membuat pengendara dapat menghemat pengeluaran untuk bahan bakar.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh Yamaha, Aerox baru mampu mencapai konsumsi bahan bakar sekitar 44 km/liter pada kecepatan konstan 40 km/jam. Sedangkan pada kecepatan konstan 60 km/jam, Aerox baru mampu mencapai konsumsi bahan bakar sekitar 37 km/liter. Angka ini menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan Aerox lama.

Penambahan efisiensi bahan bakar pada Aerox baru tidak hanya berdampak pada penghematan pengeluaran bahan bakar, tetapi juga berkontribusi pada pengurangan emisi gas buang. Dengan mengurangi jumlah bahan bakar yang terbuang percuma, Aerox baru lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan Aerox lama.

Harga

Karena beberapa peningkatan yang ada, mesin Aerox baru memiliki harga yang lebih tinggi daripada Aerox lama. Namun, harga tersebut sebanding dengan performa dan fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Aerox baru. Pengendara dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Harga mesin Aerox lama umumnya berkisar antara 20 juta hingga 25 juta rupiah, tergantung pada varian dan kondisi mesin. Sementara itu, harga mesin Aerox baru berkisar antara 25 juta hingga 30 juta rupiah. Meski memiliki harga yang lebih tinggi, Aerox baru menawarkan performa yang lebih baik dan fitur-fitur baru yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Fitur Tambahan

Mesin Aerox baru dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Aerox lama. Contohnya, sistem pengereman ABS, lampu LED, panel instrumen yang lebih modern, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur tambahan ini meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Sistem pengereman ABS pada Aerox baru memungkinkan pengendara untuk mengendalikan sepeda motor dengan lebih baik saat melakukan pengereman mendadak atau pada permukaan jalan yang licin. Fitur ini juga membantu mengurangi risiko tergelincir atau terjatuh saat melakukan pengereman yang keras.

Pos Terkait:  Perbedaan Blok Head RX King dan RX Spesial

Lampu LED yang digunakan pada Aerox baru memberikan cahaya yang lebih terang dan jarak pandang yang lebih jauh. Hal ini membantu pengendara melihat dengan lebih jelas saat berkendara di malam hari atau dalam kondisi cuaca yang kurang baik.

Panel instrumen pada Aerox baru juga menggunakan teknologi yang lebih modern. Panel instrumen ini dilengkapi dengan layar LCD yang menampilkan informasi mengenai kecepatan, putaran mesin, level bahan bakar, dan lainnya dengan lebih jelas dan mudah dibaca.

Pilihan Warna

Pada mesin Aerox lama, pilihan warna terbatas dan umumnya hanya tersedia dalam beberapa varian warna yang sederhana. Namun, pada mesin Aerox baru, Yamaha menawarkan lebih banyak pilihan warna yang menarik dan mencolok. Pengendara dapat memilih sesuai dengan preferensi mereka.

Yamaha Aerox baru hadir dengan pilihan warna yang beragam, seperti Hitam Solid, Merah Metallic, Biru Metalik, Abu-abu Metalik, Putih Solid, dan Pink Metallic. Pilihan warna yang beragam ini memungkinkan pengendara untuk mengekspresikan gaya dan kepribadian mereka melaluitampilan sepeda motor yang mereka pilih.

Perawatan

Mesin Aerox baru memiliki perawatan yang lebih mudah dibandingkan dengan Aerox lama. Mesin baru menggunakan teknologi yang lebih baik dan lebih tahan lama. Selain itu, suku cadang untuk mesin Aerox baru juga lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan Aerox lama.

Perawatan mesin Aerox baru dapat dilakukan secara rutin dengan menjaga kebersihan mesin, melakukan pergantian oli secara teratur, dan memeriksa komponen-komponen penting lainnya. Karena mesin Aerox baru menggunakan teknologi yang lebih modern, beberapa komponen seperti sistem injeksi dan sensor-sensor dapat diawasi dengan menggunakan perangkat pemindaian khusus yang dapat membantu mendiagnosis masalah dengan cepat dan akurat.

Adapun suku cadang untuk mesin Aerox baru dapat ditemukan di berbagai dealer resmi Yamaha dan bengkel-bengkel yang menyediakan suku cadang Yamaha. Ketersediaan suku cadang yang lebih mudah diakses akan memudahkan pengendara dalam melakukan perawatan dan perbaikan jika dibutuhkan.

Kenyamanan dan Keamanan

Perbedaan antara mesin Aerox lama dan baru juga dapat dirasakan dalam hal kenyamanan dan keamanan berkendara. Mesin Aerox baru dilengkapi dengan fitur-fitur yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengendara.

Suspensi pada Aerox baru telah ditingkatkan untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik dalam menghadapi berbagai jenis jalan. Suspensi depan menggunakan sistem teleskopik dengan diameter pipa yang lebih besar, sementara suspensi belakang menggunakan sistem ganda dengan pengaturan kekencangan yang dapat disesuaikan. Hal ini membantu mengurangi getaran dan guncangan yang dirasakan oleh pengendara saat berkendara.

Pos Terkait:  Apakah Parfum Miniso Tahan Lama?

Sistem pengereman pada Aerox baru juga telah ditingkatkan dengan adanya fitur ABS (Anti-lock Braking System). Fitur ini mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak, sehingga pengendara dapat mengendalikan sepeda motor dengan lebih baik dan mengurangi risiko tergelincir atau terjatuh.

Fitur keamanan lainnya yang ada pada Aerox baru adalah kunci kontak dengan sistem keamanan immobilizer. Sistem ini mencegah sepeda motor dapat dinyalakan tanpa kunci yang sah, sehingga mengurangi risiko pencurian.

Gaya dan Keunikan

Perbedaan mesin Aerox lama dan baru juga terlihat dalam hal gaya dan keunikan desain. Mesin Aerox baru memiliki tampilan yang lebih modern dan agresif, dengan garis-garis yang tajam dan dinamis. Desain bodi yang aerodinamis juga memberikan kesan sporty dan futuristik.

Bagian depan Aerox baru dilengkapi dengan lampu LED yang memiliki bentuk dan tata letak yang unik. Lampu depan yang terintegrasi dengan cover bodi memberikan tampilan yang lebih bersih dan elegan. Selain itu, Aerox baru juga dilengkapi dengan lampu sein LED yang memberikan tampilan yang lebih terang dan mencolok.

Bodi Aerox baru juga memiliki beberapa aksen dan detail yang menarik, seperti garis-garis bergelombang pada sisi bodi, desain jok yang ergonomis, dan cover mesin yang transparan. Semua ini memberikan kesan dinamis dan berkelas pada sepeda motor ini.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah melihat perbedaan antara mesin Aerox lama dan baru. Mesin Aerox baru memiliki desain yang lebih modern, kapasitas yang lebih besar, sistem injeksi bahan bakar yang canggih, serta performa yang lebih baik. Mesin baru juga lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang menarik. Meskipun harganya lebih tinggi, Aerox baru memberikan nilai yang sepadan dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan. Jadi, bagi Anda yang mencari skuter matic berkualitas, mesin Aerox baru adalah pilihan yang tepat.

Dengan desain yang lebih modern, kapasitas mesin yang lebih besar, sistem injeksi bahan bakar yang canggih, dan fitur-fitur tambahan yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan, mesin Aerox baru menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik dibandingkan dengan Aerox lama. Mesin Aerox baru memberikan performa yang lebih baik, efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi, dan fitur-fitur terbaru yang meningkatkan nilai dari sepeda motor ini. Jadi, bagi Anda yang ingin memilikinya, Aerox baru adalah pilihan yang sangat menarik.

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *