Beragam Khasiat & Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kita

Kesehatan merupakan bagian penting yang harus selalu diperhatikan dengan baik oleh setiap individu manusia. Kondisi kesehatan yang terjaga dapat membantu memperlancar setiap aktivitas yang dijalani tanpa hambatan apapun terkait kondisi tubuh. Sebaliknya, kesehatan sesorang yang terganggu dapat menyebabkannya tidak mampu melakukan aktivitas keseharian yang seharusnya dilakukan dengan tujuan tertentu.

Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal yang belakangan cukup disadari oleh masyarakat menigingat ancaman lingkungan yang semakin berbahaya bagi kondisi tubuh. Perkembangan lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat sudah menjadi hal yang sangat menjadikan tubuh rentan mengalami berbagai macam penyakit baik yang ringan, sedang, atau bahkan sangat berbahaya terhadap kehidupan manusia.

Untuk dapat menjaga kesehatan tubuh, tentu ada beberapa upaya atau usaha yang sebaiknya diperhatikan dengan baik. Rangkaian aktivitas menjaga kondisi kesehatan tubuh, populer disbut sebagai gaya hidup sehat. Menjalani gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya seperti menjaga konsumsi makanan sehat dan bergizi, berolahraga, tidak mengkonsumsi alkohol atau merokok, dan lain sebagainya.

khasiat dan manfaat tomat
khasiat dan manfaat tomat

Berkaitan dengan makanan yang disebutkan diatas, ada banyak pilihan jenis makanan yang sehat dan dapat dikonsumsi. Salah satunya adalah tomat.

Berikut ulasan mengenai salah satu makanan yang termasuk dalam buah sayur yang dapat memberikan dampak positif yakni mengenai khasiat dan manfaat tomat melalui penjelasan di bawah ini.

Baca juga:  Cara cepat hamil lengkap

Kandungan Tomat

Siapa yang tidak mengenal tomat, buah merah dengan rasa identik yang banyak ditambahkan sebagai bahan pembuatan sayur sop ataupun sambat. Buah dari tanaman yang memiliki nama ilmiah Solanum lycopersium, kerap kali diperdebatkan terkait kelomoknya apakah masuk kedalam golongan buah atau golongan sayur sayuran. Hal ini dikarenakan buah dari tanaman tomat tersebut lebih banyak dijadikan bahan sayur ketimbang dikonsumsi secara langsung.

Tanaman tomat merupakan tumbuhan dengan siklus hidup singkat yang dapat tumbuh setinggi 1 – 3 meter saja. Buah yang dihasilkan dari tanaman tersebut memiliki warna merah ketika matang dan juga ada yang berwarna hijau. Tanaman ini hanya dimanfaatkan buahnya saja karena batang, daun, maupun akar dari tanaman tomat memiliki kandungan alkaloid yang tinggi sehingga dapat memberikan dapak negatif pada tubuh ketika dikonsumsi.

Selain sebagai bahan makanan, tomat dikenal memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh. Manfaat positif tersebut diperoleh karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah tomat. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah tomat tersebut diantaranya seperti protein, lemak, beberapa jenis vitamin seperti vitamin C, vitamin A, dan hampir semua jenis vitamin, serta, serta mineral mineral penting yang berdampak positif bagi tubuh.

Selain kandungan nutrisi tersebut, buah yang diklasifikasikan dalam beberapa jenis sperti tomat ceri, tomat granola, tomat gondol, dan tomat sayur tersebut juga mengandung beberapa senyawa aktif lainnya. Kandungan senyawa aktif didalam buah tomat diantaranya seperti  Likopen, Beta-Karoten, Naringenin dan Asam Glorogenik yang kesemua kandungan tersebut dapat memberikan manfaat tertentu bagi tubuh.

Simak juga: cara menghilangkan jerawat

Manfaat Tomat

Seperti yang dijelaskan diatas, ada banyak kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang erdapat di dalam buah tomat. Kandungan nutrisi dan senyawa aktif tersebut dapat membantu memberikan manfaat positif bagi kesehatan yang cukup beragam.

Berikut beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat tomat yang perlu diperhatikan dengan baik karena banyaknya dampak posifit dalam penjelasan di bawah ini.

1. Manfaat jus tomat

Jus tomat merupakan bentuk olahan tomat yang paling umum, konsumsi jus tersebut juga akan memberikan dampak positif bagi tubuh dari buah tomat.

Beberapa manfaat positif yang dapat dirasakan oleh tubuh ketika mengkonsumsi jus tomat diantarnaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjadikan pencernaan semakin lancar, menyegarkan tubuh, detoksifikasi tubuh, hingga mencegah terjadinya penyakit berbahaya seperti penyakti kardiovaskular, kanker, peradangan, dan pembekuan darah.

2. Manfaat tomat untuk wajah dan bibir

Selain untuk kesehatan tubuh, tomat banyak dimanfaatkan juga sebagai bahan dalam produk produk perawatan kecantikan salah satunya untuk wajah dan bibir. Khasiat dan manfaat tomat untuk wajah diantaranya seperti membersihkan kulit wajah, mengecilkan pori pori, menjaga kelembapan wajah, dan mengatasi jerawat.

Sementara manfaat tomat untuk bibir diantaranya seperti membantu dalam mengatasi sariawan pada bibir, menyembuhkan bibir pecah pecah, melembabkan dan mencerahkan bibir, serta membantu menjadikan biibir memiliki warna merah merona alami.

3. Manfaat tomat untuk kesehatan

Buah tomat dapat dikosumsi secara langsung setiap harinya untuk membantu memberikan dampak positif bagi tubuh. Tomat membantu dalam meningkatkan sistem pertahaan atau kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan penyakit serta sebagai bahan detoksifikasi alami.

Selain memberikan manfaat tersebut, buah tomat juga mampu mencegah terjadinya beberapa penyakit yang membahayakan tubuh diantaranya seperti penyakit jantung, penyakit kadiovaskular dan pembuluh darah, mencegah terjadinya pembekuan darah, mengatasi peradangan, serta mencegah tumbuhnya kanker.

4. Manfaat jus wortel dan tomat

Tomat selain dijus secara individual juga kerap dikombinasikan dengan bahan makanan lain dan yang paling populer adalah jus wortel dan tomat. Jus wortel dan tomat sudah lama dipercaya dapat membantu memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh terutama untuk bagian mata.

Ada beberapa dampak positif yang dapat muncul dari jus tomat dan wortel tersebut diantaranya seperti meningkatkan kekebalan tubuh, membantu melangkapi nutrisi bagi tubuh, mencegah terjadinya berbagai penyakit berbahaya, dan membantu menjadikan tubuh selalu segar, sehat, dan bugar sepanjang hari.

5. Manfaat tomat untuk ibu hamil

Dengan kandungan nutrisi yang berlimpah dari buah tomat, konsumsi tomat bagi ibu hamil banyak disarankan untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan yang memang harus selalu terjaga jumlahnya demi proses yang normal.

Selain membantu menjaga pemenuhan nutrisi untuk ibu hamil, buah tomat juga membantu mencegah terjadinya penyakit berbahaya bagi tubuh, menjaga perkembangan janin di dalam kandungan tetap normal, membentuk plasenta dan sel darah merah, mengatasi anemia, dan mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah yang dapat memicu terjadinya preeklampsia.

6. Manfaat makan tomat sebelum tidur

Beberapa orang yang memahami khasiat dan manfaat buah tomat kerap kali mengkonsumsinya di malam hari. Manfaat buah tomat yang dikonsumsi sebelum tidur diantaranya seperti membantu menjaga berat badan, melancarkan pencernaan tubuh, menjaga kondisi kesehatan mata, meningkatkan imunitas tubuh, membantu pembentukan tulang, mengontrol tekanan darah, hingga menyehatkan kesuburan wanita.

Selain manfaat tersebut, buah tomat yang di konsumsi langsung atau dalam bentuk jusnya dapat membantu mencegah masalahan insomnia atau kesulitan untuk tidur terjadi.

7. Manfaat tomat untuk ayam aduan

Dampak positif dari buah tomat ternyata bukan hanya dimanfaatkan untuk tubuh manusia saja namun juga dapat memberikan dampak positif pada ayam aduan. Buah tomat kerapkali diberikan sebagai salah satu menu makanan untuk ayam aduan.

Pemberian buah tomat secara rutin untuk ayam aduan diantaranya bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh ayam, menjaga kesehatan ayam, mencegah terjadinya permasalahan atau penyakit pada ayam, membantu mengatasi luka dan radang pasca aduan, hingga mempercepat penyembuhan lupa pada ayam setelah diadu.

Simak juga: berbagai cara menghilangkan komedo

Cara Mengolah – Mengkonsumsi Tomat

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat tomat yang positif seperti disebutkan diatas, cara pengolahan dan konsumsinya haruslah dilakukan secara tepat. Mengkonsumsi tomat dapat membantu memberikan dampak positif bagi tubuh.

Mengolah tomat dengan benar akan menjaga kandungan nutrisi di dalam tomat yang dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh manusia.

Tomat sebagai buah sebenarnya dapat dikonsumsi secara langsung tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu namun kebanyakan orang tidak melakukannnya. Cara paling mudah untuk dapat mengkonsumsi tomat dan menjaga kandungan nutrisi di dalamnya adalah dengan membuat jus tomat.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setiap mengolah tomat agar manfaatnya tetap dapat dirasakan diantaranya seperti :

  • Jangan mengolah tomat hingga terlalu matang atau menggunakan api terlalu panas karena dapat merusak nutrisi di dalamnya.
  • Pastikan membersihkan tomat sebelum mengolah atau mengkonsumsinya agar terhindar dari sisa pertisida.
  • Tomat yang sudah dibelah sebaiknya segera dikonsumsi dan tidak menyimpannya dalam lemari pendingin.
  • Masak tomat dalam waktu singkat agar tidak menjadikan teksturnya terlalu lembek.

Efek Samping Tomat

Seperti yang dijelaskan diatas, konsumsi tomat haruslah dilakuakn dengan pertimbangan yang benar termasuk cara mengolahnya. Konsumsi berlebihan dan tidak dilakuikan dengan benar dapat menyebabkan terjadinya dampak negatif atau efek samping dari buah tomat tersebut.

Berikut beberapa bentuk efek samping yang dapat muncul dari buah tomat ketika dikonsumsi secara salah diantaranya seperti di bawah ini.

  1. Diare, tomat memang dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan namun ketika konsumsinya terlalu berleihan akan manyebabkan terjadinya diare akibat kandungan serat yang tinggi di dalam tomat.
  2. Maag, tomat memiliki kandungan asam yang tinggi dan sebaiknya dihindari bagi penderita gangguan lambung seperti maag dan lainya.
  3. Batu ginjal,  kandungan potasium yang tinggi di dalam buah tomat ternyata sangat berbahaya bagi penderita batu ginjal karena akan memperparah kondisi tersebut.
  4. Peningkatan tekanan darah,  tomat ternyata kurang baik untuk penderita hipertensi karena dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Kondisi tersebut terjadi karena kandungan sodium yang tinggi pada buah tomat.
  5. Alergi, efek samping buruk lainnya yang dapat terjadi akibat buah tomat adalah kondisi alergi pada beberapa orang terutama yang memiliki riwayat alergi pada senyawa histamine.
  6. Kanker, banyak yang mungkin akan menyangkal bahwa tomat dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker. Kandungan likopen yang terlalu tinggi dapat memperberat gejala kanker.
  7. Efek buruk lainnya, selain dampak negatif yang dijelaskan diatas, tomat juga dapat memberikan efek buruk beberapa kondisi lain seperti inkontinensia atau masalah pada kencing, kram otot, hipoglikemi, hingga berbahaya bagi kondisi kehamilan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat tomat sebagai salah satu jenis buah sayur yang tentunya sudah sangat familiar. Tomat yang kebanyakan digunakan sebagai bahan sayuran serta sambal tersebut memiliki dampak yang positif bagi kondisi tubuh karena kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang ada di dalamnya.

Meskipun berdampak positif, ada efek buruk ketika tomat dikonsumsi terlalu berlebihan dan tidak diolah dengan benar yang perlu dihindari.

Leave a Comment