Manfaat Susu Kedelai Dan Khasiat Yang Perlu Di Ketahui

Mengkonsumsi susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat lengkap dan baik untuk kesehatan tubuh. Susu kerap diminum sebagai pelengkap nutrisi yang sudah diperoleh dari makanan sehari hari. Aktivitas mengkonsumsi atau minum susu yang identik dengan anak anak sebenarnya dilakukan oleh semua orang hampir pada setiap usia meskipun jenis susu yang dikonsumsi berbeda beda. Susu yang kebanyakan dikonsumsi manusia adalah susu sapi.

Terkiat dengan susu yang kita ketahui, ada beberapa jenis yang dapat dikonsumsi oleh manusia baik itu susu hewani maupun susu nabati. Susu hewani merupakan jenis susu yang diperoleh dengan cara memerah kantung susu hewan tertentu seperti kambing dan sapi yang apling umum. Sedangkan susu nabati adalah jenis susu yang diperoleh dengan cara memproses bahan nabati tertentu seperti contohnya susu dari kacang kacangan.

manfaat susu kedelai
manfaat susu kedelai

Salah satu jenis susu kacang kacangan yang paling banyak diketahui dan sangat umum dimasyarakat adalah susu kedelai. Jenis susu tersebut diperoleh dari kacang kedelai yang diproses untuk mendapatkan cairan seperti layaknya susu. Susu kedelai kerap dikonsumsi dan menjadi alternatif bagi yang alergi terhadap susu sapi.

Berikut penjelasan mengenai khasiat dan manfaat susu kedelai yang perlu dipahami dengan baik.

Baca juga:  Cara cepat hamil lengkap

Cara Membuat Susu Kedelai

Sebelum membahas lebih jauh mengenai khasiat dan manfaat yang dapat diperoleh dari susu kedelai, perlu diketahui terlebih dahulu bagaimanan proses yang dilakukan untuk memperoleh susu tersebut. Susu kedelai dibuat dengan cara yang sederhana dan hanya membutuhkan bahan kedelai, air, serta tambahan pemanis seperlunya.

Berikut penjelasan mengenai cara membuat susu kedelai secara umum diantaranya seperti :

  1. Cuci bersih biji kedelai pilihan dan rendam di dalam air selama kurang lebih 8 jam lalu bilas dan hilangkan kulit arinya. Perendaman dilakukan untuk membantu agar susu mudah empuk.
  2. Blender kedelai yang sudah melalui perendaman tersebut dengan sejumlah air disesuaikan dengan tingkat kekentalan susu kedelai yang diinginkan.
  3. Setelah kedelai diblender bersama dengan air, rebus keseluruhannya hingga mendidih dan matang. Tambahkan gula atau essense makanan lainnya untuk menjadikan susu kedelai lebih enak.
  4. Biarkan sedikit dingin dan saringlah air susu kedelai tersebut hingga tidak ada ampasnya sama sekali.
  5. Susu kedelai sudah dapat dinikmati selagi hangat atau bisa juga dimasukan ke dalam lemari pendingin.

Simak juga: cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

Kandungan Susu Kedelai

Sebagai salah satu susu nabati yang memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh, tentu ada kandungan nutrisi dan gizi serta senyawa aktif di dalamnya. Kandungan di dalam susu kedelai tersebutlah yang menjadikannya memiliki manfaat bagi tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam susu kedelai tentu berbeda dengan jenis susu lain termasuk susu sapi.

Kandungan di dalam susu kedelai yang utama tentunya nutrisi yang terdapat dari kacang kedelai diantaranya seperti :

  • Protein yang jumlahnya hampir sama banyak dengan protein di dalam susu sapi namun memiliki kalori lebih rendah.
  • Beberapa jenis viamin utamanya vitamin D untuk kesehatan tulang dan vitamin B12 untuk membantu produksi sel darah merah.
  • Mineral zinc atau seng yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak muda mengalami sakit
  • Selain itu, kedelai juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi.

Manfaat Susu Kedelai

Adanya kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang terdapat di dalam susu kedelai seperti dijelaskan diatas, menjadikannya sebagai salah satu sumber manfaat bagi tubuh.

Untuk memhaminya lebih jauh terkait dengan khasiat dan manfaat susu kedelai, berikut beberapa ulasan lengkap mengenai manfaat dari susu nabati tersebut untuk tubuh dalam penjelasan di bawah ini.

1. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Khasiat dan manfaat susu kedelai yang pertama kerap kali dihubungkan dengan proses kehmailan. Selain dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh pada ibu hamil yang sangat menentukan jalannya proses kehamilan secara normal dan lancar, susu kedelai juga banyak memberikan manfaat yang lainnya.

Dengan manfaat tersebut, ibu hamil banyak disarankan untuk mengkonsumsi susu kedelai.

Berikut ini beberapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan diantaranya seperti sumber asam folat tinggi bagi ibu hamil yang baik untuk proses kehamilan, menjaga kondisi kesehatan tubuh ibu hamil agar tidak mudah sakit, membantu mengoptimalkan semua perkembangan organ pada janin karena tingginya kandungan protein pada susu kedelai, serta melawan lemak jahat tubuh dan kandungan lemak nabatinya dapat menjadi cadangan lemak.

2. Manfaat susu kedelai untuk diet

Seperti yang disinggung dalam ulasan diatas, susu kedelai memiliki kandungan protein tinggi bagi tubuh namun rendah kalori dibandingkan dengan susu sapi. Kondisi susu kedelai yang rendah kalori tersebut menjadikan salah satu alasan mengenai susu kedelai dapat menjadi salah satu menu dalam aktivitas diet.

Susu kedelai dapat membantu menjaga berat badan dan menjadikan aktivitas diet lebih optimal berlangsung.

Manfaat susu kedelai untuk diet lainnya seperti membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, melancarkan saluran pencernaan, menjaga kesehatan tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dalam menjalani aktivitas diet tidak mudah menglaami konisi sakit yang dapat menurunkan efektifitas proses diet.

3. Manfaat susu kedelai untuk payudara

Khasiat lain dari susu kedelai yang juga sangat diidam idamkan oleh wanita terkait dengan dapak positifnya pada payudara. Manfaat yang diperoleh dari susu kedelai untuk payudara yang utama adalah membantu menumbuhkan ukuran payudara.

Manfaat pertumbuhan payudara dengan mengkonsumsi susu kedelai tersebut belakangan banyak dibicarakan dan menjadi salah satu uapaya yang efektif untuk mewujudkan harapan wanita memiliki payudara besar.

Dampak positif susu kedelai dalam membantu pertumbuhan payudara tersebut tentu disebabkan oleh kandungan di dalam susu kedelai. Kedelai sebagai bahan utama pembuatan susu nabati tersebut mengandung isoflavon fitoestrogen yang fungsinya menyerupai hormon estrogen di dalam tubuh. Salah satu fungsi hormon estrogen tersebut adalah membantu dalam menumbuhkan ukuran payudara.

4. Khasiat susu kedelai untuk kesuburan

Banyak yang menyarankan di masyarakat bahwa untuk membantu meningkatkan keseuburan dan memperoleh kehamilan pada wanita adalah dengan mengkonsumsi susu kedelai. Saran tersebut didasarkan pada manfaat yang dimiliki oleh susu kedelai untuk kesuburan.

Beberapa manfaat susu kedelai untuk kesuburan diantaranya seperti membantu meningkatkan kesuburan wanita, menjaga kesehatan tubuh, serta menurunkan resiko resiko yang dapat menyebabkan penurunan kesuburan.

5. Manfaat susu kedelai untuk kecantikan

Susu kedelai selain dapat membantu dalam menumbuhkan payudara juga kerap digunakan berkaitan dengan kecantikan. Manfaat susu kedelai untuk kecantikan tersebut sudah lama dikenal dan digunakan oleh masyarakat.

Beberapa manfaat positif susu kedelai untuk kecantikan diantaranya membantu dalam menghaluskan kulit, melembabkan kulit, mengurangi tanda penuaan dini, memperkilau rambut, serta membantu untuk dapat memiliki berat dan bentuk tubuh ideal.

Manfaat yang dimiliki oleh susu kedelai tersebut untuk kecantikan bahkan sudah sering dipercaya dapat membantu menjadikan bayi juga lebih cantik ketika terlahir. Susu kedelai dipercaya oleh masyarakat untuk dikonsumsi karena dapat membantu menjadikan janin di dalam kandungan memiliki kulit yang halus serta putih dan memilih rambut lebat ideal.

6. Manfaat minum susu kedelai sebelum tidur

Susu kedelai sebagai minuman kesehatan selain dapat membantu menghilangkan dahaga dan menjadikan tubuh lebih segar juga memiliki banyak manfaat yang positif. Salah satu cara dalam mengkonsumsi susu kedelai adalah dengan meminumnya di malam hari sebelum menjalani aktivitas tidur.

Beberapa manfaat susu kedelai yang dikonsumsi dimalam hari diantaranya membantu menjadikan tubuh lebih fresh atau segar dan bugar dipagi hari, serta mengurangi keringat berlebih yang kerap muncul di malam hari.

Selain manfaat tersebut, konsumsi susu kedelai secara rutin tiap hari sebelum tidur juga akan memberikan manfaat utama dari susu kedelai untuk tubuh.

7. Manfaat susu kedelai untuk anak

Kandungan nutrisi yang lengkap di dalam susu kedelai sangat baik untuk diberikan kepada anak anak. Nutrisi protein dan berbagai kandungan gizi lainnya dapat membantu proses perkembangan dan pertumbuhan anak berjalan dengan baik.

Selain itu, susu kedelai juga dapat mencegah berbagai macam jenis penyakit terjadi pada anak melalui peningkatan kekebalan tubuh sehingga kesehatan anak akan selalu terjaga denga baik.

Simak: tips dan cara mengecilkan perut

Cara Konsumsi Susu Kedelai

Untuk mendapatkan manfaat yang disebutkan diatas secara utuh, mengkonsumsi susu kedelai tentu harus dilakukan dengan cara yang benar. Secara umum, konsumsi susu kedelai yang paling sederhana adalah meminumnya secara langsung sebanyak dua gelas dalam sehari secara rutin dan konsisten.

Dengan mengkonsumsinya secara rutin, maka manfaat yang ada dari susu kedelai dapat diperoleh tubuh.

Susu kedelai sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah dan porsi yang tepat mengingat kelebihan kedelai di dalam tubuh dapat memberikan dampak negatif seperti yang dijelaskan di bawah.

Konsumsi susu kedelai setiap harinya sebaiknya dibatasi hanya sebanyak dua gelas dalam sehari atau kurang lebih 500 mg susu kedelai. Jumlah konsumsi susu kedelai tersebut juga harus diperhatikan dengan jumlah konsumsi kedelai dalam bentuk lainnya.

Efek Samping Susu Kedelai

Mengkonsumsi susu kedelai dengan benar seperti dalam penjelasan diatas, bukan hanya membantu menjadikan khasiat dan manfaat susu kedelai dapat dirasakan seluruhnya oleh tubuh namun juga mencegah terjadinya efek samping.

Beberapa efek samping yang dapat terjadi ketika mengkonsumsi susu kedelai dengan cara yang salah atau terlalu berlebihan diantaranya seperi dalam penjelasan di bawah ini.

  • Meningkatkan resiko terjadinya ganggunan fungsi tiroid di dalam tubuh ketika dikonsumsi secara berlebihan.
  • Senyawa isolavon di dalam kedelai beresiko menurunkan jumlah sperma meskipun masih dalam tahap penelitian yang lebih mendalam.
  • Tetap dapat memberiikan reaksi yang buruk pada bayi sehingga terkadang bukan sebagai alternatif yang cocok untuk kondisi bayi tertentu.
  • Kenaikan jumlah homon estrogen di dalam tubuh untuk beberapa orang karena adanya kandungan fitoestrogen alami dalam tanaman kedelai.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat susu kedelai yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar sebagi salah satu minuman bernutrisi bagi tubuh.

Kandungan nutrisi di dalam susu kedelai akan membantu menimbulkan dampak positif tertentu sesuai dengan kebutuhan. Susu kedelai dapat menjadi alternatif utama penganti susu sapi untuk orang yang memang alergi terhadap protein di dalam susu sapi.

Leave a Comment