Khasiat Dan Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan & Kecantikan

, oleh

Menjaga kesehatan tubuh menjadi suatu hal yang sudah selayaknya wajib dilakukan oleh setiap individu manusia. Kesehatan merupakan kunci untama untuk dapat menjalani berbagai macam bentuk aktivitas harian dengan lancar dan normal. Seseorang yang mengalami permasalahan kesehatan tentu tidak dapat menjalani aktivitas sehari hari dengan normal karena kondisi tubuhnya yang kurang optimal untuk befungsi sebagai mana mestinya.

Lingkungan sekitar tempat hidup manusia menjadi ancaman terbesar bagi kesehatan yang dapat memberikan pengaruh buruk belakangan ini. Lingkungan sebagai ancaman kesehatan memang merupakan wujud dari aktivitas manusia itu sendiri. Dengan keadaan lingkungan yang rentan tersebut, dibutuhkan sebuah aktivitas yang dapat membantu menjadikan tubuh tetap terjaga kesehatannya tanpa harus menderita penyakit tertentu.

Menjalani hidup dengan pola yang sehat merupakan pilihan tepat untuk dapat terhidar dari berbagai macam bentuk ancaman kesehatan yang besar meskipun tetap saja seseorang bisa mengalaminya. Pola hidup sehat dijalani dengan aktivitas diet untuk memastikan tubuh memperoleh asupan nutrisi yang pas dan tidak mengkonsumsi makanan berbahaya, menjalani olahraga teratur, tidur dan waktu isitrahat berkualitas yang cukup, menghindari alkohol dan rokok.

Selain beberapa upaya untuk menjaga kesehatan yang disebutkan diatas, ada bentuk lain untuk membantu menjadikan kondisi tubuh tetap sehat yakni dengan mengkonsumsi makanan atau ramuan tradisional tertentu. Beberapa jenis ramuan tradisional yang disebut sebagai jamu memang kerap menjadi pilihan kebanyakan orang di masyarakat untuk menjaga ksehatan dan mengatasi penyakit tertentu dibandingkan dengan obat medis.

khasiat dan manfaat daun seledri
khasiat dan manfaat daun seledri

Salah satu jenis bahan yang dapat dijadikan ramuan tradisional untuk dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh ataupun mengatasi beberapa bentuk penyakit tertentu yang terjadi baik ringan maupun berat adalah daun seledri. Tidak banyak orang yang sadar bahwa salah satu bahan tambahan dalam sayur sop tersebut dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Berikut khasiat dan manfaat daun seledri yang dijelaskan secara detail di bawah ini.

Baca juga:  Cara cepat hamil lengkap

Kandungan Daun Seledri

Sebelum membahas lebih jauh mengenai khasiat dan manfaat dari daun seledri, memperhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya merupakan suatu hal yang penting mengingat adanya manfaat atau dampak positif bagi kesehatan tubuh tersebut berasal dari apa yang terkandung di dalam daun seledri. Sama halnya dengan tumbuhan lainnya, daun seledri tentu memiliki kandungan nutrisi dan senyawa kimia tertentu.

Dengan adanya kandungan nutrisi dan senyawa kimia tersebut dapat membantu memberikan dampak positif bagi tubuh dalam beberapa hal. Daun seledri secara umum dikenal sebagai salah satu sayuran yang perannya sebagai pelengkap di dalam masakan.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Apium graviolens tersebut merupakan sayuran dalam kelompok apiace yang terbagi dalam tiga jenis yakni seledri daun, seledri batang, dan seledri umbii.

Jenis seledri yang kerap digunakan adalah seledri daun atau daun seledri. Selain sebagai bahan dalam beberapa olahan makanan, seledri memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh karena kandungannya.

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam daun seledri diantaranya seperti zat antioksidan, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, kalium, asam folat, fosfor, magnesium, zat besi, natrium, dan asam amino essensial.

Khasiat Dan Manfaat Daun Seledri

Dengan adanya kandungan senyawa yang disebutkan diatas, daun seledri memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh serta beberapa dampak positif lainnya. Manfaat daun seledri tersebut kerap jarang dipahami oleh banyak individu masyarakat karena ketidaktahuannya.

Berikut beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daun seledri yang baik untuk membantu memberikan dampak positif bagi kesehatan dalam ulasan di bawah ini.

1. Manfaat daun seledri untuk kesehatan

Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang perlu diketahui, berasal dari kandungan mineral, vitamin, dan senyawa kimia di dalam tanaman tersebut. Ada banyak manfaat daun seledri untuk kesehatan yang seharunya dapat digunakan ketika diketahui.

Manfaat utama yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dari daun seledri adalah sebagai salah satu sumber sayuran yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Selain untuk ibu hamil, ada banyak manfaat lain dari daun seledri yang sangat positif seperti membantu dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, menjaga tekanan di dalam darah agar tetap stabil yang bermanfaat untuk para penderita hipertensi, mencegah perkembangan kanker usus termasuk pembentukannya.

Selain itu, seledri banyak dikonsumsi bagi atlit untuk membantu menggantikan elektrolit yang hilang selama menjalan aktivitas latihan.

2. Manfaat daun seledri untuk ginjal

Salah satu manfaat terbesar daun seledri untuk kesehatan tubuh adalah berkaitan dengan organ ginjal. Beberapa manfaat daun seledri untuk organ ginjal tersebut diantaranya meningkatkan kinerja ginjal agar lebih optimal dalam menjalankan fungsinya.

Selain peningkatan kinerja ginjal, rebusan daun seledri juga dapat membantu memberikan manfaat untuk membersihkan ginjal dan detoksifikasi alami.

3. Khasiat daun seledri untuk pria

Daun seledri juga dapat memberikan manfaat yang positif terhadap kesehatan tubuh pria khususnya. Beberapa khasiat dan manfaat dari daun seledri untuk pria tersebut diantaranya seperti meningkatkan gairah seks dimana menjadikan seledri mendapatkan sebutan sebagai sayuran viagra alami.

Selain manfaat tersebut, daun seledri untuk pria juga dapat membantu dalam mencegah terjadinya masalah pada prostat, mencegah terjadinya kanker, menurunkan tekanan darah yang tinggi, serta bersifat anti peradangan.

4. Khasiat daun seledri untuk menurunkan berat badan

Selain untuk membantu memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh, daun seledri juga mampu membantu menurunkan berat badan. Manfaat penurunan berat badan yang efektif dari daun seledri tersebut dikarenakan beberapa mekanisme yang membantu tubuh untuk secara alami mendapatkan berat badan lebih ideal.

Dengan manfaatnya tersebut, daun seledri kerap menjadi menu pilihan dalam berbagai macam jenis aktivitas diet.

Ada Beberapa manfaat yang menjadikan daun seledri memiliki manfaat sebagai penurun berat badan yang efektif. Mekanisme penurunan berat badan dengan bahan daun seledri terjadi karena membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama, meningkatkan fungsi saluran pencernaan tubuh, serta menjadikan proses pembakaran lemak berlangsung lebih baik.

5. Manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi atau darah tinggi

Seperti yang disinggung dalam pembahasan diatas, daun seledri baik untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Manfaat yang baik tersebu menjadikannya sebagai salah satu menu diet untuk penderita hipertensi. Daun seledri yang dikonsumsi secara konsisten setiap harinya dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan dapat membantu tubuh memiliki tekanan darah yang terjaga dan stabil.

Daun seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Konsumsi daun seledri juga membantu setiap penderita hipertensi memiliki resiko yang rendah mengalami komplikasi berbahaya.

Perlu diketahui bahwa hipertensi merupakan penyakit yang dapat memicu stroke, penyakit jantung, dan lainnya.

6. Manfaat daun seledri untuk wajah

Selain bermainfaat untuk kondisi kesehatan tubuh, daun seledri juga dapat memberikan manfaat yang positif bagi kecantikan terutama untuk wajah.

Beberapa manfaat positif dari daun seledri untuk wajah tersebut diantarnya seperti mengatasi masalah minyak berlebih di wajah, meremajakan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini, serta membantu mencerahkan kulit karena kandungan vitamin C di dalam daun seledri.

7. Manfaat daun seledri untuk rambut

Selain untuk wajah seperti yang disebutkan diatas, manfaat lain dari daun seledri terkait kecantikan diri adalah khususnya untuk organ rambut. Daun seledri kerap dijadikan bahan alami dalam membantu menumbuhkan rambut dan mengatasi kebotakan.

Beberapa manfaat lain daun seledri untuk rambut diantaranya seperti mengatasi kerontokan rambut, menyuburkan rambut, menutrisi rambut, serta membantu dalam mengatasi masalah rambut berketombe.

8. Manfaat daun seledri untuk diet

Sebagai sayuran yang sebenarnya tidak banyak dikonsumsi, jus daun seledri ternyata dapat bermanfaat positif dalam membantu berbaga aktivitas diet.

Daun seledri membantu tubuh merasakan kenyang lebih lama, meningkatkan fungsi metabolisme lemak, serta menjadikan saluran pencernaan lebih sehat.

Cara Mengolah Daun Seledri

Untuk mendapatkan manfaat seperti yang disebutkan dan dijelaskan diatas, daun seledri tentu harus diolah terlebih dahulu. Bentuk olahan daun seledri untuk mendapatkan dampak positifnya tentu bukan dengan menjadikannya bahan tambahan dalam beberapa olahan makanan. Hal tersebut dikarenakan jumlah seledri yang dikonsumsi tentu hanya sedikit saja sehingga nutrisi dan senyawa aktif bermanfaatnya kurang jumlah di dalam tubuh.

Salah satu bentuk olahan seledri untuk dapat memberikan manfaaf positif bagi kesehatan seperti yang dijelaskan diatas adalah dengan membuatnya menjadi jus.

Jus seledri bisa ditambahkan dengan bahan makanan lain untuk memberikan cita rasa lebih serta manfaat yang lebih berlimpah. Jus seledri dapat dikonsumsi setiap harinya dalam jumlah cukup satu gelas saja untuk dapat menjadikan manfaat benar dapat dirasakan oleh tubuh.

Selain jus daun seledri, ada beberapa bentuk olahan lain untuk mendapatkan manfaat atau dampak positif terhadap kesehatan. Bentuk olahan lain tersebut berupa rebusan daun seledri d.an seledri yang ditumbuh halus untuk dapat digunakan secara topikal.

Rebusan daun seledri digunakan untuk dapat membantu membersihkan ginjal serta manfaat kesehatan lainnya yang sama halnya dengan jus seledri.

Efek Samping Daun Seledri

Selain dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh, ada efek samping yang perlu diperhatikan dari konsumsi daun seledri. Daun seledri yang dikonsumsi secara berlebihan sebaiknya diperhatikan karena dapat memberikan dampak yang negatif terhadap tubuh.

Beberapa efek samping dari daun seledri yang perlu diperhatikan diantaranya seperti :

  • Menyebabkan masalah dermatitis dan memicu ruam ketika mengoleskan seledri ke kulit karena menyebabkan sensitivitas yang tinggi pada kulit terhadap sinar matahari. Ruam tersebut disebabkan oleh karena senyawa psoralen di dalam daun seledri.
  • Menyebabkan gondok dan pembesaran tiroid karena adanya kandungan senyawa goitrogens yang dapat menganggu penyerapan yodium.
  • Selain kandungan senyawa di dalam daun seledri, pestisida juga dapat memberikan dampak negatif terhadap mereka yang mengkonsusmi seledri secara berlebihan. Beberapa dampak buruk pestisida tersebut diantaranya seperti menyebabkan fungsi kekebalan tubuh berkurang, dan memicu kanker.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat dari daun seledri yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan penjelasan yang ada tersebut, dapat membantu menjadikan daun seledri sebagai salah satu obat tradisional untuk menjaga kondisi kesehatan dan mengatasi beberapa jenis penyakit.

Selain manfaat, ada efek samping yang perlu dihindari ketika mengkonsumsi seledri dalam jumlah yang berlebihan.