Khasiat & Manfaat Daun Afrika Yang Belum Anda Ketahui (mungkin :P)

Kesehatan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap manusia karena sangat penting guna menjalani aktivitas kehidupan setiap harinya. Memiliki kondisi kesehatan yang terjaga dengan baik dapat membantu setiap individu selalu menjalani aktivitas lancar dan normal tanpa kendala karena semua organ yang terdapat di dalam tubuh bisa bekerja dengan optimal serta maksimal.

Seseorang yang mengalami kondisi permasalahan kesehatan tentunya akan merasakan keadaan kurang nyaman bahkan sakit sehingga tidak dapat menjalani aktivitas secara normal. Keadaan lingkungan sekarang ini, sangat rentan menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan. Dengan kondisi tersebut, setiap individu perlu mulai sadar dalam melakukan upaya untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Bagi mereka yang paham dan sadar akan pentingnya kesehatan, aktivitas gaya hidup sehat menjadi pilihan utama untuk dapat dijalani dalam perannya menjadikan kondisi kesehatan tubuh selalu terjaga. Gaya hidup sehat dapat dijalani dengan mengatur pola makan sehat, menghindari makanan yang memberikan efek buruk, olahraga secara rutin, dan tentunya tidak merokok, tidak minum minuman keras ataupun obat terlarang.

Ketika tubuh mengalami permasalahan kesehatan, pengobatan tentu menjadi pilihan yang harus dilakukan. Ada dua bentuk pengobatan yang dapat membantu mengatasi permasalahan kesehatan yakni melalui jalan medis dan obat obatan traditional.

manfaat daun afrika
manfaat daun afrika

Berkaitan dengan obat tradisional tersebut, ada beberapa jenis tanaman dan dedaunan yang dipercaya memiliki manfaat positif bagi keseahtan yang salah satunya adalah daun afrika.

Berikut penjelasan terkait khasiat dan manfaat daun afrika.

Baca juga:  Cara cepat hamil lengkap

Kandungan Daun Afrika

Mungkin banyak dari kita yang mengambil kesimpulan bahwa daun afrika tentunya merupakan sebuah daun yang berasal dari benua afrika. Anggapan tersebut memang benar karena daun yang memiliki nama ilmiah Vernonia amygdalina tersebut merupakan tanaman herbal yang berasal dari afrika dan sudah populer digunakan sebagai obat untuk mengatasi kondisi tertentu di daerah afrika bagian barat terutama nigeria.

Daun afrika merupakan tanaman dalam kelompok asteraceae yang memiliki warna hijau gelap dengan bau khas dan rasa yang pahit. Karena rasa pahitnya tersebut menjadikan daun afrika harus mejalani perendaman sebelum akhirnya dapat dikonsumsi.

Daun afrika banyak tersebar diwilayah afrika bagia barat seperti nigeria, ghana, zimbabwe, dan kamerun. Tanaman yang dulunya tumbuh liar sekarang ini banyak dijadikan tanaman yang ditanam diperkarangan rumah.

Tanaman dengan nama ewuro ini dikenal sebagai tanaman obat saat pertama kali diberikan kepada simpanse yang sakit dimana mampu menyembuhkannya. Sejak saat itu banyak sekali penelitian terkait dengan khasiat dan manfaat daun afrika yang sekarang juga kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk membantu mengatasi beberapa masalah penyakit atau sekedar menjaga keseahatan.

Sebagai tanaman yang bermanfaat, ada beberapa kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang terdapat di dalam daun afrika tersebut.

Beberapa kandungan senyawa aktif di dalam daun afrika diantaranya seperti saponin, seskulterpen, flavonoid, koumarin, asam fenolat, lignin, xanton, terpen, peptide, dan luteolin. Selain senyawa aktif tersebut, di dalam daun afrika terdapat nutrisi yang lengkap seperti serat, karbohidrat, mineral, dan lain sebagainya.

Simak juga: cara rambut cepat panjang

Manfaat Daun Afrika

Adanya kandungan senyawa aktif dan nutrisi yang terdapat di dalam daun afrika tersebut, menjadikannya dapat memberikan dampak positif atau manfaat tertentu bagi tubuh. Beberapa khasiat dan manfaat daun afrika tersebut sudah banyak dibuktikan oleh masyaraka di beberapa negara afrika.

Berikut penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daun afrikan yang dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh dalam penjelasan di bawah ini.

1. Manfaat daun afrika bagi tubuh

Seperti dalam penjelasan kandungan daun afrika diatas, ada banyak senyawa aktif dari daun tersebut yang mampu memberikan dampak positif bagi tubuh.

Fungsi atau manfaat yang paling utama dari daun afika tersebut adalah untuk mengatasi beberapa penyakit degeneratif yang sudah menjadi suatu penyakit wajib di usia tertentu. Manfaat untuk dapat berperan mengatasi penyakit degeneratif di karena fungsi dari senyawa aktif di dalam daun afrika.

Beberapa penyakit degeneratif yang dapat dibantu pengatasannya dengan menggunakan daun afrika diantarnya seperti diabetes atau kadar gula yang tinggi, hipertensi atau penyakit tingginya tekanan darah, penyakit sendi, dan kanker.

Konsumsi daun afrika secara rutin dan konsisten dalam dosis yang benar dapat membantu menjaga kondisi tubuh agar tidak mengalami penyakit degeneratif tersebut.

Selain untuk membantu dalam mengatasi beberapa penyakit seperti diabetes dan hipertensi, ada beberapa manfaat lain dari daun afrika. Dampak positif lain dari daun afrika diantaranya seperti meredakan gejala demam yang disebabkan oleh malaria, serta membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalam daun afrika.

2. Manfaat daun afrika untuk kecantikan

Selain dapat memberikan manfaat yang positif untuk kesehatan tersebut dalam uraian diatas, manfaat lain daun afrika berkaitan dengan kecantikan tubuh manusia. Antioksidan yang tinggi dari daun afrika dapat membantu mencegah munculnya reaksi radikal bebas di kulit yang dapat memicu kerusakan kulit dan munculnya banyak sel kulit mati.

Dengan adanya antioksidan tinggi tersebut, daun afrika membantu dalam menjadikan kulit tampak lebih awet muda.

Khasiat dan manfaat lain dari daun afrika untuk kecantikan diantaranya seperti membantu dalam mengobati jerawat di wajah yang menganggu, coco untuk dapat mendukung aktifitas diet, melembabkan dan menghaluskan kulit, serta membantu mencegah terjadinya stres maupun depresi yang tentu akan berbahaya bagi kesehatan utbuh.

Manfaat daun afrika untuk kecantikan memang tidak sebanyak manfaat untuk kesehatan namun memiliki efektifitas yang baik.

3. Manfaat daun afrika untuk kesehatan

Daun afrika memang pada awalnya dikenal sebagai daun dari tanaman yang tumbuh diperairan tepi barat afrika. Daun yang cukup populer belakangan ini tersebut dapat memberikan mafaat yang positif untuk kesehatan tubuh dan sudah dikenal sejak lam.

Ada beberapa manfaat positif dari daun afrika untuk kesehatan tubuh yang utamanya membantu mencegah terjadinya penyaki berbahaya seperti diabetes, hipertensi, asam urat, hingga kanker.

Selain untuk manfaat tersebut, masih ada banyak manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh diantaranya seperti membantu dalam menjadikan tubuh lebih sehat karena kandungan antioksidan yang tinggi, melancarkan pencernaan, obat flu untuk anak anak maupun dewasa, obat luka, mengatasi peradangan, mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung, meningkatkan kesuburan, mencegah kanker, dan lain sebagainya.

4. Manfaat daun afrika untuk asam urat

Dalam uraian penjelasan mengenai manfaat daun afrika diatas disebutkan bahwa ada dampak positif dalam membantu menjaga kadar asam urat sehingga tidak menimbulkan kondisi berbahaya bagi penderitanya.

Manfaat dari daun afrika untuk asam urat tersebut dilakukan dengan mekanisme mengkeskresi asam urat lebih banyak melalui jalur urin. Konsumsi daun afrika serara rutin akan mampu menjaga kadar asam urat tubuh tetap normal.

5. Daun afrika untuk diabetes

Selain untuk asam urat, mangkonsumsi daun afrika juga dapat membantu pengobatan dalam penyakit diabetes atau tingginya gula darah. Manfaat daun afrika tersebut dapat diperoleh karena adanya senyawa antidiabetes di dalam kandungan daun afrika tersebut.

Dengan konsumsi secara rutin daun afrka dapat membantu menjaga stabilnya kadar gula di dalam darah sehingga tidak memicu gangguan kompolikasi.

6. Manfaat daun afrika untuk kolesterol

Kolesterol merupakan sebutan untuk penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar lemak jahat di dalam tubuh. Untuk dapat mengatasi masalah kolesterol pada tubuh dapat dengan mengkonsumsi daun afrika secara rutin setiap harinya.

Dengan terjaganya kadar koesterol dapat menjadikan tubuh tidak akan mengalami berbagai macam gejala yang menyebabkan tingginya kolesterool yang berbahaya.

Baca: berbagai manfaat susu beruang

Cara Mengolah Daun Afrika

Untuk dapat memperoleh manfaat yang diharapkan, tentu ada cara pengolahan daun yang dapat membantu mengatasi kolesterol, asam urat, dan diabetes tersebut. Untuk dapat memperoleh manfaat tersebut cara pengolahan daun afrika sangatlah sederhana dan yang paling mudah adalah membuat rebusan dari air daun afrika.

Pembuatan ekstrak juga belakangan banyak dilakukan karena kebutuhan tinggi di pasaran. Selain direbus dan dibuat ekstrak, daun afrika juga dapat langsung dikunyah namun perlu melewati proses pengolahannya terlebih dahulu.

Cara Merebus Daun Afrika

Meskipun memiliki manfaat yang positif, ada kelemahan yang mengharuskan daun pepaya direbus terlebih dahulu yakni untuk menghilangkan rasa pahit yang sangat kuat di dalam daun afrika tersebut.

Cara merebus daun afrika tersebut akan menghasilkan dua produk yakni daun yang memiliki rasa pahit berkurang dan air rebusan yang sangat pahit.

Cara merebus daun afrika sangat sederhana seperti merebus kebanyakan daun obat herbal lainnya. Perebusan dilakukan dengan cara  memilih beberapa daun afrika dan kemudian dibersihkan hingga bersih.

Rebus daun afrika bersamaan dengan air hingga jumlah air lebih dari setengah lalu sarang dan ekstrak rebusan daun afrikapun dapat dikonsumsi tanpa sakit gigi.

Aturan Minum Daun Afrika

Selain cara pengolahannya yang perlu diperhatikan, aturan minum daun afrika juga perlu dipahami dengan baik.

Aturan minum daun afrika kebanyakan sama halnya dengan jamu lainnya dimana hasil rebusan air daun afrika tersebut dikonsumsi sebanyak dua sampai tiga kali secara konsisten agar dapat memberikan manfaat yang positif bagi tubuh.

Efek Samping Daun Afrika

Konsumsi yang terlalu berlebihan daun afrika ternyata tidak memberikan efek yang berarti namun mallah menyebabkan dampak buruk bagi kondisi tubuh. Untuk dapat menghindari hal tersebut maka konsumsi daun afrika harus seseuai dengan kebutuhan serta aturan minumnya.

Berikut ini beberapa efek samping daun afrika yang ddapat terjadi diantaranya seperti :

  • Menyebabkan gatal gatal akibat reaksi sistem pertahanan tubuh terhadap kandungan daun afrika yang dikenal sebagai benda asing oleh sistem imunitas tubuh.
  • Pembengkakan pada bagian tubuh tertentu saat mengkonsumsi daun afrika.
  • Mual mual setelah mengkonsumsi daun afrika yang mungkin disebabkan oleh karena bau dari daun tersebut. Kondisi tersebut menjadikan daun afrika sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui.
  • Efek antidiabetes di dalam daun afrika dapat menyebabkan terlalu rendahnya kadar diabetes di dalam darah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daun afrika yang belum banyak diketahui. Tanaman yang asal tumbuhnya dari afrika bagian barat tersebut dapat memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Meskipun bermanfaat, perhatikan aturan minumnya agar tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Leave a Comment