Khasiat dan Manfaat Buah Nanas Beserta Efek Sampingnya

, oleh

Memiliki kesehatan yang terjaga merupakan salah satu harapan bagi setiap orang. Dengan kesehatan terjaga tersebut maka tidak akan pernah ada pemasalahan atau penyakit yang dapat terjadi pada tubuh baik ringan maupun berat sekalipun. Memiliki kondisi kesehatan terjaga juga sangat membantu menjadikan setiap aktivitas yang dijalni oleh seseorang dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Menjaga kondisi kesehatan menjadi hal yang mutlak mengingat keadaan lingkungan sekitar yang sekarang ini sangat rentan dan berbahaya bagi tubuh. Kesadaran akan kondisi kesehatan yang baik sangat perlu dimunculkan mengingat banyaknya penyakit disekitar kita yang sangat berbahaya. Faktanya, berbagai penyakit baru mematikan terus muncul akibat perubahan lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk mendapatkan kondisi kesehatan yang baik tersebut maka upaya yang harusnya dilakukan adalah dengan menjalani gaya hidup secara sehat. Ada beberapa bentuk aktivitas gaya hidup sehat yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap individu diantaranya seperti melakukan olahraga secara rutin, menghindari bahan bahan berbahaya seperti alkohol dan rokok, serta mengkonsumsi makanan yang sehat.

manfaat buah nanas
manfaat buah nanas

Berkaitan dengan konsumsi makanan tersebut, ada banyak jenis makanan yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh ketika dikonsumsi dengan benar. Salah satu jenis makanan yang bermanfaat positif bagi tubuh adalah buah.

Dalam pembahasan kali ini akan dijelasakan mengenai khasiat dan manfaat buah nanas yang perlu diperhatikan dengan baik melalui ulasan di bawah ini.

Baca juga:  Cara cepat hamil lengkap

Kandungan Buah Nanas

Buah nanas atau dalam istilah nama latinnya ananas comosus merupakan tumbuhan buah berbentuk semak. Nanas merupakan tanaman tropis yang berasal dari negara amerika selatan seperti Brazil, Bolivia, dan Paraguay.

Buah nanas merupakan buah majemuk gabungan dari beberapa buah sejati yang terlihat dari bentuk nanas dengan sisik dan beberapa pembagian pembagian. Nanas dikenal sebagai buah yang memiliki rasa khas.

Sebagai tumbuhan tropis, nanas memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga memiliki rasa segar ketika dikonsumsi. Selain air, Beberapa kandungan lain di dalam buah nanas diantarnaya seperti vitamin C dan mangan yang paling tinggi diantara kandungan lainnya.

Selain kedua senyawa tersebut, nanas juga mengandung beberapa senyawa lain seperti enzim bromelin, antosianin, flavonoid, dan tanin yang kesemuannya dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Simak juga: cara menghilangkan Jerawat

Manfaat Buah Nanas

Seperti dalam penjelasan diatas, buah nanas memilki banyak kandungan senyawa aktif yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat nanas tersebut sudah banyak dipahami dan dimanfaatkan dalam beberapa kesempatan di daerah tertentu.

Berikut ini penjelasan secaca detail terkait khasiat dan manfaat buah nanas yang perlu diperhatikan dengan baik.

1. Manfaat buah nanas untuk kesehatan

Dampak positif pertama dari buah nanak tentunya dapat membantu menjadikan kondisi kesehatan lebih positif dan terjaga. Beberapa kandungan senyawa aktif yang terdapat di dalam buah nanas menjadi salah satu alasan mengapa ada banyak manfaat nanas yang dapat diperoleh tubuh ketika mengonsumsinya.

Manfaat manfaat tersebut sudah banyak yang digunakan dan dipercaya sejak dulu oleh masyarakat.

Manfaat buah nanas untuk kesehatan yang pertama adalah membantu dalam meningkatkan kondisi imunitas atau kekebalan tubuh dengan adanya kandungan vitamin C dan beberapa senyawa antioksidan lainya.

Selain untuk meningkatkan kondisi kesehatan tubuh, nanas juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk mencegah beberapa jenis penyakit diantaranya seperti mengurangi permasalah peradangan pada tubuh, menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner dan kolesterol, serta mencegah terjadinya masalah pada kesehatan mata.

2. Manfaat nanas madu

Nanas madu merupakan varian buah nanas yang dikenal memiliki rasa manis seperti madu meskipun kenyataannya tetap ada rasa asamnya. Nanas madu lebih banyak dikonsumsi secara langsung namun juga dapat diolah dalam beberapa jenis makanan.

Hampir sama dengan nanas pada umumnya, nanas madu juga memiliki dampak positif yang baik bagi kesehatan tubuh dan mencegah beberapa penyakit tertentu.

Diantaranya manfaat nanas madu yang paling utama tentunya adalah membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Selain itu, manfaat nanas madu lainnya diantaranya seperti membantu dalam meningkatkan kesehatan pencernaan, mengatasi permasalahan kesehatan yang terjadi pada lambung, menurunkan kadar kolesterol, serta membantu dalam mencegah kanker usus.

3. Manfaat jus nanas

Salah satu bentuk olahan dari buah nanas yang sangat menyegarkan adalah jus buah nanas. Jus nanas membantu mempermudah konsumsi nanas dan juga menambah rasa segar yang dapat dirasakan oleh tubuh.

Selain memberikan rasa segar bagi ubuh, jus nanas juga dapat membantu menigkatkan kesehatan tubuh, mencegah berbagai macam penyakit, menurunkan kadar lemak di dalam tubuh, menangkal radikal bebas, serta membantu memperlancar pencernaan.

4. Manfaat daun nanas

Selain bagian buahnya, tanaman nanas ternyata dapat juga dimanfaatkan bagian daunnya. Dampak positif dari daun nanas ini belum banyak diketahui karena memang tidak wajar untuk dikonsumsi.

Daun nanas mulai dikenal sebagai salah satu dedaunan yang dapat diolah menjadi salah satu obat tradisional untuk permasalahan kesehatan tertentu.

Beberapa manfaat daun nanas diantaranya seperti membantu dalam menyembuhkan mimisan, sebagai pengobatan tradisional penyakit TBC, meredakan flu dan batuk berdahak, membantu menyembuhkan disentri dan diare, obat tradisional untuk ambeien, mengatasi masalah memar dan salah urat, dapat digunakan sebagai salah satu obat untuk mengatasi luka bakar, serta membantu menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan.

5. Manfaat nanas untuk kolesterol

Seperti yang disinggung dalam penjelasan diatas, buah nanas sangat baik untuk penderita kolesterol karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah serta mencegah terjadinya lonjakan kolesterol.

Kandungan senyawa di dalam buah nanas dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak sehingga membantu membakar lemak lebih banyak. Meskipun begitu, untuk menurunkan lemak jahat secara cepat maka nanas madu kalah efektif dibandingkan obat kolesterol.

6. Manfaat nanas untuk kecantikan

Selain dapat memberikan manfaat yang positif untuk kesehatan tubuh, buah nanas juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk kecantikan. Untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi kecantikan tersebut, nanas diolah menjadi masker yang dapat diaplikasikan pada wajah maupun kulit tubuh.

Beberapa manfaat positif buah nanas untuk kecantikan diantaranya seperti membantu mencerahkan kulit, melembutkan bibir, mencegah penuaan dini sehingga lebih awet muda, membantu dalam mengangkan sel kulit mati, mencegah jerawat, serta dapat menjadikan kuku menjadi kuat dan tidak mudah rapuh.

7. Manfaat buah nanas untuk diet

Diet menjadi salah satu bentu aktivitas untuk menjaga berat badan serta menurunkannya bagi yang memiliki berat berlebih. Nanas merupakan salah satu pilihan dalam menu diet yang dapat memberikan efek positif dalam membantu menurunkan berat badan.

Kandungan serat di dalam buah nanas dapat membantu memperlancar pencernaan dan memperlambat proses mencerna sehingga dapat membantu menjadikan tubuh lebih kenyang lama.

8. Manfaat nanas merah

Nanas merah sebenarnya merupakan jenis nanas hias yang berasal dari benua Amerika Selatan. Sebagai tanaman hias, nanas merah ternyata juga memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat nanas merah yang perlu diperhatikan diantaranya seperti membantu mengatasi batuk dan flu, menurunkan tekanan darah, memperlancar proses haid pada wanita, serta tanamannya banyak dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan.

9. Manfaat kulit nanas

Kulit nanas kebanyakan akan dibuang tanpa dimanfaatkan mengingat adanya bulu halus pada kulit nanas yang dapat menyebabkan kulit menjadi gatal dan merah.

Ternyata ada manfaat positif dari kulit nanas diantaranya seperti bertindak sebagai diuretik alami bagi tubuh, membantu proses detoksifikasi racun di dalam tubuh, membantu menghilangkan lemak jaha yang terdapat di dalam tubuh sehingga baik untuk penderita kolesterol tinggi dalam darah.

Baca juga: manfaat daun kelor

Cara Mengolah Nanas

Untuk dapat memperoleh manfaat melimpah dari buah nanas yang disebutkan diatas, pengolahan dan cara mengkonsumsi buah nanas tentu harus dilakukan dengan tepat. Cara pengolahan yang tepat tersebut dapat membantu menjaga kandungan nutrisi dan senyawa aktif di dalam buah nanas.

Dengan terjaganya nutrisi dan senyawa aktif tersebut maka manfaat dari setiap senyawa tersebut dapat dirasakan dampak positifnya.

Buah nanas dapat diolah menjadi berbagai macam jenis olahan seperti selai yang digunakan sebagai selai roti maupun selai dalam kue nastas dan jus nanas untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

Selain itu, buah nanas banyak dijadikan bahan utama maupun pelengkap dalam berbagai jenis masakan seperti sambal nanas, nasi goreng nanas, ditambahkan dalam berbagai olahan minuman, serta saus nanas.

Efek Samping Buah Nanas

Pengolahan buah nanas yang disebutkan diatas sebaiknya diperhaitkan dengan baik. Selain bentuk olahan, nanas juga dapat dikonsumsi secara langsung setelah memastikan bagian kulitnya dikupas. Konsumsi daging buah nanas sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan.

Hal tersebut dikarenakan adanya resiko efek samping baik ringan maupun berat yang dapat terjadi dalam ulasan di bawah ini :

1. Menyebabkan naiknya kadar gula darah

Efek samping pertama yang dapat terjadi ketika mengkonsumsi nanas terlalu berlebihan adalah dapat meningkatkan resiko kenaikan kadar gula di dalam darah.

Efek samping tersebut menjadikan seseorang yang menderita penyakit diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi buah berlebihan.

2. Menyebabkan terjadinya kondisi sakit kepala dan alergi

Sakit kepala dan alergi merupakan kondisi efek samping selanjutnya yang dapat diperoleh ketika mengkonsumsi buah nanas berlebihan. Adanya bulu halus dari buah yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan mulut terasa gatal dan bahkan bentol bentol.

Kulit yang terkena buah nanas secara langsung juga dapat menjadi gatal serta kemerah merahan.

2. Memicu kontraksi

Dampak negatif lain yang sebaiknya diperhatikan ketika mengkonsumsi buah nanas terutama bagi ibu hamil adalah dapat memicu terjadinya kontraksi.

Kandungan senyawa bromelin di dalam buah nanas dapat menyebabkan kontraksi terutama berbahaya bagi ibu hamil muda.

3. Memicu terjaidnya rematik atau asam urat tinggi

Permasalahan lain yang juga dapat muncul ketika seseorang mengkonsumsi buah nanas terlalu banyak adalah dapat menyebabkan terjadinya kondisi rematik dan asam urat yang tinggi di dalam tubuh.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat buah nanas yang perlu diperhatikan dengan baik agar dapat menggunakannya untuk keperluan dan kebutuhan tertentu.

Disamping manfaat yang disebutkan diatas, cara pengolahan dan konsumsi nanas sebaiknya diperhatikan mengingat adanya beberapa kondisi resiko efek samping yang daat terjadi pada seseorang dengan kondisi tertentu.

Leave a Comment