Beragam Manfaat Bawang Merah dan Khasiatnya

Menjaga kesehatan menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik. Datangnya sakit mengharuskan aktivitas harian manusia menjadi terganggu bahkan terhenti, Datangnya permasalahan kesehatan mengharuskan seseorang mencari obat obatan yang dapat mengatasinya. Salah satu jenis pengobatan yang sampai saat lebih banyak diminati oleh masyarakat adalah pengobatan tradisional menggunakan tumbuh tumbuhan tertentu.

Tanpa disadari, ada banyak tumbuhan dan tanaman yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Tanaman tersebut secara umum kerap digunakan sebagai obat traditional untuk sekedar membantu dalam mengatasi kondisi penyakit tertentu atau sekedar hanya meningkatkan kesehatan tubuh. Kesehatan menjadi hal penting bagi setiap individu manusia karena dengan kesehatan yang baik maka segala bentuk aktivitas dapat berjalan secara lancar.

khasiat dan manfaat bawang merah
khasiat dan manfaat bawang merah

Tanaman yang disinggung dapat ulasan paragraf diatas banyak ditemukan disekitar lingkungan hidup manusia dengan fungsi beragam. Salah satu tanaman atau tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk membantu memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh adalah bawang merah.

Untuk lebih jelas mengetahui ulasan terkait khasiat dan manfaat bawang merah bagi tubuh berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga:  Cara cepat hamil lengkap

Kandungan Bawang Merah

Bawang merah yang secara ilmiah disebut dengan nama Allium cepa L. Merupakan jenis tanaman yang termasuk dalam kelas atau kelompok agregatum. Bawang merah yang dimanfaatkan bagian umbinya merupakan salah satu bumbu masakan utama hampir diseluruh penjuru dunia.

Tanaman tersebut pertama kali tumbuh di daerah iran, pakistan, dan pengunungan disekitarnya lalu mulai menyebar ke berbagai negara asia lain termasuk Indonesia.

Bawang merah yang awalnya dikenal sebagai bumbu dalam berbagai macam masakan, diketahui memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan dan bahkan sudah menjadi bahan penelitian di berbagai universitas.

Manfaat yang muncul dari bawang merah tersebut tentunya disebabkan oleh karena adanya kandungan senyawa positif dan nutrisi yang terdapat di dalam salah satu jenis bawang selain bawang putih dan bawang bombay.

Sama dengan tanaman lainnya, bawang merah tentu memilki kandungan nutrisi diantaranya seperti vitamin khususnya vitamin C, mineral kalium, serat, dan asam folat. Mineral lain yang juga terdapat di dalam bawang merah adalah kalsium dan zat besi. Selain nutrisi tersebut, bawang merah memiliki kandungan senyawa aktif diantaranya seperti alliin, serta senyawa sin-propanatial-S-oksida yang menyebabkan mata merah saat bawang diiris.

Simak juga: cara menghilangkan bekas jerawat

Manfaat Bawang Merah

Seperti yang sudah disinggung dalam penjelasan awal diatas, bawang merah tidak hanya dmanfaatkan sebagai bumbu masakan namun juga ada banyak manfaat positif yang dapat diperoleh. Manfaat yang ada dari bawang merah tentu berasal dari kandungan nutrisi dan senyawa aktif di dalamnya.

Berikut beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat bawang merah yang perlu diperhatikan dengan baik dalam ulasan di bawah ini.

1. Khasiat bawang merah untuk lelaki

Dampak positif bawang merah yang pertama dapat dirasakan khususnya kaum lelaki. Khasiat dan manfaat positif dari bawang merah untuk laki laki tersebut tentunya sangat berkaitan dengan kesehatan seksual.

Beberapa manfaat dari bawang merah yang dapat diperoleh diantaranya seperti membantu meningkatkan jumlah sperma, meningkatkan kadar testosteron bagi kaum pria, membantu dalam meningkatkan stamina pria dewasa, meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya tidak mudah sakit, serta membantu dalam mencegah terjadinya disfungsi ereksi.

2. Manfaat bawang merah mentah

Konsumsi bawang merah yang umum biasanya digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Ternyata, mengkonsumsi bawang merah mentah dapat membantu memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh yang melimpah. Konsumsi bawang merah mentah terkadang tidak mudah dilakukan mengingat rasa dari bawang merah yang sangat kuat ditambah baunya yang juga menyengat.

Meskipun ada usaha yang harus dilakukan untuk mengkosumsi bawang merah mentah. Ada banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya seperti menjaga kadar gula darah, menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, membantu mencegah penyakit kanker, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga berat badan, detoksifikasi tubuh, mengatasi penyakit flu atau pilek, serta membantu mengurangi rasa sakit akibat gigitan lebah.

3. Manfaat kulit bawang merah

Selain bawang merah secara utuh, bagian kulit dari bawang merah juga memiliki manfaat yang positif untuk kesehatan tubuh. Beberapa khasiat dan manfaat bawang merah bagian kulitnya yang paling utama adalah mengurangi tekanan darah untuk penderita hipertensi, meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi, serta sumber serat makanan.

Selain manfaat tersebut, kulit bawang merah juga dapat memberikan dampak positif berupa menurunkan resiko penyakit kardiovaskulas dan diabetes yang berbahaya.

4. Manfaat bawang merah untuk rambut

Selain dapat memberikan khasiat dan manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh, bahan alami tersebut juga dapat memberikan dampak posifit bagi rambut.

Beberapa dampak positif yang dapat diperoleh dari bawang merah untuk rambut diantaranya seperti menguatkan rambut dengan karakter yang rapuh dan mudah patah, mengatasi rasa gatal yang muncul pada rambut maupun kulit kepala, mengatasi masalah ketombe yang membandel, menjaga kesehatan kulit kepala, membantu menutrisi rambut, serta mengatasi masalah rambut yang berminyak serta lepek.

5. Manfaat bawang merah untuk payudara

Payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat mendukung tingkat kecantikan seorang wanita. Memiliki payudara yang besar dan indah menjadi harapan bagi banyak wanita.

Untuk membantu memperbesar payudara secara alami maka dapat dengan menggunakan bawang merah. Selain untuk memperbesar payudara, bawang merah juga bermanfaat mengencangkan payudara dan menjadikannya lebih berisi dan padat.

6. Manfaat bawang merah untuk wajah

Meskipun kerap menyebabkan rasa pedih dan panas pada mata ketika mengiris bawang merah, ada manfaat tertentu dari bumbu dapur tersebut untuk wajah.

Beberapa khasiat dan manfaat bawang merah untuk wajah yang positif diantaranya seperti membantu menjadikan wajah tampak bercahaya, mencegah dan mengatasi jerawat, memudarkan garis garis halus yang terlihat pada bagian wajah.

7. Manfaat bawang merah untuk bayi

Kebanyakan penjelasan diatas menerangkan manfaat bawang merah untuk orang dewasa, padahal ada juga manfaat khusus dari bawang merah untuk bayi.

Beberapa manfaat khusus bawang merah untuk bayi tersebut diantaranya seperti membantu menurunkan demam, mengatasi perut yang kembung, meredakan flu dan batuk yang terjadi pada bayi, hingga sebagai bahan untuk kerokan bayi guna mengusir kondisi masuk angin pada bayi.

8. Manfaat bawang merah untuk kulit

Bawang merah menjadi tanaman bumbu dapur yang memiliki banyak manfaatp positif bagi kecantikan selain untuk mendongkrak kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat positif dari bawang merah untuk kulit diantaranya seperti mencerahkan kulit, mengatasi jerawat di bagian wajah, mengatasi iritasi dan infeksi bakteri atau virus, serta membantu dalam mempercepat penyembuhan luka.

9. Manfaat bawang merah untuk alis

Memiliki bagian alis yang tebal merupakan salah satu harapan bagi setiap wanita yang sangat memperhatikan penampilannya.

Untuk mendapatkan allis yang tebal tersebut dapat dibantu secara alami menggunakan bawang merah yang dibagi menjadi dua dan kemudian dioleskan secara langsung pada bagian alis. Perhatikan saat menggunakan bawang merah dialis karena dapat menyebabkan iritasi pada mata.

10. Manfaat bawang merah untuk flu dan batuk

Dalam ulasan berbagai manfaat yang disebutkan diatas, ada beberapa manfaat lain dari bawang merah yang dapat dirasakan dengan cepat. Salah satu manfaat tersebut adalah membantu dalam mengatasi flu dan batuk.

Untuk mengatasi flu dan batuk tersebut, irisan awang merah dapat diletakan pada tempat tidur, di gantung, dan ditempel pada bagian dada. Bau hangat yang dihasilkan oleh bawang merah membantu mengatasi gejala flu dan batuk.

11. Manfaat bawang merah untuk lovebird

Selain untuk manusia, ternyata bawang juga banyak dimanfaatkan untuk hewan khususnya burung lovebird.

Beberapa manfaat bawang merah untuk burung lovebird diantaranya seperti membantu mengatasi masalah penyakit pada burung lovebird, meningkatkan kekebalan tubuh alami pada burung populer tersebut, serta membantu mengobati luka yang muncul di tubuh lovebird.

12. Manfaat bawang merah untuk tanaman

Selain untuk hewan, bawang merah juga dapat memberikan dampak yang positif bagi tanaman. Manfaat positif bawang merah untuk tanaman adalah sebagai zat perangsang pertumbuhan berbagai macam tanaman secara alami.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut maka semprot tanaman dengan air bawang merah yang sudah dihancurkan.

Baca juga: manfaat bawang putih

Cara Mengolah Atau Mengkonsumsi Bawang Merah

Untuk dapat memberikan manfaat yang optimal bagi tubuh dari bawang merah, proses pengolahan bawang tersebut haruslah dilakukan dengan benar. Pengolahan yang benar dapat membantu menjaga nutrisi bermanfaat di dalam bawang tidak rusak. Selain memperhatikan cara pengolahannya, konsumsi bawang merah juga harus dilakukan secara benar.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik terkait cara mengolah dan mengkonsumsi bawang merah.

  1. Perhatikan saat mengiris bawang karena dapat menyebabkan mata menjadi perih dan pedas.
  2. Konsumsi langsung bawang merah mentah yang sudah dibersihkan lebih baik dibanding setelah diolah.
  3. Meletakan irisan bawang didekat tempat tidur dapat membantu meredakan flu dan manfaat lainnya.
  4. Menyelipkan bawang putih dibagian bawah kaus kaki dan langsung mengenai telapak kaki untuk proses detoksifikasi.

Efek Samping Bawang Merah

Meskipun dapat memberikan manfaat yang positif bagi tubuh, tetap saja ada dampak negatif atau efek samping bawang merah yang dapat muncul ketika konsumsinya dilakukan kurang tepat. Efek samping dari bawang merah tersebut tentunya harus dihindari agar tidak menyebabkan kerugian besar bagi kesehatan.

Berikut beberapa bentuk efek samping yang dapat muncul dari konsumsi bawang merah secara salah.

  1. Menyebabkan rasa perih pada mata ketika diiris karena adanya senyawa tertentu di dalam bawang merah.
  2. Menimbulkan reaksi alergi untuk orang yang memang memiliki riwayat alergi dengan alergen bawang merah.
  3. Dapat menyebabkan heartbun atau kondisi nyeri di bagian dada yang disertai dengan rasa seperti terbakar.
  4. Meningkatkan resiko tekanan darah tinggi karena kandungga kallium yang tinggi di dalam bawang merah.
  5. Membuat bau nafas menjadi kurang baik dan memicu timbulnya masalah pada pencernaan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat dan manfaat bawang merah yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap orang. Bawang merah yang mungkin banyak dikena sebagai bumbu dapur ternyata dapat membantu meingkatkan kesehatan dan mengatasi penyakit tertentu.

Meskipun bermanfaat, konsumsi bawang harus dilakukan secara tepat guna menghindari berbagai efek samping yang merugikan bagi tubuh.

Leave a Comment